SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan15+ Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah dan Ampuh

15+ Cara Menghilangkan Bau Mulut, Mudah dan Ampuh

MediaGoCara menghilangkan bau mulut itu tidak sesulit yang di bayangkan. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti teh hijau, yoghurt, buah nanas, ataupun daun sirih untuk melakukan perawatan mulut sederhana.

Bahan-bahan alami diatas mengandung antibakteri dan antimikroba yang dapat menghilangkan bau mulut menyengat.

Pahami cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan aman berikut ini agar mulutmu menjadi bersih juga sekaligus mengembalikan rasa percaya diri yang hilang karena bau mulut menyerang.

Bau mulut bisa terjadi karena mulut dan gigi yang kotor dipenuhi oleh bakteri. Istilah medis menyebut bau mulut sebagai holitosis.

Bakteri akan mengeluarkan senyawa sulfur yang menghinnggapi sisa makanan di mulut dan gigi sehingga bisa menimbulkan bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

images 10
Ilustrasi bau mulut

Untuk mengatasi masalah bau mulut yang menggangu itu sangat mudah dilakukan. Mulailah perhatikan kesehatan mulut dan praktikan cara menghilangkan bau mulut yang ampuh dan aman menggunakan bahan alami. Berikut ulasan lengkapnya yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Rajin Sikat Gigi

Rajin menyikat gigi adalah cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Banyak sekali bakteri yang menyebabkan bau mulut hidup di bawah garis gusi dan penumpukan plak gigi kalian.

Kondisi inilah yang bisa memperparah bau mulut. Oleh karena itu, mulailah lebih rajin menyikat gigi sebagai cara menghilangkan bau mulut yang paling efektif dan aman.

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini setidaknya harus kamu lakukan dua kali setiap hari. Gunakan benang gigi untuk menjangkau bagian yang sulit satu kali sehari.

Jika ingin cepat mengatasi napas yang bau, cara menghilangkan bau mulut dengan cara yang satu ini bisa kamu lakukan sedikit lebih sering.

Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan. Menyikat terlalu keras dapat merusak gigi dan membuatnya rentan terhadap kerusakan.

Air Putih

Air putih memang menjadi sumber kesehatan alami yang mudah dikonsumsi. Bagi kalian yang merasa sulit untuk mengatasi bau mulut, mengonsumsi banyak air putih bisa menjadi cara paling ampuh.

Cara menghilangkan bau mulut dengan air putih ini sangat mudah dilakukan. Hanya perlu ketelatenan untuk bisa mengatasi masalah bau mulut yang menyengat.

Air putih akan membilas rongga mulut dan tenggorokan dari sisa makanan yang dikonsumsi, hal ini sangat efekfit untuk cara menghilangkan bau mulut.

Teh Hijau

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan organ dalam saja, Teh Hijau ternyata juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau mulut yang menyengat, lho.

Cara menerapkannya pun sangat mudah, Kamu hanya perlu mengonsumsinya setelah makan atau saat mulut mulai mengeluarkan aroma tidak sedap.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa teh hijau ini memiliki sifat desinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan nafas sementara.

Teh hijauh mengandung Phytochemical yang menjadi antibakteri alami dan akan membersihkan serta menghilangkan bakteri penyebab bau mulut yang menyengat.

Jahe

Cara menghilangkan bau mulut secara alami berikutnya kamu bisa gunakan Jahe. Rempah yang satu ini kaya akan khasiat baik yang salah satunya bersifat antimikroba.

Kandungan minyak atsiri jdan gingerol pada jahe juga mampu membantu kamu dalam menghilangkan bau mulut.

Untuk praktiknya sendiri, cukup kunyah jahe secukupnya. Kamu juga bisa menyeduhnya dengan air hangat dan mengonsumsinya lebih rutin agar bau mulut hilang dengan cepat.

Garam Epsom

Garam epsom juga bisa kamu gunakan sebagai cara ampuh menghilangkan bau mulut. Dalam penerapannya, silahkan campurkan garam epsom dengan air hangat. Cara menghilangkan bau mulut dengan ramuan ini memiliki sifat antibakteria dan penghilang racun.

Silahkan ambil satu sendok teh garam epsom dan campurkan dengan segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur setiap hari dan lakukan lebih rutin agar hasil lebih maksimal.

Activated charcoal

Activated charcoal atau bubuk arang ini banyak digunakan sebagai pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih. Meski begitu, sebenarnya activated charcoal juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut dengan actived charcoal ini sangat mudah dilakukan, siapkan setengah sendok teh activated charcoal dan sikat gigi. Balurkan bubuk arang tersebut ke sikat dan mulailah menyikat gigi.

Kumur-kumur hingga bubuknya hilang. Gunakan cara ini dua sampai tiga kali dalam seminggu hingga bau di mulut kamu hilang.

Buah-buahan

Buah juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan rutin mengonsumsinya sebagai makanan penutup.

Apalagi setelah kamu mengonsumsi daging, buah yang kaya akan vitamin C dan air sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut yang menyengat.

Pilihan buahnya antara lain seperti apel, semangka, pir, jeruk, strawberry, pepaya, dan jambu. Buah ini bisa diandalkan karena mampu menghasilkan asam di mulut juga bisa menetralkan bau dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Cuka Apel

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya kamu bisa gunaka cuka apel. Langkahnya, siapkan 1-2 sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka apel tersebut dalam segelas air.

Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 3 – 5 menit di pagi dan malam hari. setelahnya silahkan bilas mulut kalian menggunakan air biasa.

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini bisa bikin napasmu segar seketika. Agar hasilnya memuaskan, lakukan perawatan ini secara rutin ya.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ampuh

bau mulut
Ilustrasi bau mulut

Akar Manis

Akar manis juga bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bau mulut. Pasalnha, Akar manis dikenal memiliki senyawa antibakteri yang dipercaya dapat mengatasi bau mulut.

Bukan hanya itu, Akar manis juga bisa meredakan sariawan, serta mencegah kerusakan gigi dan gusi. Ekstrak akar manis bisa ditemukan pada berbagai produk obat herbal, baik dalam bentuk gel, tablet isap, atau obat kumur.

Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus, Bakteri baik ini bisa kamu jadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bau mulut.

Bakteri sehat ini juga dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh seperti usus.

Tak heran jika yoghur ini sangat cocok dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut menyengat dengan efektif.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa yoghurt juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Probiotik dalam yoghurt sangat efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut.

Untuk penggunaannya, silahkan konsumsi yogurt sebagai bahan melawan bau mulut setidaknya satu porsi setiap hari tawar tanpa lemak usai mengonsumsi petai atau jengkol.

Jus Nanas

Banyak orang mempercayai jika rasa asam khas yang dirasakan setelah mengonsumsi jus nanas dapat membantu dalam mengatasi bau mulut yang menyengat.

Ternyata, hal ini memang terbukti kebenarannya, jus nanas sangat efektif dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Walaupun belum ada studi yang dapat dijadikan acuan, beberapa pakar kesehatan percaya bahwa minum segelas jus nanas atau mengunyah nanas selama beberapa menit mampu menghilangkan bau mulut.

Biji Adas

Biji adas ini biasanya digunakan sebagai penyedap masakan. Namun ternyata biji adas juga kaya akan khasiat untuk kesehatan. Salah satunya ialah bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bau mulut.

Kamu bisa gunakan Biji adas untuk menghilangkan bau mulut menyengat secara instan. Caranya sangat mudah, kunyah satu sendok teh biji adas lalu kemudian telan sewaktu-waktu bau mulut menyengat menyerang. Terapkan cara ini ketika bau mulutmu datang.

Daun Mint

Mint memiliki sifat dasar yang dapat menyengarkan. Bahan ini sangat cocok untuk mulut. Tak heran jika daun mint ini bisa dijadikan bahan ampuh untuk menghilangkan bau mulut.

Untuk praktik cara menghilangkan bau mulutnya sendiri bisa dicoba dengan mengonsumsi mint secara langsung atau bisa juga dengan mengunyah permen karet rasa mint.

Makanan yang mengandung Mint dapat memberikan efek segar pada mulutmu. Kesegaran aroma dalam daun mint bisa melenyapkan bau mulut tak sedap yang mengganggu.

Daun Sirih

Mungkin sebagian orang sudah tahu dengan bahan alami yang bisa menghilangkan bau mulut ini. Menurut beberapa penelitian, Daun Sirih memiliki efek antibakteri dan antiradang yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mulut.

Hal inilah yang menjadikan daun sirih sangat efektif untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Sirih juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih ini sangat mudah, cukup mengunyah daun sirih secara rutin untuk mendapatkan kesehatan gigi dan mulut dengan maksimal.

Minyak Kelapa

Tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan untuk memasak, Minyak kelapa juga bisa kamu andalkan sebagai cara menghilangkan bau mulut yang efektif.

Ini karena minyak kelapa memiliki kemampuan dapat menghilangkan bakteri di mulut.

Cara melakukannya pun sangat mudah, cukup sediakan satu sendok makan minyak kelapa lalu gunakan untuk berkumur selama 5-10 menit dan ludahkan.

Selanjutnya, gunakan air hangat untuk membilas sisa-sisa minyak yang tertinggal di mulut. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya.

Jeruk

Jeruk juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan mudah dan ampuh. Jeruk terkenal kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur.

Hal ini membuat bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut. Selain itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa vitamin C dalam jeruk bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan.

Obat Kumur

Cara menghilangkan bau mulut yang terakhir adalah menggunakan obat kumur. Ada beberapa bukti ilmiah menunjukan bahwa klorin dioksida yang terkandung dalam obat kumur sangat efektif untuk bau mulut.

Klorin dioksida ini dapat membantu menghilangkan plak, bakteri pelapis lidah, dan partikel makanan.

Cara menghilangkan bau mulut, Gunakan obat kumur setelah menyikat gigi dan flossing agar hasil yang didapat maksimal. Tetap perhatikan instruksi pada botol untuk menghindari penggunaan berlebihan yang bisa menyebabkan iritasi mulut.

Obat kumur juga sangat diandalkan untuk menyingkirkan bakteri di mulut.

Demikianlah beberapa cara mudah menghilangkan bau mulut dengan bahan alami yang dijamin ampuh. Lakukan cara-cara tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya sobat.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular