You are here
Home > Travel >

5 Tempat Wisata Angker di Jawa Timur, Berani Datang?

lokasi angker

MediaGo – Jawa timur memang terkenal memiliki banyak mitos dan lokasi angker. Bahkan sempat viral beberapa waktu lalu kisah menyeramkan tentang mahasiswa yang KKN di Desa Penari, Jawa Timur. Walaupun tempatnya di rahasiakan, namun banyak yang meyakini itu terjadi di Banyuwangi.

Bukan hanya Banyuwangi yang memiliki lokasi angker, kota lain di Jawa timur juga punya kisahnya masing-masing. Untuk kamu yang berani, Berikut empat tempat wisata angker di Jawa Timur yang kami rangkum dari berbagai sumber. Cekidot!

1. Alas Purwo

alas purwo
Sumber : Suara.com

Tempat wisata angker di Jawa timur yang pertama adalah Alas Purwo. Lokasinya yang berada di kota Banyuwangi, Alas Purwo merupakan sebuah hutan cagar alam yang berfungsi sebagai hutan lindung untuk hewan dan tumbuhan di dalamnya..

Selain sekarang sebagai hutan lindung, Alas Purwo sendiri memiliki kisah mistis bahwa tempat tersebut adalah tempat berkumpulnya para jin. Bahkan beberapa paranormal meyakini bahwa disana terdapat kerajaan jin.

Banyak penduduk sekitar yang sering melihat sosok penampakan mengerikan, seperti jin, kuntilanak dan genderuwo ketika melintas disana.

2. Alas Lali Jiwo

alas lali jiwo 1
Sumber : Liputan 6

Alas Lali Jiwo atau jika di bahasa Indonesia kan “hutan lupa diri” berada di wilayah Gunung Arjuna, Malang, Jawa timur. Letaknya yang berada di lokasi sebuah gunung digunakan untuk wisata pendakian, tentu alas ini sangat familiar bagi para pendaki gunung.

Sudah sering mendengar kabar tentang hilangnya pendaki di suatu gunung bahkan cerita-cerita mistis ketika seseorang mendaki gunung. Alas Lali Jiwo ini juga punya kisah mistisnya tersendiri, seperti para pendaki yang tersesat atau hanya berputar-putar di lokasi yang sama.

3. Alas Ketonggo

alas ketonggo
Sumber : Ngawi Daily

Kalau di Banyuwangi ada Alas Purwo, di Ngawi ada Alas Ketonggo atau yang kadang disebut dengan Alas Srigati. Alas Ketonggo diyakini sebagai petilasan Raja Brawijaya. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat untuk sejumlah ritual.

Baca Juga:  Staycation di Masa PPKM, Santika Premiere Bintaro Hadirkan Promo SafeCation

Berlokasi tidak jauh dari pusat Kota Ngawi, Alas Ketonggo pada saat gelaran pemilu terkadang menjadi tempat untuk ritual para calon legislatif. Ritual tersebut dilakukan dengan cara mandi di aliran sungai yang berada di lokasi tersebut.

4. Rowo Bayu

rowo bayu
Sumber : Popbela

Sebuah tempat petilasan dan tempat digunakan untuk ritual, tentu menyimpan kisah mistis tersendiri. 

Di mana dibuktikan oleh orang-orang yang datang ke tempat tersebut, untuk melakukan sebuah ritual. Tempat ini diyakini masyarakat sebagai tempat favorit semedi Prabu Tawang Alun pada masa lalu.

Meski sekarang, Rowo Bayu digunakan untuk wisata dan terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Tidak jarang pengunjung yang datang dengan melakukan spiritual di sekitar petilasan Prabu Tawang Alun.

5. Pantai Ngliyep

pantai ngliyep
Sumber : GRID

Pantai Ngliyep, Malang memiliki hamparan pasir putih serta pemandangan alam yang elok. Dikelilingi oleh pepohonan rindang, keberadaan pantai ini dekat dengan Gunung Kumbang. 

Kamu pasti tidak asing lagi dengan sosok Nyi Roro Kidul. Menurut cerita yang tersebar, Nyi Roro Kidul suka mendatangi Gunung Kumbang. Pantai ini masih dijadikan tempat untuk melakukan upacara ritual berbau mistis.

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top