SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnisLima Tradisi Ramadan ini Bisa Dimanfaatkan untuk Naikkan Omzet Penjualan

Lima Tradisi Ramadan ini Bisa Dimanfaatkan untuk Naikkan Omzet Penjualan

MediaGoRamadan menjadi momentum istimewa bagi masyarakat muslim di Indonesia. Biasanya, di bulan suci ini ada tradisi Ramadan yang masih dijalankan seperti mengirimkan bingkisan, berbuka puasa bersama, dan berbelanja untuk persiapan menyambut Idul Fitri.

Momen Ramadan, bagi pelaku bisnis menjadi saat yang tepat untuk melipatgandakan omset usaha. Pasalnya, tingkat konsumsi masyarakat selama Ramadan meningkat secara signifikan.

Survei yang dilakukan oleh The Trade Desk bersama YouGov menunjukkan bahwa 68 persen masyarakat Indonesia berencana untuk belanja online lebih banyak tahun ini, meningkat 19 persen dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Waspada Penipuan Berkedok Sedekah Jelang Lebaran

Beberapa kategori terfavorit adalah bingkisan, baju dan aksesoris, kebutuhan ibadah, serta bahan makanan. 

Lima Tradisi Ramadan ini Bisa Dimanfaatkan untuk Naikkan Omzet Penjualan

Survei JakPat juga menunjukkan bahwa 43 persen masyarakat Indonesia berencana untuk meningkatkan anggaran pengeluaran Ramadan 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk terus memantau tren konsumen dan meraih peluang dari momen ini untuk meningkatkan penjualan.

Data Xendit menunjukkan, adanya trend kenaikan jumlah transaksi di sektor konsumtif pada setiap Ramadan menuju Idul Fitri. Pada tahun 2022 terjadi kenaikan jumlah transaksi lebih dari 150 persen, seiring dengan peningkatan total nominal transaksi di atas 50 persen.

Baca juga: Jelang Lebaran 2023, Ini 5.066 Lokasi Layanan Penukaran Uang di Bank

“Untuk mengantisipasi hal ini, Xendit telah memastikan kesiapan kapasitas dan reliabilitas sistem kami agar proses transaksi berjalan dengan lancar,” ujar Tessa Wijaya, Co-Founder dan COO Xendit.

Melihat peluang bisnis di bulan Ramadan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para pengusaha untuk bisa meningkatkan omzet dengan memanfaatkan berbagai tradisi Ramadan dan kebiasaan unik di bulan pernuh berkah ini.

1. Gencarkan Promosi Saat Sahur, Ngabuburit, dan Buka Puasa

tradisi ramadan buka puasa

Kebiasaan sahur, ngabuburit, dan buka puasa yang erat dengan bulan Ramadan ikut mempengaruhi pola perilaku pengguna di dunia maya. 

Penggunaan internet pada saat sahur (93 persen) dan berbuka puasa (84 persen) akan meningkat seiring dengan kecenderungan pengguna untuk menggunakan handphone mereka saat makan.

Baca juga: Intip Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Sementara, penggunaan internet diperkirakan menurun beberapa jam sebelum waktu buka puasa (63 persen) dan di malam hari (52 persen), ketika kebanyakan orang memilih untuk bersosialisasi dan menjalankan ibadah Tarawih.

Dengan adanya pergeseran waktu prime time, pelaku usaha harus menggencarkan promosi dan interaksi dengan konsumen di jam-jam strategis agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Buat Paket Hampers untuk Tingkatkan Loyalitas Pembeli

Semenjak pandemi COVID-19 dan menurunnya interaksi tatap muka, banyak orang yang memilih menunjukkan perhatian kepada rekan dan keluarga melalui pengiriman hampers Ramadan. 

Survei JakPat menunjukkan bahwa 46 persen responden berencana untuk meningkatkan alokasi anggaran untuk bingkisan atau hampers.

Baca juga: Waspada! Modus Penipuan Mudik Lebaran, Poin Terakhir Harus Diingat Pemudik

Untuk merespon tren ini, pelaku bisnis bisa membuat paket hampers berisi bundling produk jualan yang dikemas dengan apik, atau berkolaborasi dengan brand lain.

Selain itu, mereka juga bisa memberikan promo khusus Ramadan seperti diskon, gratis ongkir, atau bahkan menawarkan hampers yang bisa dikustomisasi.

3. Beri Promo Buka Bersama (Bukber)

Mengatur Porsi Makanan Ketika Berbuka Puasa

Tradisi Ramadan bukber sangat identik saat bulan Ramadan. Jakpat menemukan bahwa 8 dari 10 orang Indonesia menyatakan tertarik berbuka bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Pelaku bisnis dapat memanfaatkan ketertarikan ini misalnya dengan menyediakan voucher diskon buka bersama jika pembeli check out dengan nominal tertentu.

4. Manfaatkan Tunjangan Hari Raya dan Momen Belanja Idul Fitri

Beberapa pekan sebelum Idul Fitri, karyawan se-Indonesia akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasanya digunakan untuk keperluan hari raya seperti mudik dan kebutuhan rumah tangga.

Pakaian (88 persen) menjadi barang utama yang ingin dibeli saat Ramadan, diikuti oleh peralatan ibadah (66 persen) dan sepatu (60 pesen).

Baca juga: Simak 5 Keunggulan Mobil Rental Buat Mudik Lebaran

Tren berbelanja yang meningkat setelah THR ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dengan menawarkan berbagai produk bertemakan Ramadan.

Pelaku bisnis juga bisa berkolaborasi dengan brand yang memiliki sesuai nuansa tradisi Ramadan, dan memakai iklan atau ads untuk lebih efektif menjangkau konsumen terutama pada saat prime time.

5. Konten Terkait Pulang Kampung (Mudik)

tradisi makanan buka puasa

Pulang kampung atau mudik juga menjadi tradisi Ramadan yang sangat populer. Pada periode waktu ini, sektor pariwisata mengalami peningkatan permintaan yang sangat besar, terutama terkait transportasi dan akomodasi.

Untuk memanfaatkan momentum mudik tradisi ramadan, pelaku usaha bisa membuat berbagai konten terkait mudik, atau memberikan giveaway atau hadiah bagi pembeli yang beruntung berupa voucher transportasi & akomodasi untuk mudik.

Baca juga: Jangan Ciptakan Utang Baru Setelah Lebaran

 Selain memahami tren pasar tradisi Ramadan, penting bagi para pelaku bisnis untuk selalu memberikan kemudahan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.

Salah satunya adalah dengan menyediakan beragam metode pembayaran untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi.

Apalagi saat ini, pembeli Indonesia menyukai metode pembayaran yang berbeda-beda, mulai dari e-wallet, transfer bank, atau pembayaran di outlet ritel.

Itu tadi beberapa tradisi Ramadan yang bisa menjadi peluang untuk meningkatkan omzet. Selamat mencoba!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular