SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, September 26, 2023
spot_imgspot_img
HomeKesehatanSering Pusing Setelah Makan Daging Kambing? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Sering Pusing Setelah Makan Daging Kambing? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

MediaGo – Pernah gak kalian merasa pusing setelah makan daging kambing? Ternyata kasus sakit kepala setelah makan daging kambing ini merupakan hal yang biasa terjadi, lho. Banyak yang mengaitkan hal tersebut dengan penyakit darah tinggi atau kolesterol.

Namun, tidak semua pusing setelah makan daging kambing ini berkaitan dengan penyakit tersebut. Ada beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan kepala kalian jadi sakit. Oleh karena itu yuk cari tahu apa penyebab pusing setelah makan daging kambing.

Penyebab pusing setelah makan daging kambing

Daging kambing
Klik Hijau

Jika kamu merasa pusing setelah makan daging kambing, ternyata ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab hal tersebut. Merangkum dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini 5 penyebab pusing setelah makan daging kambing.

1. Alergi daging

Apakah kamu pernah merasa pusing setelah makan daging? Entah itu daging sapi, kambing atau yang lainnya? Bisa jadi kamu memiliki alergi daging. Alergi daging sapi merupakan salah satu jenis alergi daging yang paling sering terjadi.

Reaksi tubuh saat mengalami alergi ini adalah menghasilkan histamin, yang salah satunya bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala.

Selain itu, alergi seperti ini juga biasanya disertai dengan sejumlah gejala lain, seperti kulit gatal-gatal, bersin-bersin, hingga mual. 

2. Keracunan daging

Jika sebelumnya kamu tidak mempunyai masalah dengan daging dan tiba-tiba kamu merasa pusing setelah menyantapnya, bisa jadi kamu sedang mengalami keracunan daging.

Infeksi bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella, E. coli, atau listeria, dapat menyebabkan keracunan dan memicu sakit kepala atau pusing setelah makan daging kambing.

3. Kelebihan zat besi

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi yang lumayan tinggi. Namun, jika kamu mengonsumsi zat besi secara berlebihan, ternyata dapat menyebabkan keracunan zat besi. Nah, hal itulah yang menjadi penyebab sakit kepala atau pusing setelah makan daging kambing.

4. Kandungan tiramin

Tiramin merupakan salah satu senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan dan hewan, termasuk pada daging merah. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung tiramin dapat memicu sakit kepala atau pusing.

Alasan mengapa tiramin bisa jadi penyebab kepala pusing setelah makan daging adalah senyawa ini dapat menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran dan penyempitan, khususnya jika Anda memiliki kondisi lainnya, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

5. Hipotensi ortostatik

Kebanyakan orang duduk saat makan dan segera berdiri setelah selesai makan. Hal itu yang banyak menyebabkan orang dapat mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri.

Pada kasus ini, sebenarnya penyebab pusing bukan karena pada makanannya, tetapi perubahan posisi mendadak dari duduk ke berdiri yang disebut dengan hipotensi ortostatik.

Nah itulah 5 penyebabnya pusing setelah makan daging kambing yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat makan daging kambing esok 🙂

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular