SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya Hidup5 Tips Wawancara Dengan Calon Mertua, InsyaAllah Diterima!

5 Tips Wawancara Dengan Calon Mertua, InsyaAllah Diterima!

MediaGo, Tips Wawancara Dengan Calon Mertua – Untuk Kamu yang sudah memiliki niat serius pada pasangan dan ingin segera melamarnya, ada waktu dimana nanti Kamu akan berhadapan langsung dengan calon mertua yang akan menanyakan beberapa pertanyaan sulit dan mungkin membuatmu jadi takut.

Oleh karena itu, Sebelum untuk memutuskan bertemu dengan orang tua dia, ada baiknya kamu persiapkan diri terlebih dahulu dengan beberapa tips wawancara dengan calon mertua berikut ini agar nantinya tidak gugup saat berhadapan langsung.

Tips Wawancara Dengan Calon Mertua

75489 ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua shutterstock
Suara / Shutterstock

Berikut ini ada beberapa tips baik yang bisa kamu coba saat ingin menemui calon ayah mertua untuk bilang kalau kamu mau serius sama anakanya. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini, insyallah pasti diterima!

1. Gunakan Pakaian yang Rapi dan Sopan

Tips pertama saat hendak ingin bertemu dengan calon mertua yakni harus menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.

Pakaian Rapi dan Sopan bisa memberikan kesan yang baik untuk orangtuanya. Misalnya untuk laki-laki, Kamu bisa mengenakan setelan kemeja dan celana panjang.

Sementara bagi perempuan, kamu bisa memakai busana muslim dengan hijab yang bagus dan stylish namun harus tetap syar’i ya.

Penampilan menjadi penilaian utama yang cukup penting. Apabila tampilan kamu sudah oke, maka insyaallah calon mertua juga pasti akan menilai kamu baik dan akan menyetujui niat baik kamu.

2. Sebelum berangkat jangan lupa baca doa

Tips selanjutnya yang harus kamu terapkan sebelum bertemu calon mertua adalah dengan membaca doa agar diberikan kemudahan.

Kekuatan doa itu sangat luar biasa, lho. Doa bisa membolak-balikkan perasaan manusia. Bahkan yang tadinya kamu mau ditolak oleh keluarganya, bisa saja berubah fikiran jadi diterima berkat kekuatan doa tersebut.

Jadi, jangan lupa membaca doa ya sebelum berangkat dengan diawali “bismillah” agar semua urusanmu dipermudah oleh Allah SWT.

3. Jangan lupa bawa bingkisan

Tips wawancara dengan calon mertua
Kumparan

Salah satu strategi baik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa gugup adalah dengan membawakan bingkisan untuk calon mertua.

Bingkisan yang dibawa tidak harus mewah, yang penting kamu ikhlas untuk memberikannya. Selain mendapat kesan yang baik dari calon mertua, memberi bingkisan juga akan membuatmu jadi lebih percaya diri saat berhadapan langsung.

4. Bersikap Ramah

Allah SWT memerintahkan semua manusia untuk bersikap baik kepada sesamanya. Sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga merupakan sosok yang paling lembut ketika berbicara dengan orang lain.

Maka itu, kamu sebagai umat islam pun wajib bersikap ramah kepada siapapun, termasuk saat bertemu calon mertua. Tidak peduli seberapa gugup kamu. Mungkin kamu melihat sikap calon mertua yang terlihat garang, tetapi berusahalah untuk tetap ramah.

Dengan begitu kesan pertama terhadap diri kamu pun pasti akan baik. Ingat, kesan pertama itu sangat penting loh!

5. Jawab pertanyaan yang dilontarkan dengan sejujur-jujurnya

Ini yang paling penting dari semua tips diatas, kamu harus bisa menjawab semua pertanyaan dari calon mertua dengan jujur dan apa adanya. Biasanya ayah mertua akan bertanya seperti ini;

  • Kamu tinggal dimana?
  • Sekarang Kamu Kerja Apa?
  • Serius mau menikah dengan anak saya?
  • Orang tua kamu tinggal dimana?
  • Kamu Anak ke berapa?
  • Sudah berapa lama pacaran sama anak saya?
  • Kamu tinggal sendiri atau ikut orang tua?
  • Dan lain sebagainya..

Silahkan kamu jawab jujur tanpa melebih-lebihkan. Kejujuran merupakan poin penting dalam kehidupan ini, jadi kamu harus jujur pada semua orang agar selalu mendapat kebaikan.

Semoga bermanfaat ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular