You are here
Home > Gaya Hidup > Fashion >

MUFFEST 2021 Arahkan Indonesia Jadi Pusat Mode Muslim Dunia

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Muffest 2021.

MediaGo – Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo kembali menghelat Muslim Fashion Festival (MUFFEST). Mengusung tema ‘Recovery for Fashion Industry’, MUFFEST 2021 diselenggarakan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan mulai tanggal 18-28 Maret 2021.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia Teten Masduki menyambut baik penyelenggaraan MUFFEST 2021. Menurutnya, melalui gelaran semacan ini bisa membangkitkan gairah industri fesyen muslim tanah air dan mengarahkan Indonesia menjadi pusat mode muslim dunia.

Baca juga: Gandeng Selebriti Hijab, Uniqlo Tawarkan Inspirasi Gaya Hijab Minimalis

“Untuk menjadi pusat mode muslim dunia kita perlu melakukan promosi terpadu seperti yang dilakukan MUFFEST secara konsisten, bukan hanya di dalam negeri, namun juga secara global, sehingga positioning Indonesia sebagai pusat mode muslim dunia dapat diakui,” katanya dalam pembukaan MUFFEST 2021 secara virtual, Kamis (18/3/2021).

Muffest 2021
Muffest 2021

Berdasarkan data dari Global Islamic Economic Indikator, fesyen muslim atau modest fesyen merupakan salah satu keunggulan Indonesia dengan poin indikator sebesar 34,26 persen. Angka ini dinilai jauh mengungguli rata-rata global yang hanya memiliki poin indikator sebesar 17,55 persen.

Baca juga: THENBLANK Luncurkan Koleksi Blazer Dan Celana Berbahan Linen Yang Mudah Disterika

“Indonesia saat ini berpotensi menjadi pemimpin klasemen untuk kategori ini dan itu tentu tidak lepas dari kontribusi MUFFEST, Indonesian Fashion Chamber, dan seluruh perancang, pengusaha, serta stakeholder mode di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Selain itu, berdasarkan data State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, tahun lalu nilai belanja produk pakaian muslim ikut terdampak dan turun 2,9 persen menjadi USD 268 miliar atau senilai Rp3,9 triliun. Namun angka ini diprediksi pulih di 2021 dan terus tumbuh hingga 2024.

Baca Juga:  6 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

“Angkanya diprediksi bisa mencapai USD 311 miliar. Saya kira ini menjadi undangan untuk kita semua agar dapat mengoptimalakn tren baik ini,” sambung Teten.

Baca juga: Koleksi Fashion H&M Kini Tersedia Di Zalora

Melalui gelaran MUFFEST, Teten juga berharap pelaku kreatif tidak hanya mempresentasikan karyanya dan mengembangkan sisi bisnis serta penjualan, namun juga bisa mengajak pelaku dan konsumen untuk lebih mempunyai tanggung jawab melalu konsep suistainable dan kecintaan produk lokal.

“Dengan terselenggaranya MUFFEST 2021, semoga akan banyak menghasilkan transaksi perdagangan dan kerjasama secara berkelanjutan. Mari kita tingkatkan belanja produk lokal, UMKM, dan bertumbuh mendukung perbaikan perekonomian nasional,” ucapnya.

Bagikan
RAR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top