SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, May 22, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupOlahraga6 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Terhindar Cedera

6 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Terhindar Cedera

MediaGoOlahraga merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Salah satu yang banyak digemari ialah olahraga lari, karena praktis dan tidak membutuhkan banyak alat. Namun, memilih sepatu lari yang tepat untuk berlari juga sangat penting untuk menghindari cedera.

Memilih sepatu lari tidak semudah yang dibayangkan. Kebanyakan orang masih memilih sepatu berdasarkan harga atau tampilannya saja, namun mengenyampingkan aspek kenyamanannya.

Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Terhindar Cedera (1)

Yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu lari adalah tidak semua sepatu cocok untuk setiap orang, karena bentuk dan ukuran telapak kaki yang berbeda-berbeda.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Kardio, Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Sehingga, memakai sepatu yang kurang cocok akan menghambat lari dan malah bisa menyebabkan cedera.

Bingung memilih sepatu lari yang tepat? Adidas memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu lari yang tepat agar olahraga menjadi optimal dan bebas cedera.

1. Pilih Sepatu Khusus Lari

memilih sepatu lari yang tepat untuk kaki

Ada banyak jenis sepatu olahraga dengan bermacam fungsi. Agar kegiatan olahraga jadi lebih efektif dan optimal, disarankan untuk menggunakan sepatu yang sesuai. Untukmu yang ingin fokus di olahraga lari, pastikan kamu memilih running shoes.

Sebab, sepatu ini memiliki fitur khusus seperti teknologi shock absorption dan aliran udara yang dapat membantu melindungi kaki dari cedera dan memberikan kenyamanan saat berlari.

2. Sesuaikan dengan Tempat Lari

Penting juga untuk mempertimbangkan tempat di mana kamu biasa berlari. Jenis sepatu lari berdasarkan jalurnya dibagi menjadi 3 subkategori: road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Road-running shoes merupakan sepatu yang dirancang untuk berlari di jalanan atau di aspal.

Lalu, ada trail-running shoes, cocok untuk berlari di alam bebas. Selanjutnya, ada cross-training shoes untuk berlari indoor dengan treadmill. Jadi, penting untuk memperhatikan medan berlari untuk menentukan jenis sepatu yang akan kamu pakai.

Baca juga: 5 Manfaat Penting Melakukan Pemanasan Sebelum Berolahraga

3. Kenali Jenis Telapak Kaki

Jenis telapak kaki berpengaruh juga terhadap pronasi kaki yang dialami dan nantinya berpengaruh kepada kenyamanan saat digunakan. Penting diketahui terdapat tiga bentuk atau kelengkungan telapak kaki yaitu low arch, normal, dan high arch.

Dimana perbedaan tersebut menghasilkan tiga tipe pronasi yaitu under pronation, neutral, dan over pronation (supination). Oleh karena itu, agar lebih nyaman saat berlari, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan tipe bentuk telapak kaki.

4. Pastikan Ukuran Sepatu yang Sesuai

Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat Agar Terhindar Cedera (2)

Ukuran menjadi hal penting selanjutnya. Pastikan kamu memilih sepatu dengan ukuran yang tepat agar dapat menjaga keseimbangan dan menghindari cedera. Hindari memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil karena bisa membuat kaki mu lecet. Sebaliknya, jangan memilih dengan ukuran yang terlalu besar juga karena akan membuatmu tidak nyaman saat berlari.

Pemilihan Sepatu dengan ukuran yang tepat mampu membantu meminimalisir lecet pada kaki saat sedang berlari. Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan lebar kaki supaya sepatu nyaman dipakai berlari.

Baca juga: Ragam Olahraga untuk Meninggikan Badan yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

5. Pilih Sepatu yang Ringan

Memilih sepatu yang ringan akan membantu kamu berlari lebih efisien, cepat dan memberikan kenyamanan lebih saat berlari, terutama saat berlari jarak jauh.

6. Sesuaikan dengan Budget

Dalam memilih sepatu tentunya harus juga disesuaikan dengan dana yang ada. Beberapa merek sepatu menawarkan harga ekonomis namun kualitasnya kurang baik. Jika ingin kaki lebih aman dari cedera, ada baiknya untuk membeli sepatu dengan kualitas terbaik.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular