You are here
Home > Gaya Hidup >

Aksi Laga Indonesia Vs Vietnam Penuh Kontroversi

indonesia vs vietnam
Bagikan

MediaGo – Berbagai kejadian kontroversial juga terjadi saat aksi pertandingan Indonesia Vs Vietnam. Mulai dari gol berbau handball, offside, hingga kartu kuning untuk Shin Tae-yong.

Vietnam berhasil menggulung Timnas Indonesia 4-0 pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Setelah bermain imbang pada babak pertama, Vietnam mampu berpesta empat gol ke gawang Timnas Indonesia di paruh kedua melalui Nguyen Tien Linh pada menit ke-51, Nguyen Quang Hai menit ke-62, Nguyen Cong Phuong menit ke-67, dan Vu Vanh Thanh menit ke-74.

indonesia vs vietnam
detik.com

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap gol pertama Vietnam seharusnya tidak disahkan oleh wasit Ahmad Alali karena Nguyen Tien Linh menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol.

Laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu memang berlangsung panas dan pemain dari kedua tim sama-sama melancarkan pelanggaran-pelanggaran berbahaya.

4 Kontroversi Pertandingan Indonesia Vs Vietnam

1. Pemain Vietnam Handball

Gol Nguyen Tien Linh lahir dari kesempatan keduanya. Pada kans pertama, sepakan striker bernomor punggung 22 itu diblok oleh Arif Satria dan memantul mengenai tangannya.

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata sempat mengangkat satu tangan untuk memberitahu wasit Ahmad Alali bahwa Nguyen Tien Linh handball. Namun, pengadil pertandingan asal Kuwait itu tidak menggubris.

indonesia vs vietnam
bola.com

Setelah menyentuh tangan, bola lalu jatuh ke kaki Nguyen Tien Linh. Penyerang berusia 23 tahun itu melepaskan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang Timnas Indonesia.

Bola tendangan Nguyen Tien Linh sebenarnya tidak begitu kencang. Namun, Nadeo Argawinata hanya terpana melihat bola. Kiper berusia 24 tahun itu terlanjur kehilangan fokus setelah melihat sang lawan menyentuh bola dengan tangan.

Baca Juga:  3 Pernikahan Crazy Rich yang Super Mewah, Ditaksir Habiskan Ratusan Milliar

2. Tekel-tekel berbahaya

Sejak awal laga pemain dari Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama bermain dengan tensi tinggi. Hal itu tak terlepas dari rivalitas kedua yang tercipta dalam beberapa tahun ke belakang.

Akibatnya, banyak pelanggaran keras yang terjadi. Pemain Timnas Indonesia beberapa kali melancarkan tekel-tekel keras dengan kedua kaki.

Salah satunya saat Pratama Arhan menerjang Nguyen Tuan Ahn dengan kedua kakinya. Wasit sebenarnya membiarkan laga tetap berjalan, tetapi Nguyen Tuan Ahn tersungkur sehingga laga akhirnya dihentikan.

Tekel keras Arhan membuat pemain-pemain Vietnam melancarkan protes keras. Pemain Timnas Indonesia turut terpancing untuk membela Arhan tak mendapat hukuman.

3. Gol Ketiga Vietnam Offside?

Gol ketiga Vietnam juga berbau kontroversi. Sebelum menerima umpan sundulan dari Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong terlihat dalam posisi offside.

Gol Nguyen Cong Phuong berawal dari sepak pojok Luong Xuan Truong. Umpan lambung Luong Xuan Truong disambut oleh sundulan Nguyen Tien Linh, namun bola malah mengarah ke Nguyen Cong Puong yang berdiri bebas di mulu gawang Timnas Indonesia.

indonesia vs vietnam
detik.com

Di sinilah Nguyen Cong Puong diduga dalam posisi offside karena berdiri sedikit di belakang dari pemain terakhir Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Ketika itu, Asnawi Mangkualam keluar dari posisinya menjaga sisi kiri gawang Timnas Indonesia untuk berduel udara dengan Nguyen Tien Linh.

Sebelum menyambar bola tandukan Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong lebih dulu mengganggu posisi Nadeo Argawinata. Penyerang bernomor punggung 10 ini mencoba memecah konsentrasi dengan mendekatkan dirinya ke kiper lawan.

Nguyen Cong Phuong bebas dalam melakukan aksi jahil itu karena tidak ada satu pun pemain Timnas Indonesia yang mencoba mendorongnya keluar dari area Nadeo Argawinata.

Baca Juga:  Simak, Poin-poin Penting Penerapan PSBB Total di DKI Jakarta

Nguyen Cong Phuong juga dalam posisi yang pas menerima sundulan Nguyen Tien Linh. Striker berusia 26 tahun itu tinggal menyambar bola dengan pahanya, yang sempat membentur tubuh Nadeo Argawinata, tapi tetap masuk ke gawang Timnas Indonesia.

4. Shin Tae-yong Dikartu Kuning

Untuk kedua kalinya secara beruntun, Shin Tae-yong dijatuhi kartu kuning oleh wasit di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ketika Timnas Indonesia mengimbangi Thailand 2-2 pada matchday keenam Grup G, 3 Juni 2021, Shin Tae-yong dikartu kuning oleh wasit Ammar Ebrahim diduga karena protes berlebihan.

indonesia vs vietnam
bolasport.com

Saat Timnas Indonesia telah tertinggal 0-4 dari Vietnam, Shin Tae-yong juga diganjar kartu kuning oleh wasit Ahmad Alali pada menit ke-77, ditengarai lantaran penyebab yang sama.

Shin Tae-yong sempat mencak-mencak dan menghampiri ofisial keempat dan wasit Ahmad Alali untuk menanyakan alasannya dikartu kuning. Untungnya, pelatih asal Korea Selatan itu dapat menahan emosinya.

Kejadian Shin Tae-yong dikartu kuning oleh wasit Ahmad Alali tidak terekam dalam cuplikan pertandingan Vietnam kontra Timnas Indonesia.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top