SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup5 Amalan Terbaik di Bulan Suci Ramadhan, Yuk Persiapkan Diri!

5 Amalan Terbaik di Bulan Suci Ramadhan, Yuk Persiapkan Diri!

MediaGoRamadhan menjadi bulan yang paling di tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Tahukah kamu, ada beberapa amalan terbaik yang bisa meningkatkan taqwa kepada Allah SWT di bulan suci ini.

Sebenarnya amalan-amalan yang dilakukan menjelang Ramadhan ini selalu dijalani umat Muslim dj seluruh dunia, namun menjelang Ramadhan amalan-amalan tersebut lebih aktifi dilakukan karena dianggap memiliki banyak keutamaan.

Amalan apa saja itu? Dikutip dari laman Detik.com, berikut 5 amalan terbaik menyambut bulan ramadhan.

1. Puasa Sunnah di Bulan Syaban

puasa sunah
Sumber : muslim.or.id

Semakin banyak umat Muslim melaksanakan puasa sunnah, maka semakin lebar pintu surga baginya.

Nabi Muhammad Saw menganjurkan umat Muslim memperbanyak puasa, selain daripada puasa wajib seperti qadha ataupun nazar. Amalan berpuasa menjelang Ramadan ini menjadi salah satu yang paling besar pengaruhnya.

“Antara lain bisa memudahkan orang masuk surga banyak puasanya. Kenapa, karena kalau orang berpuasa mulut dipelihara, mata, segala-galanya anggota badan itu dicegah untuk melakukan hal negatif”.

2. Bersedekah Kepada Siapa Saja

sedekah
Sumber : merdeka.com

Bersedekah merupakan amalan menyambut puasa yang juga dianjurkan. Semakin banyak bersedekah maka harta yang dimiliki akan lebih dijaga oleh Allah Swt.

Sebagaimana dikatakan Nabi Muhammad Saw, bersedekah dapat membentengi diri. AGH Najamuddin menyebut harta di dunia dan di akhirat jauh lebih terjaga dengan bersedekah, termasuk menjaga diri dari segala macam penyakit.

“Jadi kalau kita mau dijaga Allah kita punya harta, rajin mengeluarkan zakatnya. Memberi banyak sedekah itu menjaga kita dari macam penyakit”.

3. Berzikir Setiap Saat

dzikir
Sumber : Media Indonesia

Berzikir adalah amalan berikutnya yang dianjurkan dilakukan setiap saat. Dengan berzikir juga bisa membuat kita terhindar dari segala mara bahaya.

“Tuhan suruh kita zikir baik dalam keadaan jalan, keadaan berdiri. Kalau bisa tidak pernah kita putus berzikir. Luar biasa itu (amalannya),” ucap AGH Najamuddin.

“Karena yang diganggu setan itu orang yang tidak berzikir. Selalu orang mengingat kepada Allah, setan tidak akan mengganggu orang itu,” imbuhnya.

4. Menjalin Silaturahim

menjalin silaturahim
Sumber : tempo.co

Menjalin silaturahim termasuk yang baik dilakukan dalam amalan menyambut Ramadan. Pahalanya juga sangat besar. Dengan memperbanyak silaturahim dapat memperpanjang umur dan memudahkan rezeki.

“Biasanya orang kalau mau masuk bulan puasa pergi silaturahmi dengan keluarga terutama pada orang tua,” kata AGH Najamuddin.

Silaturahim ini juga termasuk dengan berziarah kubur. Nabi Muhammad Saw menganjurkan itu dilakukan. Walaupun pada awal-awal Islam Rasulullah melarangnya.

“Sekarang sudah bagus makanya dianjurkan ziarah kubur. Karena di samping mendoakan juga mengingatkan kita bahwa nanti suatu saat akan masuk ke situ,” jelasnya.

5. Perbanyak Salat Sunnah

shalat
Sumber : nu.or.id

Amalan menyambut Ramadan lainnya adalah dengan memperbanyak salat sunnah. Sebagaimana dilakukan Imam Ahmad bin Hanbal yang salat sunnahnya bisa mencapai 300 rakaat dalam sehari semalam.

Salat sunnah sama seperti hari-hari biasa. Yang jelas bahwa Imam Ahmad bin Hanbal waktu hidupnya itu salat sunnahnya dalam satu hari semalam 300 rakaat. Jadi salat sunnah itu bagus sekali kita laksanakan,” jelas AGH Najamuddin.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular