You are here
Home > Gaya Hidup > Hobi >

Bunga Berdasarkan Bulan Kelahiran dan Makna di Baliknya, Apa Saja?

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna di baliknya

Umumnya, banyak orang yang hanya mengetahui tentang batu dan zodiak saja, padahal ada juga bunga berdasarkan bulan kelahiran, ho. Namun ada beberapa bulan kelahiran yang memiliki lebih dari satu jenis bunga. Penasaran bunga apa yang melambangkan bulan kelahiranmu? Simak yuk deretan bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna di baliknya.

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna di baliknya

Setiap bunga memiliki maknanya tersendiri yang cukup mengejutkan, jadi sebelum memutuskan membeli bunga tertentu untuk seseorang, pastikan kamu telah menyesuaikannya dengan bulan kelahiran orang tersebut, ya. Dilansir dari goodhousekeeping.com, berikut ini adalah bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna di baliknya, apa saja ya?

1. Januari: Anyelir 

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Anyelir. (Gambar: http://dekoruma.com)

Bunga yang cocok untuk bulan kelahiran Januari adalah bunga dengan nama latin Dianthus Caryophyllus atau biasa disebut anyelir (carnation) bunga ini memiliki arti rasa kagum, rasa syukur, kenangan indah, kebahagiaan dan kasih sayang ibu.

Di banyak negara pada umumnya bunga ini biasa dipakai untuk kado karangan bunga hari ibu. Namun di Korea, bunga ini dipakai untuk melambangkan kematian atau tingkat kesulitan dalam kehidupan mereka. 

Orang yang kelahirannya jatuh pada bulan Januari ini biasanya memiliki karakter yang praktis. Namun kepribadian dia berporos pada rasa tanggung jawab dan bisa diandalkan.

2. Februari: Violet dan Primrose

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Violet. (Gambar: http://pixabay.com)

Bunga violet berperan sebagai bunga bulan Februari. Bunga berwarna ungu ini memiliki arti diantaranya yaitu cinta, kesetiaan, kesejahteraan, keagungan, kemuliaan, dan harapan.

Bunga yang kelopaknya berbentuk kipas-hati ini sudah populer di beberapa penjuru dunia sejak zaman Romawi kuno. Selain karena warnanya yang indah, bunga violet cukup tangguh untuk hidup di bermacam jenis iklim.

Dengan membawa makna cinta dan kesetiaan, violet cocok untuk kado bunga valentine yang juga jatuh pada bulan Februari. Sedangkan kamu juga bisa memberikan bunga Primrose kepada seseorang yang kamu anggap kamu tidak bisa hidup tanpanya.

Baca Juga:  7 Jenis Bunga yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah di Hari Lebaran

3. Maret: Bakung dan Jonquil

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga bulan Maret. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Bunga Bakung adalah bunga yang paling sesuai untuk seseorang yang lahir di bulan Maret. Atau bunga Jonquil yang memiliki makna cinta yang setara.

4. April: Daisy dan Sweet Pea

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Daisy dan Sweet Pea. (Gambar: http://fimela.com)

Bunga Daisy dengan nama latin Bellis Perennis mempunyai arti kepolosan, keceriaan dan kesimpatikan. Bunga ini juga kerap dipakai seorang pria untuk melamar kekasihnya. Daisy ini tidak hanya dikenal dalam hal itu saja, bunga ini juga terkenal akan kemampuannya menyembuhkan penyakit penyakit tertentu. Sedangkan bunga Sweet Pea adalah bunga yang melambangkan kesenangan, kebahagiaan, atau cara yang ideal untuk mengatakan selamat tinggal. 

5. Mei: Lily of the Valley dan Hawthorn

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Lily of the Valley dan Hawthorn. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Bunga Lily of the Valley adalah simbol manis, rendah hati, dan kembali pada kebahagiaan. Sedangkan bunga Hawthorn menjanjikan harapan dan kebahagiaan tertinggi.

6. Juni: Mawar dan Honeysuckle

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Mawar dan Honeysuckle. (Gambar: http://fimela.com)

Bunga Mawar berwarna merah muda menandai kebahagiaan yang sempurna, Mawar merah berarti rasa cinta, Mawar putih adalah tanda kemurnian atau awal yang baru, tapi kamu harus hati-hati dengan Mawar berwarna kuning karena bunga ini adalah tanda kecemburuan. Sedangkan, bunga Honeysuckle adalah representasi dari ikatan cinta yang abadi.

7. Juli: Larkspur dan Water Lily

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Larkspur dan Water Lily . (Gambar: http://fimela.com)

Bunga Larkspur biasa diberikan kepada cinta pertama jika ia adalah seseorang yang lahir di bulan Juli. Sedangkan Bunga Water Lily menunjukkan ikatan cinta yang kuat.

8. Agustus: Gladiol dan Poppy

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Gladiol dan Poppy. (Gambar: http://fimela.com)

Bunga Gladiol sebenarnya bisa diartikan dalam banyak hal, seperti ketenangan, integritas, dan kegilaan. Sedangkan untuk bunga Poppy berwarna merah berarti kesenangan, putih berarti hiburan, dan kuning adalah bunga tanda dari keinginan akan kekayaan dan kesuksesan.

9. September: Aster dan Morning Glory

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Aster dan Morning Glory. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Bunga di bulan September adalah tentang menyebarkan cinta. Bunga Aster menandai cinta yang kuat dan kepositifan, sedangkan Morning Glory adalah bunga simbol dari kasih sayang bagi seseorang yang dekat dan terkasih.

Baca Juga:  Dompet Auto Tebel, Ini 5 Hobi Penghasil Uang selama Pandemi

10. Oktober: Marigold dan Kosmos

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Marigold dan Kosmos. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Marigold adalah bunga penanda optimisme dan kemakmuran. Sedangkan bunga Kosmos menunjukkan keinginan dari penerima akan keharmonisan dan ketenangan.

11. November: Krisan

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga krisan. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Bulan November hanya memiliki satu bunga, yaitu Krisan. Bunga Krisan berwarna merah berarti rasa cinta, putih berarti cinta yang murni, dan kuning berarti cinta yang meremehkan.

12. Desember: Narcissus dan Holly

Bunga berdasarkan bulan kelahiran dan makna
Bunga Narcissus dan Holly. (Gambar: http://thegoodhousekeeping.com)

Bunga Narcissus berarti kamu mengharapkan orang yang dicintai tetap seperti apa adanya. Sedangkan bunga Holly memiliki arti dari pengharapan akan kebahagiaan rumah tangga.

Baca juga: Serem! 5 Bunga Cantik Ini Ternyata Mematikan, Apa Saja?

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top