You are here
Home > Gaya Hidup >

Wajib Tahu, Ini Barang-Barang yang Tidak Boleh Dipinjamkan ke Orang Lain

Barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain

Saling meminjam barang seperti pakaian dan make up mungkin terlihat sepele dan tidak membahayakan. Padahal pada beberapa barang tertentu, ada yang sebaiknya tidak kamu gunakan secara bersama dengan orang lain, lho. Hal itu dapat menularkan penyakit seperti infeksi bakteri hingga jamur. Lalu, apa saja barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pinjam meminjam barang pribadi kepada orang lain harus dihindari. Perlu kamu perhatikan bahwa barang pribadi yang kamu pinjam atau pinjamkan bisa saja menjadi media tempat berpindahnya berbagai mikroorganisme penyebab penyakit.

Barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain

Guna mencegah atau meminimalkan risiko terjadinya penularan berbagai penyakit, kamu disarankan untuk tidak meminjamkan atau menggunakan bersama-sama benda-benda tertentu pada orang lain. Seperti dilansir dari laman Alodokter berikut ini barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain:

1. Pakaian

Barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain
Hindari meminjamkan pakaian ke orang lain. (Gambar: http://pexels.com)

Jika pakaian tidak dicuci dengan benar, kuman bisa menyebar ke pakaian lain yang dicuci bersamaan. Penting untuk mengganti pakaian tiap hari dan tidak meminjamkannya kepada orang lain, terutama untuk pakaian dalam, baju olahraga, dan baju untuk memasak.

2. Handuk

Handuk yang digunakan oleh lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman di antara orang-orang yang menggunakan handuk tersebut. Jadi, selalu bawa handuk sendiri tiap kali bepergian atau berolahraga untuk mencegah penularan kuman dan virus dari orang lain, ya.

Selain itu, penggunaan handuk bersamaan dengan orang lain juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur, terutama jika handuk tersebut sebelumnya digunakan oleh orang yang memiliki penyakit infeksi jamur di kulit.

3. Sikat gigi

Sikat gigi yang digunakan oleh lebih dari satu orang berisiko meningkatkan penularan penyakit akibat infeksi virus, seperti HIV, hepatitis B, dan hepatitis C. Jadi, jika kamu lupa membawa sikat gigi saat menginap atau bepergian ke luar kota, kamu sebaiknya membeli sikat gigi baru dan tidak meminjam milik orang lain.

4. Alat cukur

Kulit yang terkelupas dan mengeluarkan darah merupakan salah satu hal yang umum terjadi ketika seseorang mencukur bulu, rambut, atau jenggot.

Oleh karena itu, sama seperti sikat gigi, alat pencukur juga tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain karena bisa menjadi media penyebaran penyakit tertentu, seperti HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

5. Gunting kuku

Berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum dapat menimbulkan risiko terkena jamur kuku. Begitu pula dengan menggunakan pemotong kuku secara bergantian dengan orang lain yang lebih dulu terkena jamur.

6. Sisir

Barang-barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain
Peralatan untuk rambut. (Gambar: http://pexels.com)

Kurap pada kulit kepala dan kutu rambut adalah gangguan yang sering dialami anak-anak berusia 3−11 tahun. Namun, penyakit ini juga bisa dialami oleh orang dewasa. Kurap dan kutu bisa menyebar dan menular dengan mudah lewat sisir yang digunakan secara bergantian. Begitu juga dengan penggunaan helm dan topi yang digunakan lebih dari satu orang. Jika kamu sering bepergian dengan ojek atau menggunakan helm yang dipakai banyak orang, ada baiknya kamu mengenakan pelindung rambut dan kulit kepala, seperti shower cap atau hair net.

7. Earphone

Infeksi pada saluran telinga bagian luar dapat disebabkan oleh pemakaian earphone yang tidak bersih atau sering digunakan secara bergantian. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, infeksi ini dapat meluas dan mengakibatkan sakit telinga, bahkan gangguan pendengaran.

8. Alat make-up

Infeksi mata, seperti konjungtivitis, dapat menular dengan mudah melalui alat make-up yang digunakan secara bergantian. Bahkan, kebiasaan yang terlihat sederhana, seperti meminjam dan menggunakan pelembap bibir (lip gloss) atau lipstik milik sahabatmu juga dapat meningkatkan risiko penularan penyakit herpes.

Oleh karena itu, untuk meminimalkan risiko infeksi, sebaiknya jangan meminjam atau menggunakan make-up milik orang lain, ya. Usahakan untuk selalu menghindari bertukar benda pribadi yang melibatkan kontak langsung dengan kulit dan mukosa (seperti mulut dan mata), termasuk sabun batangan serta gelas atau botol minum.

Jika memang kamu sudah terlanjur meminjamkan barang pribadi milikmu kepada teman, cuci bersih benda tersebut menggunakan air hangat sebelum digunakan, agar kuman, bakteri, dan virus yang menempel di benda tersebut terbasmi. Apabila tidak memungkinkan, coba semprotkan disinfektan ke permukaan barang yang telah dipinjam. Jika kamu mengalami masalah kesehatan setelah menggunakan kembali barang yang pernah kamu pinjamkan kepada orang lain, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ini 5 Barang Wajib saat Traveling, Jangan Lupa Dibawa!

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top