You are here
Home > Pendidikan >

Cara Belajar Efektif di Rumah Saat New Normal

Belajar Efektif di Rumah
Bagikan

MediaGo – Memasuki masa kenormalan baru atau new normal, pemerintah belum memberikan lampu hijau terkait aktivitas belajar di sekolah. Mau tidak mau, siswa dituntut tetap belajar efektif di rumah dengan menerapkan pembelajaran daring.

Pembelajaran daring sepertinya memang harus dibiasakan para siswa. Mengingat, belum lama ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan, pembelajaran jarak jauh bisa diterapkan permanen setelah pandemi Covid-19 selesai.

Jika benar terjadi, hal ini akan menjadi menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Agar tidak membosankan, kamu harus pandai menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Lalu, hal apa saja yang harus dipersiapkan agar belajar tetap efektif di rumah?

Atur Jadwal Belajar

Jadwal Belajar 3

Mulai perketat kembali jadwal atau agenda belajar kamu. Agar kamu tidak lupa kapan harus belajar dan bersantai, maka buatlah jadwal khusus tentang waktu belajarmu.

Hal tersebut juga sangat penting, terutama jika kamu harus melalui proses pembelajaran secara live chat melalui aplikasi tertentu. Jadi, peluang untuk ketinggalan pelajaran makin kecil.

Tempat Belajar

Kenyamanan suasana akan menunjang semangat belajar. Belajar pun tak melulu di kamar, sejumlah area di rumah bisa dijadikan tempat belajar yang nyaman.Misalnya di teras atau ruang tamu rumah.

Peralatan Pendukung Belajar

Ada banyak hal yang perlu kamu sediakan untuk menjamin kelancaran proses belajar di rumah. Apalagi kegiatan ini melibatkan teknologi seperti aplikasi. Ada tiga peralatan pendukung belajar di rumah yang minimal harus kamu miliki agar proses ini berjalan kondusif. Alat pendukung tersebut di antaranya ponsel, laptop atau perangkat komputer, dan juga koneksi internet.

Perhatikan Fisik saat Belajar

Fisik Belajar 2

Kamu yang belajar menggunakan laptop, jangan paksakan dalam melihat materi pembelajaran di laptop. Berikan waktu sejenak pada mata untuk melepaskan pada laptop. Selain bisa rileks, cara ini bisa menghindarkan gangguan mata lelah dan kering.

Baca Juga:  Sekolah Tatap Muka 2021 Di Jakarta Dibatalkan

Jaringan Internet

Jaringan Internet 2

Kegiatan belajar jarak jauh tak hanya membutuhkan gadget, tapi juga jaringan internet yang stabil dan kuota mencukupi. Sebab, selain mengunduh dan mengirim berkas, guru dan murid juga kerap melakukan video conference atau video call.


Bagikan
GP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top