You are here
Home > Bisnis >

10 Perusahaan Ritel Terbesar di Asia Tenggara, Nomor Satu Indonesia!

perusahaan ritel terbesar di asia tenggara

MediaGo – Perusahaan riset pasar global asal London, Euromonitor International kembali merilis Top 100 Retailers in Southeast Asia 2020. Dalam laporan terbarunya itu, terdapat 3 dari 10 perusahaan ritel terbesar se asia tenggara berasal dari Indonesia.

Sebagai informasi, Perusahaan ritel atau pengecer adalah perusahaan yang menjual produk secara langsung ke konsumen atau biasa kita dengar dengan istilah B2C (business to consumer). 

Deretan Perusahaan Ritel Terbesar di Asia Tenggara

Dilansir dari Euromonitor International, MediaGo telah mengumpulkan deretan perusahaan ritel terbesar di Asia Tenggara. Berikut selengkapnya!

1. Perusahaan ritel asal Indonesia, Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama perusahaan ritel terbesar di Asia tenggara dengan pangsa pasar mencapai USD 6.465 juta.

tokopedia 1
Sumber : Kompas

2. Diposisi kedua ada perusahaan SM Retail dari Filipina yang berhasil meraih pangsa pasar mencapai USD 6.447 juta.

Sm Retail
Sumber : philretailers.com

3. Perusahaan ritel utama di Thailand, Central Group, menempati peringkat ketiga perusahaan ritel terbesar di Asia tenggara dengan pangsa pasar mencapai USD 6.149 juta.

central group
Sumber : Inside Retail Asia

4. Balik lagi ke Indonesia, Salim Group berada di posisi keempat dengan meraih pangsa pasar USD 5.655 juta.

salim group
Sumber : Kargoku.id

5. Alfamart, tokonya yang tersebar di seluruh Indonesia itu berhasil masuk ke dalam daftar dengan raihan pangsa pasar mencapai USD 5.636 juta.

Alfamart

6. Peringkat keenam diisi oleh satu-satunya perusahan ritel Vietnam, Thegioididong. Perusahaan ini berhasil mencatat pangsa pasar senilai USD 5.554 juta.

Thegioididong
Sumber : Thegioididong

7. Sea LTD dari Singapura berada di posisi ketujuh perusahaan ritel terbesar di Asia Tenggara. perusahaan induk dari Shopee ini mampu mencatat pangsa pasar sebesar USD 4.366 juta.

Sea ltd
Sumber : DealStreetAsia

8. Big C merupakan perusahaan ritel Thailand lainnya yang masuk dalam daftar. Mengisi peringkat kedelapan, perusahaan ini berhasil meraih pangsa pasar sebesar USD 3.955 juta.

Big C
Sumber : Retail News From Asia

9. Robinson menjadi perusahaan ritel asal Filipina selanjutnya yang menempati posisi kesembilan dengan raihan pangsa pasar USD sebesar 3.081 juta.

Robinson
Sumber : Rappler

10. Masih dari Filipina, Puregold menjadi perusahaan ritel terakhir yang masuk dalam daftar. Diketahui Puregold meraih pangsa pasar sebesar USD 3.046 juta tahun 2020.

Puregold
Sumber : Rappler

Nah itulah daftar sepuluh perusahaan ritel terbesar se-asia tenggara untuk tahun ini dari Euromonitor International, Semoga bermanfaat!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top