SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner7 Makanan Tradisional Indonesia yang Kini Sudah Mulai Langka, Apakah Kamu Sempat...

7 Makanan Tradisional Indonesia yang Kini Sudah Mulai Langka, Apakah Kamu Sempat Coba Salah Satunya?

MediaGo – Indonesia terkenal dengan beragam jenis makanan tradisional yang memiliki rasa sangat lezat dan menarik di lidah.

Ngomongin soal makanan khas (tradisional) Indonesian, ternyata ada beberapa yang bahkan masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia.

Makanan Tradisional Indonesia yang Sulit Dicari

Saking banyaknya ragam kuliner di tanah air, membuat beberapa makanan berikut ini jadi terlupakan. Beberapa jenis makanan tersebut pun mulai sulit ditemukan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 7 makanan tradisional Indonesia yang kini sudah mulai langka.

1. Mie Lethek

Makanan tradisional Indonesia
Sumber : primarasa.co.id

Apakah kamu pernah dengan dengan makanan tradisional yang satu ini? Atau bahkan pernah mencobanya?

Mi Lethek merupakan kuliner andalan kota Yogyakarta pada masanya. Hidangan utama tersebut dikenal akan warna sajian mi yang kusam.

Hal ini karena, mie lethek terbuat dari tepung tapioka dan gaplek, jadi tak heran warna mienya dominan keabu-abuan. Selayaknya mi goreng biasa, makanan ini juga dilengkapi sayuran dan telur.

2. Kue Clorot

images 57
Sumber : IDN Times

Clorot adalah makanan khas yang berasal dari kota Purworejo, Jawa Tengah. Tidak seperti kudapan manis lainmya, clorot dibentuk sedemikian rupa agar menyerupai terompet.

Sayangnya, sekarang kudapan ini sudah mulai punah, tak banyak lagi warung atau penjual kue tradisional di pasar yang menjualnya.

3. Sayur Babanci

Sumber : Kumparan Food

Sayur Babanci ini sekilas hampir mirip dengan gulai nangka khas Jogja. Isinya pun tak jauh berbeda, yang membedakan dari keduanya ialah terdapat campuran daging sapi, kelapa muda, petai, dan kuah santan dan asam pada sayur babanci tersebut.

Lantaran bumbunya menggunakan rempah-rempah yang cukup langka, membuat makanan asli Betawi ini kini hanya disajikan pada saat acara adat besar ataupun hari raya saja.

4. Jongkong

42655463 1568912099876325 1447124337726324736 n 5795bda4298c8d7902886ad236e69447
Sumber: Instagram

Jajanan pasar yang satu ini identik dengan rasa manis dan kuah kelapanya yang begitu gurih, serta memiliki aroma wangi daun pandan. Banyak yang mengatakan, makanan ini sudah mulai sulit dicari di beberapa tempat kuliner.

5. Gulo Puan

Makanan tradisional Indonesia
Sumber : Marimasak

Tahukah kamu, ternyata Gulo Puan ini adalah makanan ternak di kota Palembang. Bahan utama untuk pembuatan kudapan tradisional ini, adalah gula dan susu kerbau saja. Tetapi, susu kerbau kini sudah mulai langka, oleh karenanya sekarang tak banyak lagi yang memproduksi makanan tradisional asal Palembang tersebut.

6. Kidu

60619198 350742458915552 6413442290702953483 n 34bd2c6067c6a0cb6692d7d37afb856c
Sumber : Instagram Jogja Bikin Laper

Kidu merupakan sajian asli Suku Karo, Sumatera Utara. Kidu adalah salah satu dari sekian banyaknya kuliner ekstrem yang ada di Indonesia.

Ini karena, kidu terbuat dari ulat pohon sagu yang sudah membusuk, kemudian dimasak dengan bumbu arsik. Sayangnya ulat pohon sagu kini mulai sulit ditemukan, oleh karena itulah kidu tergolong sebagai makanan yang langka untuk sekarang.

7. Wedang Tahu

Makanan tradisional Indonesia
Sumber : Tribun Travel

Alih-alih diolah sebagai lauk pendamping nasi, di Semarang rupanya tahu disulap menjadi wedang yang sangat enak. 

Makanan yang juga disebut kembang tahu ini memiliki sensasi hangat dari pedas kuah jahe. Tekstur tahu yang lembut, ditambah kuah jahe yang manis pedas sangat cocok kamu nikamti saat hujan.

Nah itulah beberapa makanan tradisional Indonesia yang sudah mulai langka. Wah, ternyata cukup banyak, ya hidangan Nusantara yang kini mulai sulit kita temui. Apakah kamu sudah pernah coba salah satunya?

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular