SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupDeretan Makna Bunga dalam Floriografi, Jangan Sampai Salah Pilih!

Deretan Makna Bunga dalam Floriografi, Jangan Sampai Salah Pilih!

Tak hanya memiliki bentuk yang indah, namun setiap bunga juga mengandung makna tersirat di dalamnya, lho. Mereka memiliki arti yang berbeda, dapat berdasar pada jenis bunga, warna bunga, atau keduanya. Nah, agar tidak salah ketika memberikan kepada orang-orang tercinta, berikut ini beberapa makna bunga yang perlu kamu ketahui. 

Makna bunga 

Floriografi dapat diartikan sebagai sebuah seni berkomunikasi melalui berbagai jenis bunga. Dilansir dari Terminology Coordination dalam laman Beautynesia, bahasa bunga ini telah digunakan sejak awal abad ke-17 oleh para selir di Turki untuk berkomunikasi, lantaran mereka tidak pandai baca tulis.

Kemudian, bahasa bunga ini populer digunakan oleh masyarakat di era Victoria. Bahkan ada banyak sastrawan seperti William Shakespeare, Jane Austen, Bronte bersaudara, dan banyak lainnya yang menggunakan floriografi dalam tulisan mereka.

Jika kamu juga ingin mencoba berkomunikasi dengan bahasa bunga, yuk kenali makna dari berbagai bunga berikut:

1. Mawar

makna bunga
Bunga mawar. (Gambar: http://pixabay.com)

Jenis yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, yaitu bunga mawar. Bunga mawar sangat populer saat perayaan valentine. Hal ini tentu berdasarkan pada floriografi mawar merah yang berarti cinta dan romansa.

Tapi ternyata, masing-masing warna mawar memiliki makna yang berbeda. Dilansir dari The Produce News, mawar kuning bermakna persahabatan namun di beberapa situasi juga bisa menyiratkan perselingkuhan. Selain itu, mawar putih memiliki arti pesona atau kepolosan. Sedangkan mawar berwarna merah muda melambangkan kebahagiaan hingga rasa syukur.

2. Tulip

Makna bunga
Bunga tulip. (Gambar: http://pixabay.com)

Tak hanya mawar, bunga tulip juga melambangkan cinta. Tulip merah ternyata bermakna pernyataan cinta dari seseorang. Sedangkan tulip putih menyiratkan kata-kata “aku layak untukmu”, di sisi lain tulip kuning bermakna pujian untuk senyum yang cerah bak matahari. 

3. Bunga Matahari

Makna bunga
Bunga matahari. (Gambar: http://pixabay.com)

Bunga matahari secara umum menyiratkan kebanggaan. Namun, setiap jenisnya juga memiliki arti spesifik yang berbeda. Bunga matahari yang tinggi menyiratkan apresiasi, sedangkan bunga matahari yang rendah bermakna kekaguman. 

Filosofi bunga matahari berikutnya, yaitu melambangkan optimisme. Masih tentang fakta bahwa bunga matahari selalu berputar sesuai dengan arah matahari. Bunga matahari juga sering disebut mengejar cahaya. Nah, pernahkah terpikirkan olehmu, bagaimana jadinya kalau sinar matahari sedang tertutup awan atau terjadi hujan yang deras? Apakah bunga matahari langsung menjadi redup dan layu? Ternyata tidak, lho.

Bunga matahari mengeluarkan energi untuk tetap tumbuh sehingga ia tetap bercahaya dan bermekaran, sampai datangnya sinar matahari kembali. Bunga matahari juga saling berbagi energi untuk tetap bertahan hidup. Hal ini merujuk pada filosofi bunga matahari tentang optimisme.

Di dalam hidup ini, pasti akan ada masanya kamu melewati masa-masa yang kelam, penuh tekanan, dan membuat hilang semangat.  Namun, dengan saling mendukung satu sama lain, tentunya akan membuat semangat kembali. Itulah pentingnya rasa optimisme yang bisa tergambarkan dalam bunga matahari. 

4. Daisy

Makna bunga
Bunga daisy. (Gambar:http://beautynesia.id)

Bunga daisy atau aster memiliki bentuk sederhana yang indah. Terdapat berbagai jenis dan warna berbeda dari bunga ini sehingga arti yang dimiliki juga berbeda-beda. 

Dilansir dari Flower Meaning, pada era Victoria makna bunga ini berbeda tergantung pada jenisnya, seperti Michelmas Daisy yang melambangkan perpisahan, Gerbera Daisy yang melambangkan keceriaan, sedangkan English Daisy melambangkan kepolosan.

Meski berasal dari Eropa dan daerah beriklim sedang di Asia, daisy akhirnya diperkenalkan ke Australia dan Amerika Utara. Bunga mungil ini saat ini mudah ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.

Jumlahnya yang banyak ini tak lain karena sifat adaptif yang dimilikinya. Bunga daisy dapat tumbuh subur di iklim basah dan kering dan area cerah atau teduh. Mereka bisa tumbuh di pegunungan atau di ladang yang datar dan berumput.

Pada dasarnya, bunga aster adalah bunglon botani. Daisy masih memiliki hubungan dengan bunga matahari. Ia dapat tumbuh di habitat yang mirip dengan sepupu mereka.  Selain dijadikan sebagai buket bunga atau dekorasi ruangan, daisy memiliki banyak kegunaan lain, di antaranya menjadi hiasan unik dan cantik untuk salad.

Kemudian daisy ternyata juga kaya vitamin C, jadi kamu bisa mengonsumsinya. Daisy juga dapat berkhasiat sebagai obat. Mereka pun dikenal dapat memperlambat pendarahan, meredakan gangguan pencernaan, dan meredakan batuk.

5. Dahlia 

makna bunga
Bunga dahlia. (Gambar: http://pixabay.com)

Bunga dahlia memiliki ciri khas dengan banyak kelopak yang melingkarinya. Berdasarkan bentuknya, bunga ini kerap disimbolkan sebagai keragaman. Sedangkan pada era Victoria, bunga dahlia ternyata memiliki makna yang lebih dalam. 

Menurut Petal Republic, bunga dahlia melambangkan ikatan abadi dan komitmen seumur hidup antara dua orang. Maka dari itu, bunga ini akan cocok kamu gunakan saat anniversary.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Privasi dalam Hubungan yang Wajib Kamu Ketahui!

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular