SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, April 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupLebih Praktis, Begini Cara Masak Nasi Menggunakan Microwave

Lebih Praktis, Begini Cara Masak Nasi Menggunakan Microwave

MediaGo – Microwave biasanya digunakan untuk memanaskan sebuah makanan tanpa harus menyalakan kompor karena lebih praktis dan gak ribet.

Tahukah kamu, ternyata microwave juga bisa kita gunakan sebagai alat untuk memasak, lho. Salah satunya ialah bisa digunakan untuk memasak nasi. Apa kamu sudah pernah coba?

Cara Masak Nasi Menggunakan Microwave

Memasak nasi menggunakan microwave ini sangat simpel, kamu nggak harus mengeluarkan banyak peralatan memasak. Bukan hanya itu, nasi yang dimasak menggunakan microwave akan bisa bertahan lama.

Berikut langkah cara memasak nasi menggunakan microwave yang sangat praktis dan anti ribet!.

Cuci dan Rendam Beras Sebelum Dimasak

images 74
Kompas.com

Tahap ini sangat diperlukan, terlebih untuk beras merah karena beras jenis ini jauh lebih sulit daripada beras putih. Namun, perlu kamu ketahui bahwa dengan melakukan tahapan ini ternyata bisa meningkatkan rasa dan tekstur di sebagian besar jenis beras, lho.

Untuk mencuci nasi, memasukkan sejumlah beras ke dalam wadah. Kemudian mengisi wadah dengan air dingin. Gunakan tangan bersih untuk menyaring nasi di dalam air. Tiriskan, lalu ulangi.

Untuk merendam beras, masukkan sejumlah beras ke dalam wadah, lalu isi wadah dengan air dingin. Lalu cuci beras dan ulangi sampai benar-benar dirasa bersih.

Tempatkan beras dan air pada wadah tahan panas, kemudian masukkan ke microwave

cara masak beras menggunakan microwave
Wikihow

Langkah selanjutnya untuk cara memasak nasi menggunakan microwave, yakni taruh beras dan air dalam mangkuk yang tahan panas.

Ukuran yang dapat digunakan itu 1 cangkir beras hingga 2 gelas air. Ukur air yang digunakan tergantung pada jumlah beras yang dimasak dan juga jenis beras, ya.

Setelah itu, silahkan masukkan campuran beras dan air ke dalam microwave, kemudian atur waktu selama kurang lebih 9 menit sesuaikan jumlah beras.

Perhatikan beras yang sudah berubah menjadi nasi di dalam microwave. Jika gelembung kecil sudah tidak muncul dan air mulai surut, buka microwave dan biarkan uap menyelesaikan proses pematangan nasi.

Atur waktu dan tambahkan minyak nabati

neras2
wikihow

Berikut ini beberapa panduan untuk memasak nasi menggunakan microwave 700 watt, antara lain: 

  • ½ cangkir beras, 9 menit
  • ¾  cangkir beras, 12 menit
  • 1 cangkir beras, 16 menit
  • 1 ¼  cangkir beras, 20 menit
  • 1 ½  cangkir beras, 23 menit

Aduk nasi dan lanjutkan memasak. Setelah itu, ketika air sepenuhnya diserap, lepaskan mangkuk dan aduk nasi perlahan sampai tercampur.

Meskipun tidak ada air yang dikumpulkan, bukan berarti nasi sudah masak. Setelah diaduk sampai dicampur, kamu bisa masukkan kembali nasi di microwave dan lanjutkan memasak selama kurang lebih 4 menit.

Ini bisa disesuaikan sesuai selera kalian ya, kamu juga dapat mencampur nasi dengan kunyit atau minyak nabari. Bisa juga taburi dengan bumbu lainnya sesuai selera saat masak nasi agar menciptakan rasa yang luar biasa.

Terakhir, diamkan nasi terlebih dahulu dalam microwave selama lima menit saat sudah matang

cara masak nasi menggunakan microwave
Intisari grid

Setelah nasi dirasa sudah matang, Jangan membuka pintu microwave dulu. Biarkan uap melengkapi proses memasak. Setelah itu, cobalah untuk mengaduknya hingga rata lalu angkat.

Setelah waktu yang diperlukan selesai, angkat nasi yang dimasak dan aduk hingga rata. Nasi yang sudah matang harus kamu diamkan selama 5 menit. selesai deh!

Sangat praktis dan simpel bukan masak nasi menggunakan microwave? Selain nggak perlu menggunakan banyak peralatan, memasak nasi menggunakan microwave juga bisa lebih menghemat waktu kalian, lho. Selamat mencoba!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular