You are here
Home > Pendidikan >

Dibuka Besok, Ini Syarat dan Cara Daftar SNMPTN 2022

MediaGo – Pendaftaran SNMPTN 2022 akan dibuka besok, apa saja yang harus di persiapkan? Untuk kamu yang ingin coba peruntungan dijalur beasiswa perguruan tinggi gratis ini, berikut akan kami berikan panduan cara daftar SNMPTN 2022 lengkap beserta syarat yang diperlukan.

SMPTN merupakan salah satu program masuk perguruan tinggi yang ditentukan berdasarkan nilai akademik serta prestasi lainnya. Kuota SMPTN yang ditetapkan kali ini adalah 20% per PTN. Oleh karena itu Kamu harus serius mengikuti program ini agar bisa lolos masuk ke universitas impian.

Daftar SNMPTN 2022 Gratis

Seluruh biaya dalam proses daftar SNMPTN ini akan ditanggung oleh pemerintah. Kamu hanya perlu memiliki akun LTMPT untuk bisa mendaftar yang mana bisa didapatkan dari pihak sekolah. Pihak sekolah biasanya akan menetapkan siswa yang eligible untuk mengikuti program SNMPTN.

Nantinya, siswa yang dinyatakan eligible oleh pihak sekolah inilah yang berhak diisikan dalam proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Setelah itu barulah siswa tersebut bisa melakukan pendaftaran SNMPTN pada Senin besok.

Syarat Daftar SNMPTN 2022

daftar snmptn 2022
Sumber : Detik.com

Setidaknya ada empat syarat bagi peserta untuk bisa mengikuti seleksi SNMPTN ini, berikut diantaranya:

  1. Memiliki akhn LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  2. Akun LTMPT sudah dipermanenkan
  3. Siswa eligible (masuk dalam kuota)
  4. Ada di dalam daftar PDSS (Portal Data Sekolah dan Siswa)

Cara Daftar SNMPTN 2022

  1. Masuk ke laman SNMPTN 2022 pada link berikut https://snmptn.ltmpt.ac.id 
  2. Log in dengan akun LTMPT yang sudah difinalisasi dari sekolah.
  3. Jika berhasil masuk, nanti akan muncul laman profil pendaftar seperti nama, tanggal lahir dan lain sebagainya.
  4. Data dalam profil tersebut tidak bisa di edit, oleh karena itu diperlukan tindakan lanjutan jika ada salah satu data yang salah.
  5. Pilih program studi yang akan di ambil. Peserta dibolehkan memilih 2 program studi namun salah satunya harus di PTN yang berada di satu provinsi dengan SMA-nya. Akan tetapi, jika peserta hanya mengambil 1 prodi, maka ia bebas mengambil prodi di PTN mana pun.
  6. Pengisian portofolio untuk prodi seni dan olahraga sebagaimana yang telah disyaratkan, maksimal file 100mb. Untuk siswa yang memilih prodi lain, maka akan muncul informasi bahwa yang bersangkutan tidak perlu mengunggah portofolio.
  7. Pengisian prestasi yang diraih, Unggah bukti prestasi dan berikan deskripsi, misalnya lomba apa, tingkat apa,dan diikuti berapa banyak peserta.
  8. Akan diinformasikan pilihan yang telah dipilih beserta konsekUensi yang akan diterima atas pilihan yang telah dibuat.
  9. Klik “Finalisasi”, “Tahap ini yang paling penting dan jangan sampai terlewat, karena tahap ini menyatakan bahwa proses pendaftaran Kaku sudah lengkap, selesai, tuntas, dan bisa diproses.
  10. Pendaftaran selesai, peserta tinggal menunggu hasil yang akan diumumkan pada 29 Maret 2022 mendatang. Jangan lupa unduh kartu registrasi sebagai bukti nanti yang terdapat di sebelah kanan laman finalisasi.

Nah itulah tadi perihal SNMPTN 2022, Syarat beserta Cara daftarnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan semoga berhasil masuk ke univ impian!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top