You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Keutamaan Membayar Zakat bagi Umat Islam

Keutamaan membayar zakat
Bagikan

MediaGo – Membayar zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Zakat sendiri merupakan salah satu rukun Islam yakni rukun yang keempat.

Karena zakat ini hukumnya fardhu (wajib) maka setiap umat yang menunaikannya akan diberikan pahala oleh Allah SWT. Sedangkan yang tidak melaksanakannya akan menjadi dosa.

Dalam Islam terdapat dua jenis zakat yang bersifat wajib, yakni zakat fitrah (dilakukan pada bulan Ramadhan saja) dan zakat maal (zakat harta).

Keutamaan Membayar Zakat

Keutamaan membayar zakat
Pak presiden Jokowi membayar zakat, sumber : suara.com

Allah SWT telah menjanjikan banyak keutamaan bagi mereka yang dengan ikhlas memberikan sedikit hartanya kepada yang membutuhkan (membayar zakat). Berikut ini beberapa keutamaan diantaranya:

1. Menyempurnakan agama

Seperti yang kita ketahui, zakat merupakan salah satu bagian dari rukun Islam. Sehingga apabila seseorang menunaikannya, maka agamanya akan menjadi sempurna.

2. Sebagai pintu masuk surga

Dalam Alquran surat An Nisa ayat 162 disebutkan, Allah SWT menjanjikan pahala yang begitu besar yaitu berupa jalan masuk surga bagi orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan beriman kepada Allah SWT dan hari akhir.

“Akan mendapatkan pahala yang besar, itu merupakan janji Allah SWT”.

3. Mendapatkan ampunan

Dalam Alquran surat Al Maidah ayat 12, Allah berjanji akan mengampuni dosa-dosa orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, beriman kepada rasul, dan meminjamkan pinjaman yang baik.

Disebutkan juga pada ayat tersebut, mereka akan dimasukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai.

4. Petunjuk dan hidayah

Dalam Alquran surat At Taubah ayat 18, Allah menyebut orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapa pun selain Allah, termasuk dalam golongan orang yang mendapat petunjuk darinya.

Baca Juga:  10 Masjid Unik Paling Indah se-Asia, Indonesia Juga Ada, Lho!

Petunjuk itu juga bisa merupakan hidayah dari Allah SWT.

5. Bisa menambah harta

Saat mengeluarkan sebagian harta yang kita miliki untuk membayar zakat, Allah SWT menyambut amalan tersebut dengan tidak akan mengurangi harta kalian. Justru malah harta yang dimiliki akan bertambah dan penuh berkah.

Dalam sebuah hadis riwayat Muslim disebutkan, sedekah termasuk zakat yang tidak akan mengurangi harta.

“Ini untuk menyucikan harta yang dimiliki secara keseluruhan,” kata salah satu ahli agama.

Nah itulah 5 keutamaan dari membayar zakat. Sebentar lagi lebaran nih, apakah kamu sudah membayar zakat fitrah teman-teman?


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top