You are here
Home > Kesehatan >

Jarang Diketahui Banyak Orang, Ini 6 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan

manfaat jeruk purut

MediaGo – Jeruk purut merupakan buah yang jarang dikonsumsi banyak orang karena memiliki rasa yang begitu asam. Padahal buah yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Berikut deretan manfaat jeruk purut untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

Buah yang mudah ditemukan ini mengandung banyak nutrisi baik didalamnya, merangkum dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat jeruk purut untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti jenis lainnya, jeruk purut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. akibat kandungan vitamin C dan citronellol yang berperan sebagai senyawa bioaktif dengan sifat antioksidan.

Kandungan tersebut bekerja melawan radikal bebas dan bakteri, sehingga akan melindungimu dari berbagai penyakit. Bagi kamu yang sedang sakit pun dapat mempercepat penyembuhannya.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jeruk purut juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan berkat kandungan nerol, citronellol, dan limonene yang bersifat antiinflamasi. Semua senyawa ini akan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung serta sembelit.

Kemudian, ada kandungan serat yang juga mampu membantu mengendalikan gerakan usus. Dengan begitu, kamu bisa buang air besar lebih lancar serta terhindar dari diare.

3. Stabilkan Tekanan Darah dan Lindungi Jantung

manfaat jeruk nipis
Sumber : liputan 6

Menurut berbagai studi, vitamin C yang terkandung pada jeruk purut dapat membantu mengurangi tekanan darah. Kadarnya yang tinggi diketahui sebagai salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, terdapat kandungan kalium dan flavonoid yang mampu melindungi tubuh dari risiko stroke. Dengan kata lain, jeruk purut akan menjaga pembuluh darah serta jantung sehingga menjadi lebih sehat.

4. Menjaga Kesehatan Sendi

Antiinflamasi yang dimiliki jeruk purut diketahui mampu menjaga kesehatan sendi. Ekstrak buah ini dapat dioleskan pada tubuh yang terkena radang sendi untuk mengurangi nyeri. Mengonsumsinya dalam bentuk jus juga dipercaya bisa mengurangi masalah tersebut

5. Memelihara Kesehatan Mulut dan Kulit

Semua bagian jeruk purut (kulit, daun, dan daging buah) dapat membantu meningkatkan kesehatan mulutmu. Manfaat ini diperoleh dari sifat antibakteri yang membuatnya mampu mengurangi bakteri serta mencegahnya dari infeksi, sehingga mulut menjadi lebih bersih.

Selain itu, ada senyawa antioksidan pada jeruk purut yang mampu melindungi kulit dari masalah akibat radikal bebas. Di antaranya, menghambat kerusakan sel serta melawan gejala penuaan dini yang meliputi keriput, bintik hitam, dan kendur. Ekstrak buah ini diketahui sering dipakai sebagai bahan produk perawatan.

6. Meredakan Stres

Tiap orang pasti pernah mengalami stres karena harus berhadapan dengan beberapa hal yang dianggap masalah dalam hidup. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan jeruk purut yang dijadikan minyak esensial.

Penggunaan minyak esensial jeruk purut sudah terbukti ampuh dalam membantu meredakan stres, kecemasan berlebih, hingga depresi.

Dengan begitu, pikiran menjadi lebih jernih dan tenang. Wewangian ini juga bisa memberikan aroma segar pada seluruh isi ruangan di rumahmu.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top