You are here
Home > Kesehatan >

Girls, 5 Jenis Makanan ini Harus Kamu Hindari Saat Haid!

haid

MediaGoMenstruasi sering menjadi mimpi buruk bagi beberapa wanita. Perubahan suasana hati hingga kram perut sering dialami saat tamu bulanan itu datang. Hal ini bisa menggangu pekerjaan sehari-hari karena hormon saat menstruasi memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda.

Untuk mengurangi rasa sakit, kebanyakan wanita mengonsumsi makanan makanan yang kurang sehat seperti keripik, pizza, dan soda sebagai pelarian. Meski mampu menenangkan, namun makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Makanan yang Harus Dihindari saat Haid

Dikutip dari laman merahputih.com,
Jika kamu ingin menstruasimu nyaman tanpa merasakan sakit, kram perut, ataupun perut kembung, cobalah hindari beberapa makanan berikut ini.

1. Makanan Cepat Saji

fastfood
Sumber : Liputan6.com

Makanan pertama yang harus kamu hindari saat menstruasi adalah fast food atau makanan cepat saji. Zat adiktif yang terdapat pada makanan cepat saji dapat membuat kram semakin terasa sakit

Lemak trans juga dikenal sebagi minyak terhidrogenasi yang ditambahkan dalam makanan cepat saji dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.

2. Susu

susu
Sumber : Kompas.com

Susu juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kamu haid ya. Produk susu, seperti susu, keju, dan es krim itu mengandung asam-6 yang dapat meningkatkan peradangan dan memperparah nyeri yang dilalami saat kamu menstruasi.

3. Kafein

kafein
Sumber : Okezone.com

Jika kamu tidak ingin membuat menstruasimu menjadi lebih buruk, cobalah kurangi konsumsi kafein. Kamu bisa meminum satu cangkir kopi per hari. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) yang dapat memperburuk kram perut saat sedang mengalami menstruasi.

Bukan hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan ketidaknyamanan dan juga perut menjadi lebih cepat kembung.

4. Makanan Tinggi Lemak

Selanjutnya makanan tinggi lemak yang harus dihindari saat menstruasi. Sebab, Makanan berlemak bisa meningkatkan jumlah prostaglandin di dalam tubuh sehingga membuat rahim berkontraksi.

Kontraksi rahim ini akan meningkatkan kram yang kemudian akan membuat kamu tidak nyaman. Daging berlemak juga harus dihindari selama kamu sedang menstruasi karena dapat memperburuk nyeri saat menstruasi.

5. Makanan Tinggi Karbohidrat dan Gula

makanan tinggi gula
Sumber : Tribunnews.com

Gula darah sangat mudah berubah-ubah saat kamu mengalami menstruasi. Jika kamu mengonsumsi gula secara berlebihan saat menstruasi, kadar gula darah akan naik dan turun secara drastis. Gula bersifat inflamasi dan dapat meningkatkan kram.

Gula halus juga menyebabkan tubuh menahan natrium dan air yang kemudian menyebabkan kembung dan juga perubahan suasana hati. Tentunya hal itu sangat tidak kamu inginkan, kan?

Nah itulah 5 jenis makanan yang harus dihindari saat mentruasi. Semoga bermanfaat ya, girls!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top