SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupHiburan5 Permainan Tradisional yang Pernah Populer!

5 Permainan Tradisional yang Pernah Populer!

MEDIAGO – Kemajuan teknologi membuat permainan lawas tergantikan dengan berbagai permainan elektronik. Hal ini membuat generasi 90-an rindu dengan permainan masa kecilnya. Kira-kira, permainan apa yang sering dimainkan anak-anak generasi 90-an? Yuk, simak artikel tentang lima permainan ala anak 90-an yang sudah jarang ditemukan!

Baca juga: 5 Permainan Tradisional yang Mendidik Anak, Apa Saja?

1. Permainan Tradisional Layang-layang

Ilustrasi permainan tradisional layang-layang. (Sumber: Kompas)
Ilustrasi permainan tradisional layang-layang.

Salah satu permainan tradisional ini seringkali dimainkan oleh anak-anak adalah layang-layang. Bahkan, orang dewasa juga cukup gemar memainkannya. Biasanya permainan ini dilakukan di tempat-tempat terbuka, seperti lapangan terbuka hingga persawahan. Nah, bentuk layangan ini juga bervariasi, contohnya berbentuk burung, naga, dan perahu.

2. Permainan Tradisional Kelereng

Permainan tradisional kelereng yang populer di kalangan generasi 90-an. (Sumber: Tokopedia)
Permainan tradisional kelereng yang populer di kalangan generasi 90-an.

Selain layang-layang, permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak generasi 90-an adalah kelereng. Kelereng memiliki sebutan berbeda-beda, seperti gundu, neker, gotri, atau guli. Permainan ini paling populer dimainkan oleh generasi 90-an, khususnya laki-laki. Harganya murah-meriah membuat siapa saja dari berbagai kalangan bisa memainkannya. Pada umumnya permainan ini hanya butuh keterampilan membidik dan menembak kelereng target.

3. Permainan Lompat Tali

Permainan yang terbuat dari rangkaian gelang karet ini sangat populer di kalangan anak-anak, terutama anak perempuan. Lompat tali ini dapat dimainkan oleh tiga orang atau lebih. Dua orang pemain akan membentangkan dan memegang tali. Lalu, satu pemainnya harus melewati atau melompati tanpa menginjak tali tersebut.

Jika pelompat berhasil melewatinya, maka tinggi tali akan terus dinaikkan secara bertahap. Tahapan tingginya mulai dari semata kaki, seperut, sedada hingga di atas kepala. Bila pelompat gagal melewatinya, maka ia harus bergantian memegang tali.

4. Generasi 90-an Bermain Bola Bekel

Ilustrasi permainan tradisional bola bekel. (Sumber: www.dictio.id)
Ilustrasi permainan tradisional bola bekel.

Generasi 90-an ini pasti tidak asing dengan permainan tradisional bola bekel. Permainan ini sering kali dimainkan saat jam istirahat sekolah ataupun berkumpul dengan teman-teman. Pada umumnya permainan ini banyak digemari oleh anak perempuan.

Permainan ini dilakukan dengan cara melempar bola bekel ke atas, kemudian pemain harus mengambil beberapa kerikil atau benda kecil yang telah disepakati. Jika salah satu pemain gagal, maka permainan akan dilanjutkan ke pemain berikutnya.

5. Permainan Tradisional Gobak-sodor

Permainan tradisional yang satu ini sering dimainkan oleh sekumpulan anak-anak dengan jumlah pemainnya genap. Gobak sodor dapat dilakukan oleh enam orang atau lebih. Di mana para pemainnya akan dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama.

Para pemainnya harus membuat garis-garis kotak terlebih dahulu sebelum bermain. Garis tersebut nantinya akan menjadi daerah bagi kelompok penjaga. Nah, para penjaga ini akan berusaha menangkap kelompok penyerang saat memasuki daerah tersebut. Jika penyerang bersentuhan dengan penjaga, maka mereka harus bergantian berjaga.


Itulah beberapa informasi tentang 5 permainan tradisional yang populer di kalangan anak-anak tahun 90-an. Dari kelima permainan di atas, mana yang pernah atau sering kamu mainkan? Yuk, berikan jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Wah! Ada Permainan di Squid Game yang Mirip dengan Permainan Anak Indonesia

Baca juga: Yuk Intip 5 Permainan yang Ada di Squid Game, Ternyata…

Baca juga: 4 Koleksi JBL Quantum untuk Para Mobile Gamer

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular