You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion >

4 Jenis Motif Batik Kawung Berdasarkan Ukuran yang Perlu Diketahui

Batik Kawung

Mediago.id – Batik merupakan salah satu karya seni yang menjadi ikon identitas asli milik Indonesia. Filosofinya yang unik serta ciri khas yang beragam membuat batik menjadi sarat makna dan membuatnya berharga di mata setiap orang orang dari lokal hingga mancanegara.

Ada berbagai jenis batik di Indonesia. Kali ini kita akan mengulas tentang jenis kain batik kawung yakni batik terkenal yang berasal dari Yogyakarta.

Batik ini motifnya terinspirasi dari bulatan buah kawung yang dibelah menjadi dua dan ditata untuk menjadi tampak geometris.

Ada pula yang beranggapan bahwa motif ini dimaknai sebagai bunga teratai yang empat lembar mahkotanya sedang mekar.

4 Jenis Motif Batik Kawung Berdasarkan Ukuran yang Bisa Anda Kenali

Dari banyaknya motif batik di Indonesia, batik kawung merupakan batik yang tak kalah mencuri perhatian, karena selain jenisnya yang bervariasi juga memiliki nilai filosofis yang unggul. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. Mari kita simak!

  1. Batik Bribil

Motif batik kawung ini memiliki bulatan yang cukup besar karena penamaannya diambil dari mata uang logam 25 sen. Meski demikian motif ini terlihat lucu dan masih sangat diminati oleh orang-orang yang gemar mengoleksi batik.

  1. Batik Picis

Memiliki bentuk bulatan yang lebih kecil dari batik kawung bribil karena penamaannya menggunakan mata uang logam 10 sen yang ukurannya kecil. Meski bulatannya tidak sebesar kawung bribil namun batik kawung picis tak kalah cantik dan unik.

  1. Batik Sen

Berbeda bentuk dari batik bribil dan kawung picis, batik sen justru memiliki bentuk bulat-lonjong yang ukurannya pun lebih besar dari keduanya.

Penamaannya diambil dari uang logam 1 sen yang dulu beredar pada masa kolonial Belanda.

  1. Batik Kemplong
Baca Juga:  Dukung Brand Lokal, Koleksi Cottonink Group Ada di Zalora

Jenis motif batik kempong memiliki ukuran bulatan yang lebih besar dari kawung bribil, kawung picis dan kawung sen.

Demikian penjelasan tentang jenis motif batik kawung berdasarkan ukuran yang dapat memudahkan anda untuk mengenalinya.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top