SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupHiburanNagita Slavina Kena Hujat Netizen Gara-gara Hal Ini!

Nagita Slavina Kena Hujat Netizen Gara-gara Hal Ini!

MediaGo – Pasangan artis Nagita Slavina dan Raffi Ahmad tak pernah berhenti untuk berprestasi dan membanggakan penggemarnya. Hampir setiap hari, ada saja kebahagiaan yang ditularkan oleh keluarga tersebut, termasuk saat Nagita mengabari bahwa dirinya sudah mengandung adik dari Rafathar Malik Ahmad.

Setelah sukses membangun Rans Entertainment dan membeli klub sepak bola, kali ini pasangan artis tersebut ditunjuk untuk menjadi ikon dari Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang akan digelar di Papua.

Hal tersebut diketahui lewat unggahan di akun Instagram Raffinagita1717, saat Ketua II PB PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua, Roy Letlora dan Boaz Solossa selaku Duta PON XX, bertandang ke rumahnya. Pada unggahannya, pasangan tersebut tampak berpose bersama Roy Letlora dan Boaz sambil tersenyum ke arah kamera. Sementara pada foto kedua, Raffi, Gigi dan Boaz terlihat berpose sambil memegangi official jaket PON XX Tahun 2021. “Sah !!! Aku dan Gigi sebagai Ikon PON. Boaz Solossa Sebagai Duta PON. Proses penyerahan simbolis diberikan oleh Bapak Roy Letlora, S.Hut., MM. Ketua II PB PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua,” tulis Raffi Ahmad pada keterangan fotonya beberapa waktu lalu.

Unggahan milik Raffi dan Nagita tersebut langsung dibanjiri oleh ucapan selamat dan harapan dari netizen atas suksesnya PON Papua 2021. Tak hanya itu, banyak diantara netizen pula yang mendoakan agar Raffi Ahmad kelak bisa menjadi Menteri Olahraga.

Nagita Slavina Dikritik oleh Aktivis

Namun, terpilihnya Nagita Slavina sebagai duta Pekan Olahraga Nasional (PON) mendapat kritikan salah satunya dari aktivis Veronica Koman. Melalui unggahan di akun media sosialnya pada Sabtu, 29 Mei 2021, kemarin Veronica Koman mengkritik sosok duta PON XX di Papua justru adalah orang Jakarta.

Dia juga menyinggung soal penggunaan budaya dan tanah Papua, tetapi orang-orangnya justru ditembak mati.

“Beginilah proyek penjajah. Heboh bikin PON di Papua, tapi dutanya tetep orang Jakarta. Kek gak ada manusia di Papua. Gunakan budaya dan tanahnya, tembak mati dan tangkap orang-orangnya,” tulisnya.

Nagita Slavina Dihujat Netizen
okezone.com

Veronica Koman pun sempat menilai Nagita Slavina menjadi tidak cantik ketika sedang mengapropriasi budaya Papua.

Menurut kamus bahasa Cambridge, apropriasi budaya secara luas didefinisikan sebagai ‘perbuatan mengambil atau menggunakan sesuatu dari sebuah budaya yang bukan milik sendiri, terutama tanpa menunjukkan bahwa (pelakunya) memahami atau menghargai budaya tersebut’.

“Nagita Slavina tidak cantik ketika sedang mengapropriasi budaya Papua,” kicau Veronica Koman.

Tetapi, unggahan tersebut pun dihapus, karena ternyata pemain sepak bola asal Papua, Boaz Solossa juga dijadikan duta PON XX Papua.

“Saya hapus twit ini. Ada yang reply bilang Boaz Solossa juga Duta PON – info yang tidak ada di artikel yang saya gunakan. Saya memang tidak ikuti berita PON. Saya google dan ternyata benar,” kicau Veronica Koman.

Dalam unggahan yang lain, dia pun menyampaikan pesan untuk Raffi Ahmad dan Nagita Slavina selaku duta PON XX Papua.

Veronica Koman meminta pasangan suami istri tersebut untuk tidak mengapropriasi budaya Papua saat mempromosikan PON.

“Dear Duta PON Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, tolong jangan apropriasi budaya Papua ketika mempromosikan PON,” kicaunya.

Veronica Koman juga menyebut adanya operasi militer besar-besaran di Papua, dengan lebih dari 50.000 orang Papua mengungsi.

“Sedang ada operasi militer besar-besaran di Papua – terbesar sejak era Suharto. Lebih dari 50.000 orang Papua sedang mengungsi di atas tanahnya sendiri,” kicau Veronica Koman.

Dia juga menyertakan video perjalanan warga sipil Papua Barat dari desa-desa di Paluga dan Akobanak ke kota Ilaga, karena konflik bersenjata.

Nagita Slavina Diprotes oleh Netizen Twitter

Tak hanya Veronica Koman, Protes tersebut juga dicuitkan akun @gyozagonza di Twitter. Di situ, dia mengunggah artikel yang menuliskan tentang potret Nagita Slavina dalam balutan pakaian Papua.

Nagita Slavina Dihujat Netizen
suara.com

“Karena tidak ada lagi perempuan Papua Barat untuk mewakili budaya mereka sendiri. Apropriasi (kesadaran terhadap budaya) tuh bukan cantik ya,” cuitnya berbahasa Inggris dikutip Senin (1/6/2021).

“Dan berhenti membuat alasan untuk perempuan ini (Nagita) dia bisa saja menolak ketika mengetahui dia bukan orang Papua. Berhenti membuat alasan untuk bukan Orang Asli Papua (OAP), dia dewasa kan, dia bisa saja menolak,” sambungnya lagi.

Dia kecewa mengapa tidak menunjuk orang asli Papua langsung untuk kampanye ini. Menurutnya, cantik tidak melulu identik dengan kulit putih.

“Bikin alasan terus untuk non-OAP, meskipun mereka memiliki lebih banyak privilege dari ko. Heran kenapa standar kecantikan masih kulit putih atau rambut lurus dll. Masa non-OAP mewakili orang pribumi di tanah pribumi? Make it make sense,” tuturnya.

Cuitan tersebut kini sudah mendapat ribuan likes dan ratusan retweet. Sayangnya, akun tersebut membatasi komentar balasannya.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular