You are here
Home > Bisnis >

Begini Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional
Bagikan

MediaGo – Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional atau disingkat Harpelnas. Ide munculnya Hari Pelanggan Nasional ini dicetuskan oleh Handi Irawan pada tahun 2003.

Handi Irawan adalah seorang pengusaha asal Solo dan pakar pemasaran di Frontier Consulting Group. Idenya mengenai Hari Pelanggan Nasional kemudian diterima oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Logo Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional memiliki logo atau maskot khusus. Logo yang digunakan adalah logo yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau. Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan.

Logo Hari Pelanggan Indonesia 2020
Gambar: Doc. haripelanggan.com

Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Pentingnya Momen Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional merupakan momen penting untuk mendedikasikan diri dalam mendorong semangat perusahaan dan seluruh frontliner dalam memberi pelayanan yang istimewa kepada pelanggan.

Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim. Harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan.

Melayani pelanggan barangkali sudah menjadi kewajiban di banyak perusahaan. Namun mencoba memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan mungkin belum berhasil diwujudkan. Oleh karena itu Harpelnas dapat menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Hari Pelanggan ini bukan milik Frontier, perusahaan swasta ataupun BUMN, melainkan milik nasional. Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari HarPelNas, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia.

Baca Juga:  Coating Sulap Cat Mobil Makin Mengilap

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top