SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, July 14, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanBegini Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari

Begini Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari

MediaGo – Sakit gigi memang sangat menggangu ya guys, apalagi jika datangnya di malam hari, pasti kita akan sulit untuk tidur karena menahan rasa sakit yang luar biasa.

Jika kamu mengalaminya, maka jangan khawatir dulu! Ternyata ada sejumlah pengobatan mudah yang dapat membantu kamu agar merasa lega dan bisa tidur dengan nyenyak ketika sakit gigi itu datang.

8 Cara Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari

Cara mengobati sakit gigi di malam hari
Sumber : Detik

Mengobati sakit gigi di malam hari mungkin akan lebih sulit dilakukan, karena tidak ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakitnya. Namun, ada beberapa cara mudah mengatasi sakit gigi di malam hari yang bisa Kamu lakukan untuk meredakannya.

Dalam artikel ini kita akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara mengobati sakit gigi di malam hari dengan beberapa pengobatan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Melansir dari laman Medical News Today, Ini 8 Cara Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari.

1. Konsumsi Obat Pereda Sakit

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengobati rasa sakit gigi yang muncul di malam hari adalah dengan mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti asetaminofen atau ibuprofen.

Cara ini sangat praktis untuk meredakan sakit gigi ringan hingga sedang. Kalau kamu ingin mengonsumsi obat pereda rasa sakit, perhatikan dahulu dosis penggunaannya ya. 

2. Kompres Dingin

Selanjutnya kamu bisa Menggunakan kompres dingin untuk membantu meredakan sakit gigi di malam hari. Tempelkan es batu yang dibalut oleh handuk pada sisi wajah atau rahang dapat membantu mengecilkan pembuluh darah pada bagian tersebut, sehingga bisa meredakan rasa nyeri.

Menempelkan kompres dingin pada sisi yang sakit selama 15-20 menit setiap beberapa jam di sore hari juga dapat membantu mencegah sakit gigi muncul di malam hari.

3. Tidur Memakai Bantal yang Tingg

Pengumpulan darah di kepala bisa menyebabkan nyeri dan inflamasi. Maka dari itu, untuk beberapa orang, tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi atau menggunakan bantal yang tinggi dapat membantu meredakan sakit gigi di malam hari. 

4. Gunakan Salep Pereda Rasa Sakit

Selain obat pereda sakit, kamu juga bisa gunakan beberapa salep medis yang bisa membantu mengurangi sakit gigi.

Salep dan gel medis pereda rasa sakit yang mengandung benzokain dapat meredakan rasa sakitnya. Namun harus di perhatikan, benzokain tidak boleh digunakan pada anak-anak. 

5. Kumur-kumur Menggunakan Air Garam

Cara selanjutnya kamu bisa coba kumur-kumur menggunakan air garam. Metode ini paling umum digunakan karena sangat praktis dalam menerapkannya. Air garam merupakan bahan antibakteri alami, sehingga dapat meredakan inflamasi.

Bukan hanya itu manfaat dari air garam, Kumur-kumur menggunakan air garam ternyata juga dapat menjaga gigi dan membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang terselip di gigi.

6. Teh Peppermint

Mengemut kantung teh peppermint ternyata juga dapat membantu meredakan rasa sakit gigi di malam hari untuk sementara.

Menurut sebuah penelitian, dalam peppermint terkandung senyawa antibakteri dan antioksidan.

7. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, bahan yang bisa meredakan sakit gigi. Eugenol bekerja sebagai analgesik, artinya bahan ini bisa meredakan sakit atau dapat membuat mati rasa.

Untuk menggunakan cengkeh sebagai salah satu cara mengatasi sakit gigi di malam hari, kamu bisa mengunyahnya atau tempelkan satu cengkeh pada gigi yang sakit.

8. Bawang Putih

Cara terakhir yang juga paling gampang untuk mengobati sakit gigi di malam hari ini adalah menggunakan Bawang putih.

Bawang putih mengandung allicin, yaitu bahan yang memiliki efek antibakteri dan dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan sakit gigi.

Untuk meredakan rasa sakit gigi di malam hari, kamu bisa meletakkan bawang putih di dekat gigi yang sakit.

Nah itulah 8 Cara Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari yang sangat mudah dan praktis. Sakit Gigi memang bikin merena, tapi jangan berputus asa karena kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara diatas. Selamat mencoba!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular