SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeTekno4 Cara Mengatasi Memori HP Android Cepat Penuh

4 Cara Mengatasi Memori HP Android Cepat Penuh

MediaGo – Apakah ponsel Android kalian sering mengalami memori penuh? Ruang penyimpanan yang penuh bisa terjadi karena beberapa hal, seperti banyak aplikasi yang tidak digunakan atau file sampah yang menumpuk dengan ukuran besar.

Rata-rata penyimpanan smartphone Android sekarang berada di 16 GB – 256 GB. Memori penyimpanan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah smartphone. Sempitnya ruang penyimpanan dapat menggangu kinerja ponsel tersebut.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan kapasitas ruang penyimpanan agar ruang yang tersedia masih memungkinkan ponsel untuk bekerja secara optimal.

Cara Mengatasi Memori HP Android Cepat Penuh

Namun jika ruang penyimpanan pada ponsel hanya tersedia sedikit, mungkin kamu harus memeriksanya agar bisa menemukan apa penyebab habisnya memori ponsel tersebut.

1. Terlalu banyak aplikasi 

Jika kamu sering mengunduh berbagai aplikasi pada ponsel terlebih aplikasi-aplikasi yang sedang menjadi tren. Namun tak jarang kamupun hanya menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu singkat.

Aplikasi seperti ini jika dibiarkan menumpuk akan memenuhi ruang penyimpanan pada ponsel. Maka kamu sebaiknya menghapus aplikasi yang dalam beberapa waktu ke belakang sudah mulai jarang digunakan.

2. Banyak data tidak terpakai

Ponsel yang sudah digunakan dalam waktu lama akan mengalami penumpukan data. Dan beberapa dari data tersebut mungkin sudah tidak akan dipakai lagi. Hal tersebut bisa menyebabkan memori ponsel penuh.

Maka dari itu sebaiknya menghapus data-data yang sudah tidak terpakai secara manual melalui fitur manajemen file.

3. Cache yang menumpuk

Dilansir dari Android Authority, cache merupakan data yang diperlukan oleh sebuah ponsel untuk dapat bekerja dengan cepat dan efisien, sehingga membersihkan cache akan memberi efek samping pada kinerja aplikasi tersebut.

Namun jika cache ini tidak dihapus dalam waktu lama akan membebani ruang penyimpanan pada ponsel tersebut yang nantinya mengganggu performa dari ponsel.

Maka dari itu disarankan untuk menghapus cache secara berkala agar memiliki ruang penyimpanan yang lebih lega.

4. Banyak foto dan video berukuran besar

Ponsel yang memiliki kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Penumpukan file foto dan video dalam waktu lama akan membebani ruang penyimpanan ponsel.

Selain itu, budaya berkirim foto dan video didukung oleh aplikasi pesan instan yang memungkinkan untuk mengirim file dalam ukuran aslinya.

Kemudian hal ini ditambah juga dengan tren penggunaan sosial media yang menumbuhkan produksi konten dalam bentuk foto dan video.

Maka dari itu penggun disarankan untuk menghapus atau melakukan back up pada file foto dan video yang ada di ponselnya secara berkala agar tidak kehabisan memori penyimpanan.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular