SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, April 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeTekno4 Cara Print Lewat HP Android Via Wifi

4 Cara Print Lewat HP Android Via Wifi

MediaGo, Cara Print Lewat HP Android Via Wifi – Mencetak dokumen sekarang ini bukan lagi menjadi kegiatan baru, terutama bagi seorang mahasiswa. Saat ini pun, proses print sudah sangat modern karena bisa dilakukan melalui smartphone android.

Namun untuk bisa melaksanakannya printer Anda harus keluaran terbaru yang sudah memiliki fitur WiFi. Berikut cara print lewat hp android via WiFi tersebut.

Cara Print Lewat HP Android Via WiFi

Untuk Anda yang memiliki printer jenis baru yang memiliki fitur WiFi, berikut beberapa cara print melalui hp android via jaringan wifi.

1. Print Menggunakan Google Cloud

Cara print lewat Android via wifi
Google Cloud Print

Sebelum menerapkan cara print melalui android, ada hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Tidak semua print menyediakan fitur Google Cloud. Jika printer Anda merupakan salah satunya, berarti harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui browser Chrome.

  • Langkah pertama untuk bisa melakukan print melalui Google Cloud yaitu dengan membuka Chrome melalui komputer. Setelah dibuka, cari tombol menu yang terdapat di bagian pojok kanan. Lalu, Anda pilih pengaturan. Setelah menu pengaturan terbuka, tekan tombol masuk melalui Chrome.
  • Ketika Anda masuk Chrome, gunakan akun yang sesuai dengan akun android Anda. Pilih tampilkan pengaturan lanjutan. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan Google Cloud, klik dan pilih kelola. Klik lagi tambahkan printer.
  • Pilih printer sesuai dengan yang Anda gunakan. Setelah itu, unduh aplikasi Cloud Print di android. Namun, jika ponsel Anda keluaran terbaru, tidak perlu mengunduhnya.
  • Langsung saja buka pengaturan dan cari menu penyetakan. Kemudian, buka dokumen yang hendak dicetak dan tekan menu cetak.

2. Print Menggunakan PrinterShare Premium

Cara print dokumen lewat Android via wifi
Aplikasi PrinterShare Mobile Print di Play Store

Selain menggunakan Google Cloud Print, Anda juga bisa menggukan sebuah aplikasi yang bernama PrinterShare Premium. Aplikasi tersebut dapat mendeteksi WiFi yang terdapat pada printer. Cara print lewat hp android via WiFi yang satu ini juga tergolong mudah untuk diterapkan.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduhnya di PlayStore jika Anda belum memiliki aplikasinya. Setelah itu, silahkan buka PrinterShare dan klik continue. Tekan select, kemudian nearby WiFi. Tunggu sampai proses scanning selesai dan printer sudah terdeteksi di HP Anda.
  • Setelah printer berhasil terdeteksi, klik yes/OK. Kemudian, Anda buka dokumen mana yang hendak di print. Sebelum tindakan print dilakukan, atur terlebih dahulu ukuran dan jenis kertasnya.
  • Margin sebaiknya juga dicek ulang, karena biasanya dokumen dari komputer yang dipindahkan ke HP, formatnya berubah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengubahnya ke bentuk PDF agar format dokumen tidak berubah. Jika penyetakan siap dilakukan, Anda tinggal menekan tombol print.

3. Print Menggunakan Epson iPrint

Cara ngeprint lewat Android via wifi
sourcedrivers.com

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk menyetak dokumen melalui android dengan memanfaatkan WiFi adalah Epson iPrint. Pertama, hubungkan android dan printer menggukan WiFi. Buka Epson iPrint di HP, kemudian Anda buka dokumen mana yang akan dicetak.

Atur format dokumen, baik margin maupun jenis kertasnya. Setelah itu, tekan print. Printer akan merespon permintaan Anda dan penyetakan mulai berjalan. Selain menyetak dokumen offline, Epson iPrint juga dapat menyetak dokumen online, seperti dari google drive atau dropbox.

4. Print Menggunakan Canon Print Inkjet

canon print inkjet
www.canon.co.nz

Cara print lewat hp android via wifi selanjutnya adalah dengan menggunakan Canon Print Inkjet. Aplikasi yang satu ini hanya dapat digunakan untuk printer merk Canon. Caranya, Anda pasang aplikasi tersebut terlebih dahulu di android.

Kemudian, sambungkan hp dengan printer melalui jaringan WiFi. Setelah hp dan printer terhubung dengan benar, buka dokumen yang akan diprint. Pastikan dokumen tersebut sudah benar tata letaknya melalui halaman pratinjau.

Jika tata letak sudah benar, tandanya dokumen siap untuk dicetak. Untuk mencetak, tekan tombol print/cetak. Printer akan menyetak dokumen Anda. Tunggu sampai proses ini selesai dilakukan, kemudian cek lagi dokumen Anda.

Nah itulah cara ngeprint lewat Android via wifi. Sangat mudah sekali bukan? Sekarang kamu bisa langsung print tugas dari hp melalui jaringan wifi. Selamat mencoba!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular