Sunday, November 27, 2022
HomeBisnisMelihat Peluang dan Tantangan Industri Event di Masa Depan

Melihat Peluang dan Tantangan Industri Event di Masa Depan

MediaGo – Di luar aneka tantangan terkini penyelenggaraan event, industri event di Tanah Air berpeluang untuk terus tumbuh dan semakin berkembang. Hal ini, tercermin dari kian maraknya penyelenggaraan acara-acara tingkat internasional di Indonesia sepanjang 2022.

“Di tahun depan juga kita akan menyelenggarakan berbagai acara tingkat internasional yang membuat posisi Indonesia akan semakin diperhitungkan sebagai negara tujuan event,” kata Manager Program S1 Event Universitas Prasetiya Mulya Hanesman Alkhair, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Menaker Janji UMP 2023 Naik Lebih Tinggi, Jadi Berapa?

Sektor event yang menurut Hanes potensial untuk digarap para pelaku industri pada tahun depan adalah acara-acara yang berkaitan dengan olah raga, seperti sports events dan sports tourism; meeting, incentive convention, and exhibition (MICE), serta festival musik.

“Khusus untuk festival musik, penyelenggara event kini harus mampu menggali konsep baru yang bisa memberikan pengalaman lengkap kepada pengunjung. Sektor ini juga sangat potensial untuk dikembangkan dan berevolusi menjadi acara yang lebih dari sekadar festival musik,” jelasnya.

Penyelenggara event kini harus mampu menggali konsep baru yang bisa memberikan pengalaman lengkap kepada pengunjung.
Penyelenggara event kini harus mampu menggali konsep baru yang bisa memberikan pengalaman lengkap kepada pengunjung.

Namun, demi menjaga iklim industri event tetap kondusif, dan menjamin agar penyelenggaraan berbagai event bisa lebih aman dan nyaman, perlu ada semacam langkah bersama yang dilakukan kalangan akademis, praktisi dari kalangan industri, aparat keamanan, hingga pemerintah daerah.

Hanes menambahkan, para stakeholders perlu menyesuaikan berbagai aspek dalam penyelenggaraan acara, terutama soal manajemen massa, tren, preferensi, dan behavior masyarakat selepas pandemi.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Seluruh Wilayah RI Level 1

“Perlu ada dialog bersama untuk menyusun pendekatan baru penyelenggaraan event di Indonesia. Karena, potensi industri ini sangat besar, market-nya juga belum tergarap maksimal. Sehingga perlu ada pembaruan dalam penyelenggaraan event di Indonesia, agar industri ini bisa terus tumbuh dan semakin maju,” ucap Hanes.

“Belakangan kami tengah mengembangkan konsep immersive experience dalam sebuah event, di mana pengunjung bisa mendapatkan pengalaman lengkap sejak awal hingga mereka meninggalkan lokasi acara. Tentu di dalamnya juga dibahas mengenai konsep keamanan dan kenyamanan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular