SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan5 Tips Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

5 Tips Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

MediaGo – Sebentar lagi, umat islam di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadan. Kita sebagai umat yang beriman diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebulan lamanya. Tak terkecuali wanita hamil.

Wanita hamil memiliki dua pilihan ketika akan berpuasa. Boleh untuk melakukannya, boleh juga tidak menjalankannya. Namun, sebagai gantinya ibu itu harus membayar fidyah. Fidyah yaitu memberi satu porsi makan fakir miskin dengan ukurannya. Jika satu hari tak berpuasa maka dihitung satu porsi makanan.

Tips Puasa Ramadhan Untuk Wanita Hamil

Di awal masa kehamilan biasanya ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa karena dirasa masih kuat. Oleh karena itu, sebelum berpuasa alangkah baiknya kamu baca beberapa tips berikut ini agar puasa bisa nyaman walaupun sedang mengandung.

1. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Tips puasa ibu hamil
Sumber : popmama

Mengonsumsi makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka akan baik untuk kesehatan janin dan juga bisa menjaga kesehatan kamu saat berpuasa seharian.

Makanlah buah dan sayur serta asupan lain yang mengandung banyak protein seperti; susu, daging, dan keju.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Puasa ramadhan
Sumber : TIMES Indonesia

Perbanyaklah minum air putih ketika sahur dan berbuka agar tubuh tak merasa dehidrasi di siang harinya.

Normalnya, kebutuhan air minum yang baik untuk tubuh minimal 8 gelas sehari. Kamu bisa membaginya dengan cara 4 gelas saat sahur dan 4 gelas lagi ketika berbuka.

Jauhilah minuman dingin karena dapat mengurangi kinerja lambung kamu. Jangan terlalu banyak juga minum minuman manis saat sahur agar tubuh tak mudah lemas dan lapar ketika berpuasa seharian.

3. Hindari makanan pedas dan berlemak

Puasa Ramadhan
Sumber : Liputan6

Jangan coba-coba makan makanan yang pedas dan berlemak karena itu bisa berdampak buruk pada kondisi tubuh kamu. Makanan pedas bisa mempengaruhi perubahan hormon yang bisa menimbulkan rasa mulas serta memicu rasa mual dan muntah.

Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. Cobalah ganti dengan makan-makanan yang berserat dan karbohidrat yang memiliki kualitas tinggi.

4. Minum susu ibu hamil saat sahur dan buka

Tips puasa
Sumber : Enfa

Jangan lupa juga untuk minum susu ibu hamil agar dapat menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil.

Jika diluar bulan Ramadhan kamu mengonsumsinya pada pagi dan malam hari, maka sekarang gantilah dengan meminum segelas susu hangat saat sahur dan berbuka. Seimbangkan juga dengan meminum air putih yang banyak.

5. Istirahat yang cukup

Tips berpuasa
Sumber : SINDO News

Saat berpuasa, ibu hamil dilarang untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat sehingga bisa menyebabkan tubuh jadi kelelahan. Cukupkan lah istirahat agar tubuh selalu dalam kondisi stabil.

Ketika tubuh dalam kondisi stabil, hal ini akan berdampak baik pada kesehatan janin dan sang ibu. Hindari juga hal-hal yang bisa membuatmu tertekan atau stres agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan nyaman di tahun ini.

Nah itulah beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi wanita hamil agar bisa nyaman seharian. Semoga bisa bermanfaat dan puasa kita lancar ya besok, Aamiin..

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular