You are here
Home > News >

3 Strategi Besar Jokowi Untuk Genjot Ekonomi RI, Apa Saja?

Strategi Besar Jokowi Untuk Genjot Ekonomi RI

MediaGo – Presiden Jokowi “Joko Widodo” baru saja menyampaikan 3 strategi besar untuk menghidupkan kembali ekonomi dan bisnis Indonesia ke depannya. Ketiga strategi besar Jokowi itu antara lain hilirasi industri, digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan pengembangan ekonomi hijau.

“Yang pertama hilirisasi industri, kedua digitalisasi UMKM, dan yang ketiga kita harus mulai masuk ke ekonomi hijau,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam kegiatan Peresmian Pembukaan Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Strategi Besar Jokowi Untuk Genjot Perekonomian Indonesia

Jokowi di Acara Sarasehan 100 Ekonom
Foto Presiden RI Jokowi di acara Sarasehan 100 Ekonom / CNBC Indonesia

Dalam sambutan itu, Presiden Jokowi ingin kedepannya ekonomi Indonesia bisa lebih baik lagi dengan beberapa strategi besar yang telah disiapkan. Strategi tersebut meliputi;

1. Jokowi ingin bahan mentah diolah dan dihilirisasi agar jadi barang bernilai tinggi

Strategi besar Jokowi pertama yang sudah disiapkan yaitu hilirisasi industri, Presiden Republik Indonesia itu mengatakan, pemerintah telah menghentikan ekspor bahan mentah seperti nikel. Ke depannya, pemerintah juga akan menyasar komoditas seperti bauksit, emas, dan tembaga.

Jokowi ingin semua bahan mentah tersebut diolah atau dihilirisasi terlebih dahulu hingga menjadi barang bernilai tinggi sebelum diekspor. Program hilirisasi ini sudah membuahkan hasil, ucap Jokowi. Salah satunya adalah ekspor besi baja yang dalam setengah tahun 2021 sudah mencapai 10,5 miliar dolar AS.

“Sebanyak mungkin bahan-bahan mentah itu diolah menjadi barang minimal setengah jadi, syukur-syukur bisa menjadi barang jadi,” tutur Jokowi.

2. Kemudian, Jokowi mau pelaku UMKM merambah ke bisnis digital

Untuk digitalisasi, Presiden Jokowi ingin para pelaku UMKM mulai merambah ke bisnis digital. Jokowi menyampaikan, per Agustus 2021, terdapat 15,5 juta UMKM yang sudah merambah ke platform digital.

Baca Juga:  Tangis Keluarga Pecah Sambut Jenazah Isti Pramugari Nam Air

“Ini saya kira tranformasi yang terus akan kita dorong karena kita memiliki kurang lebih 60-an juta UMKM yang semuanya akan kita dorong agar masuk ke platform-platform digital. Baik yang berada di daerah, nasional, maupun agar bisa juga masuk ke platform-platform global,” kata Jokowi.

3. Jokowi juga menyebutkan, Indonesia punya potensi untuk mengembangkan ekonomi hijau

Strategi besar Jokowi yang terakhir kini berkaitan dengan ekonomi hijau. Jokowi mengatakan, masa depan dari produk-produk hijau di Indonesia sangat menjanjikan. Mantan gubernur DKI Jakarta ini pun mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi hijau.

“Oleh sebab itu, kita akan memulai mungkin Oktober nanti, kita akan bangun yang namanya green industrial park yang produk keluarannya adalah produk hijau. Pemakaian energinya adalah energi hijau, energi baru terbarukan,” ucap Jokowi.

“Dan kita harapkan kita memiliki sebuah kekuatan besar ke depan yaitu produk hijau yang dihasilkan dari ekonomi hijau, yang akan mulai kita bangun tahun ini,” lanjutnya.

Sumber berita : IDN Times dan Suara.com

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top