You are here
Home > Bisnis >

5 Tips Memulai Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

tips memulai bisnis kuliner di masa pandemi

MediaGo – Banyak orang yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha di masa pandemi seperti sekarang ini, Salah satunya usaha kuliner. Jika kamu juga ingin memulai bisnis kuliner, yuk perhatikan terlebih dahulu beberapa tips berikut ini agar usahamu bisa bersaing.

Bisnis kuliner memang terdengar cukup menjanjikanm. Namun, ada banyak hal yang harus diperhitungkan jika ingin memulai usaha kuliner dimasa pandemi ini. Merangkum dari mysooltan.co.id, setidaknya ada lima hal yang harus kamu perhatikan. Berikut diantaranya:

1. Lakukan Sistem Pre-Order

pre order
Ilustrasi pre-order / konsultanku.co.id

Sistem pre-order pada bisnis kuliner sangat membantu bagi kamu yang baru terjun ke bisnis ini. Sistem pre-order memungkinkan kamu untuk menjaga jumlah makanan atau minuman yang kamu buat sesuai dengan jumlah pesanan yang kamu terima.

Sistem ini dinilai cukup efektif untuk meminimalisir kerugian apabila kamu masih ragu-ragu saat memulai bisnis kuliner. Oleh sebab itu sistem pre-order sangat disarankan sekali untuk kamu yang masih coba-coba bisnis kuliner.

2. Perkuat Digital Marketing

marketing pemasaran
ilustrasi digital marketing / ocbcnisp.com

Tidak dipungkiri sosial media saat ini memiliki peranan kuat dalam memasarkan produk, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan memperkuat digital marketing, khususnya sosial media marketing dapat membantu kamu untuk memasarkan bisnis kuliner kamu ke khalayak namun tetap minim budget.

3. Buat promo menarik

donut
ilustrasi donat / detik.com

Siapa sih yang gak suka promo? Terlebih dimasa sulit ini, pasti banyak orang yang mau membeli makanan enak tapi harga bersahabat. Untuk itu kamu bisa membuat promo. Misalnya beli dua gratis satu untuk menarik para pelanggan baru. Jika sudah berjalan, kamu juga bisa membuat promo lainnya seperti order minimal sekian ribu bisa dapet gratis hadiah cashback.

4. Perhatikan Kemasan Delivery

perhatikan kemasan
ilustrasi makanan dalam kemasan / GoBiz

Jika kamu melakukan bisnis kuliner melalui sosial media, bisnis kuliner yang kamu tawarkan pastinya menggunakan sistem delivery. Saat melakukan delivery produk ke pelanggan kamu harus memperhatikan setiap aspek penunjang seperti kemasan.

Gunakanlah kemasan yang efektif dan food-friendly agar makanan atau minuman yang kamu kirimkan ke konsumen tetap dalam keadaan baik dan aman.

5. Buat Varian Menu Sehat

tips memulai bisnis kuliner di masa pandemi
ilustrasi makanan / detik.com

Di era Covid-19, orang-orang akan lebih selektif dengan makanan atau minuman apa yang akan masuk ke dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan variasi makanan dengan menu yang lebih sehat agar konsumen semakin tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Nah, itu dia lima tips yang bisa kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis kuliner di masa pandemi. Perlu diingat juga, memulai bisnis itu diperlukan keseriusan agar bisnis kamu tetap sustain di masa mendatang. Semoga bermanfaat!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top