You are here
Home > Kesehatan >

Ini Alasan Mengapa Kita Suka Ngantuk Setelah Makan

ngantuk setelah makan

MediaGo – Kamu pasti pernah merasa ngantuk setelah makan, kan? Padahal kondisi badan dalam keadaan segar bugar dan tidak kekurangan tidur, tapi sering merasa ngantuk setelah selesai makan. Ini alasannya!

Makan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan manusia. Dengan makan mereka akan mendapatkan sejumlah energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi kenapa banyak dari mereka yang malah merasa ngantuk setelah makan? Harusnya kan tubuh akan semakin bersemangat setelah diisi bahan bakar kembali.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut ini akan MediaGo berikan alasan mengapa kamu sering merasa ngantuk setelah makan.

Rasa kantuk yang muncul setelah makan merupakan hal yang wajar. Setelah makanan masuk ke dalam perut, tubuh akan langsung mengolah makanan tersebut menjadi energi atau glukosa untuk sistem pencernaan.

Hormon Serotonin, Penyebab Ngantuk Setelah Makan

kantuk setelah makan
Sumber : Liputan 6

Selain itu, tubuh juga akan menghasilkan sejumlah hormon seperti olesistokinin, glukagon, dan amylin yang akan memberikan respon bahwa tubuh sudah merasa kenyang. Kemudian, tubuh juga akan menghasilkan hormon serotonin yang mana hormon tersebut bisa memicu rasa kantuk pada manusia.

Selain faktor hormon, ternyata memang ada juga sejumlah makanan yang diklaim dapat memicu rasa kantuk setelah makan. Seperti makanan yang mengandung asam amino triptofan, contohnya terdapat pada kedelai, telur, keju, dan ikan. Semua makanan tersebut bisa menyebabkan rasa kantuk seseorang.

Jadi, jika kamu suka mengantuk setelah makan itu merupakan hal yang wajar ya. Yang tidak wajar itu jika kamu merasakan kantuk setiap saat setelah makan. Kalau sampai mengalaminya, kami sarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter karena bisa jadi ada penyakit serius dibalik masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top