You are here
Home > Gaya Hidup >

5 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum’at, Diampuni Segala Dosa!

Keutamaan surat Al-kahfi

MediaGo, Keutamaan surat Al-Kahfi Hari jumat merupakan hari yang paling istimewa bagi umat Islam dan sering dikatakan sebagai hari penuh berkah. Oleh karena itu, dihari yang sangat luar biasa ini kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan baik dan beribadah kepada Allah SWT agar bisa mendapatkan keberkahan tersebut, salah satunya membaca surat Al Kahfi.

Membaca surat Al Kahfi sudah menjadi tradisi bagi umat Islam menjelang hari jumat tiba. Biasanya akan dimulai dari kamis malam hingga malam sabtu, mengisi waktu luang dengan membaca ayat suci Al-Qur’an.

Fadillah atau Keutamaan Membaca Surat Al-kahfi

surat alkahfu
Sumber : kumparan.com

Ada banyak fadillah atau Keutamaan dari membaca surat Al Kahfi. Merangkum dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Diampuni dosanya oleh Allah SWT

Keutamaan surat Al Kahfi yang pertama adalah Allah SWT akan mengampuni segala dosa bagi orang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dari Abdullah bin Umar yang artinya, “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit.

Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Keutamaan surat Al Kahfi selanjutnya ialah akan mudah mendapatkan ridha Allah SWT serta keberkahan bagi dirinya dihari tersebut.

Sebagaimana dalam hadist riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Disinari Cahaya Kebaikan

Umat Islam yang membaca surat Al Kahfi di hari jumat juga akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari oleh cahaya kebaikan. Selain itu, diberkahi juga dengan syafaat di hari pembalasan sebagaimana keutamaan membaca surat Ar-Rahman.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (Qs. Al-Hadid: 12).

4. Dijaga dari gangguan setan

Seperti yang kita ketahui, salah satu upaya umat islam untuk menghindari godaan setan adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon perlindungan-Nya.

Berdasarkan hadis oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah, maka rumah itu tak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

5. Terhindar dari fitnah Dajjal

Keutamaan yang terakhir jika kamu selalu membaca surat Al Kahfi di hari Jumat adalah terhindar dari fitnah Dajjal. Surat Al Kahfi akan menjadi teman dan pelindung dari Dajjal di hari akhir nanti.

Hal ini seperti yang disampaikan hadis Rasulullah yang berbunyi:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia dipelihara selama delapan hari dari segala fitnah; dan jika Dajjal keluar, maka ia dipelihara dari fitnahnya.”

Nah itulah lima keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat. Setelah mengetahui banyak fadillahnya, apakah kamu masih mau menunda-nunda kebaikan? Yuk baca surat Al-Kahfi!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top