You are here
Home > Kesehatan >

8 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan, Apa Saja?

Kombinasi makanan yang tidak boleh

MediaGo – Kebutuhan asupan gizi seimbang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun selain itu kamu juga harus memperhatikan kombinasi makanan yang dipilih, ya. Alasannya karena ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Apa saja ya?

Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi secara Bersamaan

Apabila mengonsumsi makanan tertentu secara bersamaan hal itu bisa menyebabkan terhambatnya proses pencernaan dan penumpukkan makanan pad lambung. Berikut ini beberapa kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan seperti dilansir dari laman The New Times

1. Campuran Dua Makanan Berprotein Tinggi

kombinasi makanan yang tidak boleh
Telur dan daging. (Gambar: http://foodsafetyhelpline.com)

Mengonsumsi telur dan daging di pagi hari adalah menu makanan sarapan yang populer, tetapi perlu kamu ketahui bahwa keduanya termasuk ke dalam jenis kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Kenapa?

Kombinasi keduanya jenis makanan ini mengandung tinggi protein dan terasa berat di perut. Butuh waktu lebih lama untuk mencerna keduanya. Jadi, sangat dianjurkan untuk memilih salah satu protein untuk saja ketika dikonsumsi dan pilih makanan lainnya untuk pendamping seperti sayuran.

2. Susu dan Pisang

kombinasi makanan yang tidak boleh
Susu dan pisang. (Gambar: http://MyMilk.com)

Dua asupan tersebut memang memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Namun sama seperti campuran telur dan daging, kombinasi susu dan pisang itu berat dan butuh waktu lama untuk dicerna. 

Ketika kamu mengonsumsi bersamaan, tentu akan membuat tubuh mengalami kelelahan. Apabila suka minum banana milk shake, sebaiknya tambahkan sejumput kayu manis atau bubuk pala untuk melancarkan pencernaan, ya. 

3. Jus Jeruk dan Susu

kombinasi makanan yang tidak boleh
Jus jeruk dan susu. (Gambar: http://bobo.grid.id)

Susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan ketika mengonsumsi susu dengan lemon atau buah jeruk apa pun, karena susu akan menggumpal.  Hal ini dapat menyebabkan gas dan panas terbakar. Beberapa orang juga tidak toleran laktosa, yang berarti mereka tidak dapat mencerna laktosa yang ada dalam susu.

4. Buah dengan Makanan Berat

kombinasi makanan yang tidak boleh
Buah-buahan. (Gambar: http://eater.com)

Buah-buahan biasa dijadikan sebagai pencuci mulut setelah kamu mengonsumsi makan berat. Buah-buahan memang mudah dicerna oleh perut, tetapi makanan berat mungkin memerlukan lebih banyak waktu. Inilah alasan kenapa buah dengan makanan berat menjadi salah satu kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Jadi, sampai makanan dicerna, buah juga ditahan dan mulai berfermentasi, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Cobalah untuk menghindari makan buah-buahan segera setelah makan, atau paling tidak beri jeda 30 menit sebelum atau sesudahnya.

5. Keju dan Minuman Dingin

kombinasi makanan yang tidak boleh
Keju. (Gambar: http://pixabay.com)

Walaupun terdengar menggoda, kombinasi ini tidak baik untuk kesehatan. Kamu harus menghindari minum minuman dingin dengan makanan keju karena kombinasi tersebut dapat menyebabkan kesulitan dalam penyerapan. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit perut.

Deretan kombinasi makanan di atas sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi secara bersamaan. Paling tepat adalah saat makan semua gizi harus seimbang, ada karbohidrat, protein, sayuran hijau dan perbanyak konsumsi air putih. Sangat penting sekali untuk menjaga makanan yang dikonsumsi karena sistem pencernaan memainkan peran yang sangat besar dalam metabolisme tubuh. 

6. Jeruk Nipis dan Obat Batuk

kombinasi makanan yang tidak boleh
Jeruk nipis. (Gambar: http://pixabay.com)

Jeruk nipis dapat menghambat atau memblokir enzim yang memecah statin penurun kolesterol. Obat batuk yang terkenal adalah dekstrometorfan, obat ini dapat menumpuk di aliran darah dan apabila sampai terjadi kegagalan dalam memecah statin kemudian akan meningkatkan efek samping yang tidak diinginkan dari obat tersebut.

Seperti dilansir dari The News Time, dijelaskan bahwa efek samping ini dapat mencakup halusinasi dan insomnia, jadi sangat disarankan untuk menghindari jus jeruk nipis pada saat tenggorokan gatal dan selalu periksa dengan apoteker atau dokter untuk panduan yang jelas tentang masalah ini.

7. Buah dan Yoghurt

kombinasi makanan yang tidak boleh
Buah dan yoghurt. (Gambar: http://pixabay.com)

Meskipun keduanya tergolong makanan yang sehat dan bergizi, ternyata buah dan yogurt merupakan salah satu kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan. Bahkan menggabungkan buah dan produk susu ini justru dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. 

Makanan susu bisa menjadi kongestif, menghalangi sinus, mendorong masuk angin dan memperburuk gejala alergi. Bila dikombinasikan dengan buah gejala ini bisa menjadi lebih buruk. Pilihan yang lebih baik adalah yoghurt alami tanpa buah tambahan.

8. Karbohidrat Bertepung dan Tomat

kombinasi makanan yang tidak boleh
Tomat. (Gambar: http://pixabay.com)

Tomat adalah buah yang asam dan dapat menyebabkan masalah jika dimakan bersamaan dengan karbohidrat pati. Karbohidrat bertepung ini seperti nasi atau ubi jalar. Kedua jenis makanan ini juga digolongkan sebagai sebagai kombinasi makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan juga loh! Bagi seseorang  yang mengonsumsi kedua makanan tersebut secara bersamaan akan berisiko menyebabkan gangguan pencernaan, GERD dan masalah pencernaan lainnya dengan melakukan ini. 

Baca juga: Makanan Sehat Saat Pandemi COVID-19 yang Baik untuk Dikonsumsi

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top