SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupRelationshipPentingnya Menjaga Privasi dalam Hubungan yang Wajib Kamu Ketahui!

Pentingnya Menjaga Privasi dalam Hubungan yang Wajib Kamu Ketahui!

Mediago – Keintiman memang penting dalam menjaga hubungan yang harmonis. Cara ini menyatukan pasangan dan memungkinkan mereka untuk membangun kepercayaan serta kedekatan dalam sebuah hubungan. Namun banyak orang melupakan bahwa privasi dalam hubungan juga sangatlah penting.

Meskipun kejujuran penting, itu tidak berarti bahwa dua orang yang sudah menikah atau dalam hubungan berkomitmen harus berbagi setiap detail terakhir kehidupan mereka dengan pasangan. 

Setiap orang berhak mendapatkan privasi pada tingkat tertentu, bahkan ketika tinggal bersama atau menikah dengan orang penting lainnya. Privasi dalam suatu hubungan bisa sehat, asalkan tidak melewati batas untuk menyimpan rahasia dari pasangan. 

Apakah Kejujuran selalu Merupakan Kebijakan Terbaik dalam Hubungan?

privasi dalam hubungan
Privasi dalam hubungan. (Gambar: http://pixabay.com)

Dalam beberapa situasi, kejujuran memang menjadi kebijakan terbaik. Misalnya, jika kamu menikah dan berbagi keuangan, biasanya sulit diterima untuk menyembunyikan pembelian besar dari pasangan. 

Di sisi lain, kamu juga memiliki hak atas privasi, yang berarti sebenarnya boleh saja menyimpan beberapa informasi pribadi untuk diri sendiri. Misalnya, privasi dalam hubungan pernikahan dapat berarti ada beberapa fakta memalukan dari masa lalu tidak ingin kamu bagikan.

Ketika orang-orang dalam hubungan jangka panjang mampu merahasiakan bagian pribadi dari diri mereka sendiri, ini menciptakan rasa ruang dan privasi. Menghormati batasan dengan cara ini sebenarnya menghasilkan hubungan yang lebih sehat karena kedua anggota hubungan merasa memiliki privasi fisik dan emosional.

Apa Dampak Privasi dalam Sebuah Hubungan?

Terkadang, orang yang berada dalam hubungan berkomitmen ingin menyendiri dengan pikiran mereka, dan setiap orang memiliki hak untuk melakukan ini. Hubungan sebenarnya lebih kuat ketika pasangan peka terhadap kebutuhan satu sama lain untuk beberapa tingkat privasi. Penting juga untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan privasi yang berbeda.

Dalam sebuah hubungan mungkin saja kamu atau pasangan kurang membutuhkan privasi, sedangkan ada juga yang membutuhkan lebih banyak ruang dan waktu sendirian. Bagian dari transparansi dalam hubungan adalah bersikap jujur ​​tentang kebutuhan privasi, dan melakukan percakapan yang efektif tentang menghormati batasan serta tingkat privasi yang diharapkan dapat membantu.

Pada kenyataannya, beberapa privasi dalam hubungan sebenarnya dapat mengarah pada tingkat keintiman yang lebih besar, karena kedua pasangan akan merasa aman dan dihormati, memungkinkan mereka untuk saling terbuka satu sama lain. 

Perbedaan antara rahasia dan privasi

privasi dalam hubungan
Privasi dan rahasia. (Gambar: pixabay.com)

Penting untuk memahami perbedaan antara rahasia dan privasi dalam hubungan. Menyimpan rahasia dalam suatu hubungan umumnya berbahaya, terutama jika hal  itu mencakup informasi yang akan menyakiti pasangan.

Seperti yang dijelaskan para ahli seperti dilansir dari laman Marriage, orang-orang yang tertutup umumnya tidak hanya menyimpan informasi pribadi untuk diri mereka sendiri. Mereka berusaha menyembunyikan sesuatu yang bisa membuat pasangan merasa sedih atau kesal.

Contoh rahasia berbahaya dalam hubungan adalah sebagai berikut:

  • Menjadi tidak setia terhadap pasangan.
  • Masalah di tempat kerja.
  • Menyalahgunakan obat-obatan atau alkohol.
  • Bermasalah dengan hukum.
  • Berbohong tentang keuangan atau gagal membayar tagihan.
  • Meminjamkan uang kepada orang lain.
  • Menghabiskan waktu dengan orang lain secara rahasia.
  • Menyembunyikan penyakit serius.

Rahasia di atas dalam hubungan, dapat mengikis kepercayaan pasangan dan cukup merusak hubungan yang harmonis. Jika memiliki penyakit serius atau mengalami kesulitan keuangan, ini adalah hal-hal yang harus diketahui pasangan, karena mereka mempengaruhi kehidupan bersama.

Pasanganmu harus terlibat dalam proses pengambilan keputusan untuk situasi di atas, dan merahasiakannya merupakan menyembunyikan informasi. Menjaga rahasia perselingkuhan jelas menyakitkan bagi pernikahan.

Baca juga: Cara Mengatasi Pasangan yang Hobi Ghosting dalam Suatu Hubungan

Pentingkah memiliki privasi dalam suatu hubungan?

Mungkin ada pertanyaan tentang pentingnya privasi dan mengapa privasi penting dalam suatu hubungan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, privasi dalam suatu hubungan menunjukkan rasa hormat karena itu menunjukkan bahwa kamu dan pasangan menghormati batasan. Untuk alasan ini, penting untuk memiliki privasi dalam suatu hubungan.

Faktanya, setiap orang membutuhkan batasan sosial, juga waktu untuk menyendiri. Ketika ada privasi dalam suatu hubungan, kedua pasangan akan memiliki ruang untuk merasa rileks dan nyaman.

Alasan lain mengapa privasi penting dalam suatu hubungan adalah karena hal itu benar-benar membangun kepercayaan. Ketika kamu dan pasangan saling memberi ruang pribadi dan menghormati batasan, ini mengirimkan pesan bahwa saling percaya untuk setia pada hubungan, bahkan di saat-saat tertentu. 

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular