SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupOlahragaDari Era Spacewar Tahun 1972, Esport Adalah Olahraga Elektronik Zaman Modern

Dari Era Spacewar Tahun 1972, Esport Adalah Olahraga Elektronik Zaman Modern

Mediago.id – Seperti yang telah kita ketahui bersama, esport adalah olahraga elektronik. Kata esport sendiri merupakan akronim dari kata “electronic sport”. Esport adalah istilah untuk menyebut kompetisi video game multiplayer antara para pemain profesional di bidangnya. Biasanya merujuk pada suatu jenis game tertentu.

Walaupun pada dasarnya video game memang menempatkan daya tariknya pada sisi kompetitif namun esport ini lebih dari game biasanya. Esport adalah olahraga yang merujuk pada aktivitas beradu kepiawaian dalam memainkan jenis game tertentu yang umumnya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Menurut Histortis Esport Adalah Olahraga Elektronik

Mari kita kilas sejenak kembali ke beberapa tahun sebelum hari ini. Tepatnya pada tahun 1972, di sebuah perguruan tinggi di negeri Britania Raya, yakni Stanford University, menggelar sebuah turnamen game.

Kompetisi itu hanya berisi lomba untuk satu game saja, yakni Spacewar, yang kelak menginspirasi judul turnamen ini menjadi Intergalactic Spacewar Olympic. Hadiahnya pun belum semegah turnamen-turnamen esport zaman sekarang.

Waktu itu, hadiahnya hanya berupa gratis berlangganan majalah Rolling Stone selama setahun penuh namun hal tersebut tidak bisa dianggap murahan juga sebab seperti yang kita ketahui bersama, majalah Roilling Stone cukup hits, bahkan hingga kini.

Turnamen mini tersebut disinyalir menjadi pionir mendunianya kompetisi video game di berbagai belahan dunia lainnya. Terbukti, pada dekade selanjutnya yakni era tahun 1980-an, Atari, perusahaan kreator video arcade games terkenal AS, menghelat turnamen Space Invader. Turnamen tersebut bahkan melibatkan cukup banyak peserta yakni sekitar 10.000 orang lebih dan menjadi viral hingga menarik minat sejumlah majalah besar Paman Sam untuk ikut mengeksposnya.

Perlahan namun pasti, industri video game terus berkembang kian pesat, masif dan global. Kemajuan internet turut memengaruhi dunia video game. Online game mulai muncul dan terus merebak ke berbagai negara. Kemudian esport adalah olahraga elektronik yang hadir guna merangkul seluruh pemainnya.

Hadirnya game yang berbasis online ini, semakin memanjakan para pencinta video game sebab sistem tersebut memungkinkan kita untuk bermain bersama siapa saja, dari lain kota bahkan dari lain negara. Tidak perlu mencari dan bertemu langsung untuk main bareng.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular