You are here
Home > Bisnis >

7 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Rekomendasi ide usaha untuk ibu rumah tangga

MediaGo – Selain mengurus rumah, ibu rumah tangga juga bisa melakukan usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Ada banyak ide usaha untuk ibu rumah tangga yang cukup mudah dan pasti menguntungkan.

Selain mudah dan menguntungkan, beberapa ide usaha untuk para ibu dirumah ini juga tidak perlu membutuhkan banyak modal dan bisa dilakukan dirumah saja.

Penasaran usaha apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga? Merangkum dari berbagai sumber, Berikut ini 7 Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang menguntungkan.

Rekomendasi Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Moms dirumah bisa menocba rekomendasi usaha sampingan dibawah ini. Mulai dari usaha di bidang kuliner, fashion, hingga jasa bisa moms coba. Berikut ulasan selengkapnya!

1. Jual Aneka Jenis Kue

Kue Kering 1
Sumber : MNEWS.co.id

Untuk moms yang hobi bikin kue, moms bisa nih menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan. Kue yang dijual dapat berupa kue kering, kue tradisional, bolu, hingga kue-kue kekinian yang sedang ramai dipasaran.

Selain bisa dilakukan dirumah, modal untuk melakukan bisnis kue ini juga tidak besar. Moms juga bisa melakukan sistem pre-order untuk menghindari risiko kerugian.

Moms bisa mulai memasarkannya ke orang terdekat terlebih dahulu seperti tetangga, teman anak di sekolah, atau teman kantor suami.

2. Usaha Katering Rumahan

bisnis katering
Sumber: Oyimedia.com

Selain kue, usaha katering rumahan juga cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Usaha kuliner satu ini sangat menjanjikan keuntungan besar, sebab kebutuhan akan masakan rumah harian cukup tinggi, terutama bagi pekerja kantoran.

Selain pekerja kantoran, katering juga diperlukan pada acara tertentu seperti pengajian, lamaran, pernikahan, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Makanan Beku (Frozen Food)

Frozen food
Sumber : WordPress

Ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah berjualan frozen food atau makanan beku. Jenis makanan satu ini juga permintaannya cukup tinggi. Makanan beku biasanya dibutuhkan sebagai stok makanan praktis di rumah yang awet disimpan lama di dalam kulkas.

Jenis makanan beku yang dapat dijual oleh ibu rumah tangga antara lain seperti naget, sosis, bakso, daging sapi dan ayam beku, ikan dan seafood, dimsum, kentang, dab otak-otak.

Untuk target pasarnya, moms bisa menawarkan ke ibu teman anak di sekolah ataupun tetangga.

4. Dropshipper

Jenis usaha yang satu ini tidak perlu membutuhkan modal banyak namun bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Moms bisa mencoba jadi seorang dropshipper yang tugasnya hanya mempromosikan produk orang lain sampai laku, tanpa memikirkan modal produksi. Ada pun produk yang dapat dijual kembali oleh ibu rumah tangga dapat berupa pakaian, skincare, makeup, camilan, dan lain sebagainya.

5. Jual Pakaian Wanita

jual pakaiam
Sumber : DailySocial

Ibu rumah tangga juga bisa menjalani usaha sampingan di bidang fashion dengan menjual pakaian wanita. Mulai dari daster, dress, tunik, kaos hingga hijab. Jika berniat menjalani usaha secara serius, dapat mendirikan brand dengan ciri khas dan karakter tersendiri.

Usaha satu ini dapat menyasar relasi terdekat sebagai permulaan untuk menjadi target pasarnya. Selain itu, ibu rumah tangga juga dapat memperluas pasarnya dengan berjualan secara online melalui media sosial dan e-commerce.

6. Pulsa dan Token Listrik

Selanjutnya, usaha sampingan yang cukup simpel dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga adalah menjual pulsa dan token listrik. Pulsa dan token listrik menjadi kebutuhan sehari-sehari masyarakat saat ini, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

7. Hampers

hampers
Sumber : berkeluarga.id

Beralih dari usaha di bidang kuliner, ibu rumah tangga juga dapat menjalankan usaha di bidang keterampilan tangan seperti hampers atau bingkisan. Permintaan akan hampers atau bingkisan biasanya tinggi saat perayaan besar seperti hari besar keagamaan.

Selain itu, biasanya hampers atau bingkisan juga dibutuhkan untuk keperluan perayaan khusus seperti ulang tahun, pernikahan dan masih banyak lagi lainnya.

Nah itulah 7 ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi tunggu apalagi moms, yuk buruan coba sekarang juga! Semoga bermanfaat

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top