You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Tips Pakai Baju Batik agar Tetap Trendy dan Fashionable

tips pakai baju batik

MediaGo – Pakai baju batik di berbagai acara, kenapa enggak? Cukup ikuti tips pakai baju batik berikut ini. Pastinya, saat ini kain batik hadir dengan beragam motif yang lebih bervariasi. Cutting atau model baju batik pun semakin modern, sehingga kamu bisa memakainya untuk beragam gaya fashion mulai dari casual, girly, formal dan lain-lain.

tips pakai baju batik

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, batik memang harus dilestarikan. Mungkin kamu mendengar stigma batik sebagai baju yang terkesan tua sehingga ragu untuk memakainya. Tapi kamu tak perlu khawatir! Berikut ada beberapa trik agar kamu tetap terlihat modis dan tampak awet muda dengan batik. Simak yuk!

Tips Pakai Baju Batik

1. Pilih Warna yang Lebih Cerah

Batik identik dengan warna coklat sebagai ciri khasnya. Warna inilah yang memberikan stigma batik sebagai baju yang terkesan tua. So, cobalah memilih warna-warna cerah agar tampilan kamu terlihat lebih segar. Bahkan sekarang batik juga hadir dengan warna-warna pastel yang cantik dan cocok untuk anak muda.

2. Pilih Model Baju Batik yang Lebih Trendi

Model atau cutting baju batik juga sangat beragam. Agar terlihat modis, kamu bisa memilih baju batik yang memiliki desain mengikuti trend. Dibanding kemeja, kamu bisa memilih atasan dengan model yang lebih eye catching seperti off shoulder, kimono top, ruffle top, puff sleeve top dan lain-lain. Bahkan saat ini banyak pula outer batik seperti blazer, bomber jacket, hingga hoodie yang bisa membuat look kamu semakin stunning.

3. Pilih Motif Batik yang Sesuai dengan Momen

Jangan asal memilih motif batik, ya. Tanpa kamu sadari, setiap motif batik memiliki nuansa yang berbeda. Jadi jika kamu ingin menghadiri acara formal, cobalah memilih motif yang cukup penuh karena motif batik tersebut bisa membuat tampilan kamu terlihat lebih formal dan dewasa.

Baca Juga:  5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia

Namun di kesempatan lain, ketika kamu menghadiri acara yang lebih casual maka kamu bisa memilih motif yang lebih sederhana atau motif yang cukup jarang agar terlihat lebih santai.

4. Padukan dengan Fashion Item Netral

Selain memilih warna, model hingga motif, kamu juga perlu pandai-pandai mix and match outfit batik. Agar look yang ditampilkan tidak terlihat ‘penuh’, sebaiknya padukan outfit batik dengan outfit lainnya yang lebih netral.

Kamu bisa memadukan atasan batik dengan celana atau rok polos serta outfit dengan warna-warna netral, seperti celana jeans untuk tampil lebih kasual, blazer dengan tanktop hitam untuk acara semi formal, asymmetric skirt untuk tampil stunning, button off skirt untuk tampil chic dan lain-lain.

5. Tambahkan Aksesoris

Meskipun sudah memakai motif batik yang memiliki nuansa ‘ramai’, sah-sah saja jika kamu ingin menambahkan aksesoris. Untuk aksesoris seperti kalung dan anting, kamu bisa memilih model yang lebih minimalis.

Untuk aksesoris lainnya seperti topi, scarf, gelang dan lain-lain, bisa disesuaikan dengan motif batik yang sedang kamu pakai. Bahkan tak ada salahnya memakai sneaker untuk memaksimalkan tampilan kamu saat bergaya kasual dengan batik.

Jadi, jangan ragu untuk memakai baju batik di berbagai acara, karena dengan trik di atas, kamu akan tetap terlihat muda dan fashionable.

Bagikan
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top