SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, September 25, 2023
spot_imgspot_img
HomeTeknoCara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10, Mudah Banget!

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10, Mudah Banget!

Windows 10, sistem operasi yang sering digunakan di seluruh dunia, dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengoptimalkan penggunaan perangkat. Salah satu fitur yang bisa sangat berguna adalah opsi hibernate atau hibernasi.

Hibernasi memungkinkan Anda untuk menyimpan sesi kerja dan mematikan komputer secara sementara. Tenang saja, disaat mode hibernasi aktif, data Anda akan tetap aman. Selain itu, mode ini bisa membantu Anda menghemat energi dalam penggunaan yang pintar. Dalam artikel ini akan MediaGo berikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengaktifkan opsi hibernate di Windows 10.

Apa Itu Opsi Hibernasi?

Sebelum lanjut, yuk ketahui secara singkat terlebih dahulu apa itu opsi hibernate? Hibernasi adalah salah satu metode yang efektif untuk meminimalkan konsumsi energi pada komputer Anda. Dalam mode hibernasi, sistem Anda akan menyimpan semua informasi dan data sesi kerja saat ini ke dalam file hibernasi di hard drive, dan kemudian mematikan komputer sepenuhnya.

Hal ini berarti Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda dari titik terakhir saat menghidupkan kembali komputer, sambil menghemat daya baterai atau energi listrik. Sangat bermanfaat, kan fitur yang satu ini?

Langkah-langkah Mengaktifkan Opsi Hibernasi di Windows 10

hibernate
Ilustrasi Fitur Hibernate Sudah Aktif

Dilansir dari Thelastsurvivors berikut ini langkah untuk mengaktifkan fitur hibernasi di Windows 10 yang bisa Anda praktekan langsung. Silahkan ikuti dengan benar:

  1. Buka Pengaturan: Klik ikon “Start” atau tekan tombol “Windows” pada keyboard, lalu pilih “Pengaturan” (ikon gigi).
  2. Pilih Opsi Sistem: Di jendela Pengaturan, cari dan klik opsi “Sistem.”
  3. Pilih Daya & Tidur: Pada panel kiri, klik “Daya & Tidur.”
  4. Pengaturan Daya Tambahan: Di bagian kanan jendela, Anda akan menemukan opsi “Pengaturan daya tambahan.” Klik pada “Pengaturan daya tambahan.”
  5. Pilih Tombol Daya: Di jendela baru, klik pada “Pilih apa yang dilakukan tombol daya.”
  6. Ubah Pengaturan yang Tidak Tersedia Saat Ini: Pada jendela berikutnya, Anda mungkin akan menemukan opsi yang tidak aktif. Klik pada tautan “Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.”
  7. Aktifkan Opsi Hibernasi: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Hidupkan tidur” dan “Hidupkan hibernasi.” Centang kotak “Hidupkan hibernasi.”
  8. Simpan Perubahan: Jangan lupa untuk mengklik tombol “Simpan perubahan” di bagian bawah jendela.

Menggunakan Opsi Hibernasi

Sekarang, setelah Anda mengaktifkan opsi hibernasi, Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Saat ingin menyimpan sesi kerja Anda dan mematikan komputer, cukup tekan tombol “Alt” + “F4” secara bersamaan. Dalam kotak dialog “Tutup Windows,” pilih “Hibernasi” dari menu drop-down di bawah opsi “Tutup.”

Mengaktifkan opsi hibernasi di Windows 10 adalah langkah cerdas untuk mengoptimalkan penggunaan energi Anda. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini dan mulai menghemat daya baterai atau energi listrik. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tidak hanya berkontribusi pada perlindungan lingkungan, tetapi juga memperpanjang masa pakai perangkat Anda.

Dengan mengaktifkan opsi hibernasi di Windows 10, Anda dapat memanfaatkan teknologi canggih untuk mengatur dan mengelola penggunaan daya Anda dengan bijak. Jadi, tidak perlu ragu untuk mengikuti langkah-langkah di atas dan mulai merasakan manfaatnya dalam penggunaan sehari-hari Anda.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular