Sunday, November 27, 2022
HomeBisnis6 Tips Mengatur Keuangan Agar Goal Finansial Mudah Tercapai

6 Tips Mengatur Keuangan Agar Goal Finansial Mudah Tercapai

MediaGo – Mampu mengatur keuangan dengan baik menjadi salah satu skill penting yang dibutuhkan ketika kita ingin hidup mandiri. Walaupun sangat sulit untuk melakukannya karena terbawa oleh gaya hidup zaman sekarang, namun disini mimin akan berikan beberapa tips ampuh untuk mengatur keuangan agar apa yang kamu cita-citakan kedepannya bisa terwujud. Seperti misalnya ingin membeli rumah impian atau menikah.

Untuk kamu yang mempunyai pekerjaan dengan gaji besar ataupun kecil, kamu harus coba cara mengatur keuangan ini agar kamu memiliki financial yang tercukupi kedepannya. Apalagi sekarang banyak ahli keuangan yang mewanti-wanti kalau Indonesia akan mengalami resesi, maka dari itu kamu sudah harus sedia payung sebelum hujan. Paham kan maksudnya?

Tips Mengatur Keuangan yang Baik dan Benar

goal finansial
Sumber : pexels.com

Dirangkum dari berbagai sumber internet, ada setidaknya 6 tips ampuh untuk mengatur keuangan agar tidak boros. Berikut diantaranya:

1. Buat Goal Finansial

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merencanakan Goal Finansial kamu. Jika kamu ingin mengatur keuangan agar memiliki finansial yang baik, kamu harus tahu dulu tujuan kamu memperbaiki finansial.

Misalnya kamu ingin pensiun dini ataupun membeli rumah dalam beberapa tahun kedepan, maka kamu harus tau hal-hal apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kamu juga bisa mempercepat impianmu dengan menghasilkan uang tambahan, bisa dengan cara bekerja freelance atau mencoba menjalankan ide jualan online.

2. Rencanakan Anggaran

Setelah sudah menetapkan goal finansial kamu, maka sekarang kamu harus merencakan anggarannya. Dimana anggaran tersebut harus kamu rincikan dengan baik dan benar.

Misalnya ada kebutuhan pokok atau primer yang wajib dikeluarkan seperti membayar kost, membeli makanan sehat, atau biaya rumah sakit. Baru deh setelah itu rencanakan kebutuhan lain yang kamu inginkan seperti nongkrong dan lain sebagainya. Kalau bisa sih jangan terlalu banyak untuk senang-senang.

3. Hindari Berhutang

Kebanyakan orang sekarang lebih memilih untuk berhutang online ketika sedang terdesak. Padahal ini akan membuat kondisi keuangan mereka tidak baik kedepannya.

Nah jika kamu tidak ingin kondisi finansialmu terganggu, maka hindari lah berhutang. Kalau bisa berhemat-hemat saja di akhir bulan. Ingat kembali apa goal finansial kamu kedepannya.

4. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Cara ampuh mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah dengan mencatat semua pemasukkan dan pengeluaran.

Hal ini untuk memudahkan kamu mengetahui berapa sisa uang yang kamu miliki setelah gajian ketika sudah dipotong oleh biaya kebutuhan dan lain-lain. Uang sisa tersebut yang nantinya akan kamu tabung untuk mencapai goal fiansial yang telah kamu ciptakan tersebut.

5. Mulai untuk Berinvestasi

Sekarang kita sudah harus sadar kalau investasi menjadi hal yang bagus sekali untuk memperbaiki finansial kita. Namun dengan catatan kamu harus mengerti pemahaman tentang investasi terlebih dahulu.

Karena sekarang ada banyak sekali jenis investasi yang dapat menguntungkan kamu. Akan tetapi kamu juga harus tahu risiko yang didapatkan jika berinvestasi. Jika sudah paham, maka kamu bisa memulainya.

Saat ini banyak aplikasi investasi online yang diciptakan untuk memudahkan kita dalam berinvestasi. Silahkan pelajari terlebih dahulu dan pilih mana yang cocok dan mudah menurut kamu.

Kamu bisa baca 5 Jenis Investasi Online untuk pemula

6. Persiapkan Dana Darurat

Selain cara diatas, kamu juga harus mempersiapkan dana darurat saat ingin meraih goal finansial kamu karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya, jadi dana darurat sangat dibutuhkan.

Misalnya kamu tiba-tiba kena PHK oleh perusahaan, maka dana darurat ini bisa menjadi tabungan kamu untuk mencukupi kebutuhan atau membuka usaha baru untuk melanjutkan goal finansial kamu. Makanya untuk mempersiapkan dana darurat ini kamu disarankan untuk memulai investasi jangka panjang.

Nah mungkin itu saja tips mengatur keuangan yang baik dari mimin, kurang lebihnya mimin minta maaf dan semoga artikel ini bisa bermanfaat ya untuk kamu yang sedang belajar hidup mandiri. Terimakasih:)

Rizky Aditya
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular