You are here
Home > Bisnis >

Catat! 5 Cara Agar Bisnis Laundry Untung Terus

bisnis laundry

MediaGo – Walaupun masih pandemi, bisnis laundry masih sangat berpotensi sebagai ladang penghasilan tambahan. Meski banyak pekerja yang WFH dan para mahasiswa yang belajar di rumah, namun urusan pakaian kotor tetap menjadi masalah karena kesibukan masing-masing.

Kamu bisa memulai untuk bisnis laundry kiloan karena memang profitnya cukup menggiurkan. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pelajari terlebih dahulu agar bisnis laundry mu tidak gagal dan untuk jalan terus.

Tips Agar Bisnis Laundry Untung Terus

usaha laundry
Sumber : Blog Akulaku

Tarif yang cukup murah serta hasil cuci yang lebih memuaskan ketimbang hasil sendiri menjadi pilihan bagi orang perkantoran. Jika kamu ingin terjun ke bisnis laundry, yuk simak 5 cara agar bisnis laundry bisa untung terus seperti yang dikutip dari laman Akurat.co Minggu, 5 Desember 2021.

1. Cari tempat usaha laundry yang strategis

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis laundry adalah menentukan lokasi yang tepat. Kesuksesan usaha laundry memang cukup ditentukan oleh lokasi.

Namun, kamu juga harus meriset pasar terlebih dahulu. Apakah ada target konsumen laundrymu disana. Membuka bisnis laundry di apartemen punya peluang yang cukup besar karena penghuni apartemen biasanya tak punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, dan biasanya mereka me-laundry baju sebelum mereka beraktivitas ke luar meninggalkan apartemen.

2. Tentukan harga

Bisnis laundry memang menjadi salah satu bisnis yang persaingannya sangat ketat, terlebih jika lokasi yang kamu pilih sudah terdapat bisnis laundry yang lebih dulu ada. Untuk itu, pastikan kamu menentukan harga yang dapat bersaing dengan usaha laundry lainnya.

Dalam menentukan harga, kamu juga harus bisa melihat dari sasaran konsumen kamu nanti. Jangan sampai kamu menetapkan harga yang terlalu tinggi apabila kamu menyasar kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Baca Juga:  Apresiasi Pelanggan, ACE Menghadirkan Program Apresiasi Member

3. Mempersiapkan manajemen laundry dengan matang

Walaupun kamu masih pemula dalam berbisnis laundry, kamu juga harus memperhatikan yang namanya manajemen laundry. Sebab, manajemen laundry yang berantakan akan membawa bisnis laundry kamu pada kebangkrutan.

Sudah banyak pengusaha laundry yang merasakan rugi besar karena kurang memperhatikan hal satu ini, terutama manajemen keuangan. Tidak tahu secara akurat berapa uang pemasukan dan pengeluaran bisa membuat usaha laundry kamu bangkrut seketika.

4. Siapkan standar operasional prosedur laundry dan Jenis layanan

Sebelum kamu memutuskan untuk membuka usaha laundry, tetapkan terlebih dahulu SOP yang akan berlaku di tempat laundry kamu. Standar operasional prosedur sangat penting agar kamu tidak kelimpungan mengatur laundry.

Agar sistem di usaha laundry kamu berjalan dengan baik, kamu perlu menerapkan SOP mulai dari penerimaan cucian, pencucian, pengeringan, penyetrikaan, pengemasan, hingga penyerahan laundry.

Selain SOP, jenis layanan juga harus kamu pikirkan. Apakah kamu akan fokus pada laundry kiloan saja, atau kamu juga ingin membuka layanan laundry satuan. Untuk jenis layanan yang satu ini harus di pertimbangkan dengan keahlian laundry kamu, ya.

5. Perhatikan waktu

Waktu adalah hal yang cukup krusial dalam bisnis laundry. Untuk itu, sebaiknya kamu sangat menghargai waktu. Sebab ketepatan waktu akan sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan kamu nantinya.

Jika kamu tidak dapat mengatur waktu dengan baik, bukan tidak mungkin jika usaha kamu gagal akibat reputasi atau penilaian yang buruk dari pelanggan. Ingat, review pelanggan akan sangat menentukan keberlangsungan setiap bisnis.

Jadi, pastikan kamu memberikan waktu yang tepat saat pengambilan nanti ke pelanggan kamu. Jangan sampai ketika pelanggan datang untuk mengambilnya, kamu bilang bahwa pakaian mereka belum selesai dicuci.

Nah itulah 5 tips atau cara agar bisnis laundry bisa untung terus. Jadi apakah kamu sudah siap untuk membuka usaha laundry? Semoga bermanfaat!

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top