Sunday, November 27, 2022
HomeTeknoRazer Luncurkan Restorify, Solusi Pemeriksa Bebas Bahan Bakar Karbon

Razer Luncurkan Restorify, Solusi Pemeriksa Bebas Bahan Bakar Karbon

MediaGoRazer mengumumkan Restorify, sebuah servis e-commerce yang dirilis oleh Razer Fintech, divisi teknologi finansial Razer. Restorify merupakan pemeriksa bebas bahan bakar karbon yang dapat dilacak dan telah diluncurkan pada COP27, Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim ke-27.

Pengimbangan karbon berpotensi menjadi salah satu intervensi efektif yang digunakan untuk menurunkan emisi karbon di atmosfer. Namun, kredit karbon biasanya dinyatakan dalam metrik ton, yang tidak mudah dibagi.

Dalam ukuran tersebut, kredit karbon tidak dapat langsung dibuang dalam mengimbangi pembelian sehari-hari. Razer menjalani tantangan ini dengan Restorify, dan sedang berusaha untuk mendukung visi OECD dalam mencapai $147 per ton pada tahun 2023 jika Dunia berharap untuk mencapai emisi nol pada tahun 2050.

Tujuan utama Restorify adalah untuk mempromosikan lebih banyak transparansi dan akuntabilitas di pasar karbon dan untuk membuat bisnis lebih mudah dalam mengimbangi emisi serta mengajak para konsumen untuk menjadi bagian dari solusi.

Razer telah bekerja dengan tujuan nol emisi pada tahun 2023 dan memprioritaskan pengurangan emisi serta daur ulang dalam perjalanan dekarbonisasi nya. Perusahaan telah mengadopsi ‘Life Cycle Thinking’, yang berarti mengikuti praktik terbaik dalam mengurangi emisi di seluruh tahapan penting dalam pembuatan produk, dari sumber mineral hingga manufaktur, transportasi hingga akhir masa pakai.

“Pendekatan yang terjadi pada siklus hidup mengizinkan kami untuk mengembangkan intervensi yang mendorong pada pengurangan emisi, namun karbon akan selalu memiliki peran dalam proses transisi untuk menjadi net zero,” kata Min-Liang Tan, Co-founder dan CEO Razer.

“Dalam perjalanan menuju net zero, kami telah menyadari bahwa ada kesulitan yang terjadi dan tidak semua kredit karbon setara. Dengan Restorify, kami berharap pendekatan terbaru terhadap kredit karbon akan mendorong akuntabilitas dan transparansi yang lebih besar dalam penyeimbangan karbon,” tambah Min-Liang Tan.

Restorify merupakan pemeriksa bebas bahan bakar karbon yang dapat dilacak.
Razer Restorify merupakan pemeriksa bebas bahan bakar karbon yang dapat dilacak.

Restorify untuk Konsumen

Restory fraksionalisasi kredit karbon dalam proses penggantiannya memiliki tujuan agar bisa tersedia dalam denominasi yang lebih kecil, mengajak konsumen untuk membuat penyeimbangan sebagai bagian dari kehidupan mereka.

Restorify bertujuan untuk membangun kembali kepercayaan seputar penyeimbangan karbon dengan mengijinkan penyeimbangan yang dapat dilacak dengan efek dekarbonisasi yang direalisasikan untuk digunakan oleh konsumen.

Dengan kata lain, ketika beberapa pesaing berjanji untuk mengimbangi emisi di masa depan, dengan Restorify, konsumen dapat yakin bahwa emisi yang berkaitan dengan pembelian mereka telah diimbangi.

Razer telah memulai untuk menyusun beragam portofolio tentang kredit karbon yang sejalan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan UN’s. Untuk melakukannya, Razer menggandeng mitra seperti penyedia solusi energi terkemuka, GoNetZero dan juga ESGpedia, yang dapat mengumpulkan data kredit karbon berkualitas tinggi yang dapat dilacak dari awal hingga akhir, serta platform komputasi cloud, Amazon Web Services (AWS).

Keranjang belanjayang dapat dilacak juga disediakan oleh Restorify untuk membiasakan konsumen dalam melihat jejak bahan bakar karbon suatu produk, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat. Selain itu, saat belanja, mereka juga akan diminta untuk menyeimbangkan produk yang mereka beli dengan kredit karbon yang telah pensiun dari pendaftar karbon terverifikasi.

Setelah membeli kredit karbon, konsumen akan mendapatkan sebuah sertifikat dengan detail jumlah emisi karbon yang sudah diseimbangkan dengan pembelian mereka, proyek seperti apa yang didukung oleh kredit pensiun serta pada negara mana, sampai ke standar sertifikasinya.

Transaksi fraksional individu ini dicatat secara digital ke registry ESGpedia dimana konsumen dapat melacak upaya offset karbon mereka. Tingkat transparansi ini sangat kurang di pasar offset karbon konsumen saat ini. Proyek yang sedang berjalan juga dapat dipantau dan dilaporkan secara reguler untuk verifikasi serta memastikan konsumen tentang integritas kredit karbon.

Razer Luncurkan Restorify.
Restorify, sebuah servis e-commerce yang dirilis oleh Razer Fintech, divisi teknologi finansial Razer.

Restorify untuk Bisnis

Razer percaya bahwa sebuah brand memiliki tanggung jawab untuk transparan dengan konsumennya terkait jejak karbon pada produknya sehingga para pembeli dapat menjalankan konsumerisme yang bertanggung jawab.

Itulah mengapa Restorify menerapkan kalkulator emisi produk massal yang dapat membantu bisnis untuk menghitung jejak karbon mereka berdasarkan emisi produk dalam siklus hidup. Dorongan untuk layanan ini muncul dari kesadaran bahwa beberapa bisnis tidak memiliki sarana untuk menghitung jejak karbon produk mereka dan Razer ingin menyediakannya.

Restorify juga akan mengajak dan menyediakan bisnis dengan sebuah jalan untuk mengevaluasi dampak pada lingkungan dari produk mereka melalui Sertifikasi ECOLOGO, Sertifikasi Deklarasi Produk yang aman untuk lingkungan, atau Verifikasi Jejak Karbon dalam Produk melalui mitra ecolabel Razer, pemimpin ilmu keselamatan global, UL Solutions.

Lalu, Razer akan bekerja dengan berbagai mitra dari pabriknya termasuk lebih dari 50.000 pedagang dibawah jaringan Razer Fintech untuk mendukung transisi mereka ke net zero. AWS juga akan mendukung Razer untuk membuat Restorify tersedia pada lebih dari 100.000 mitra dari 150 negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular