SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerSelain Dodol Garut, Ini 5 Jenis Dodol Khas Nusantara yang Legitnya Bikin...

Selain Dodol Garut, Ini 5 Jenis Dodol Khas Nusantara yang Legitnya Bikin Nagih

MediaGo – Seperti yang kita semua ketahui, Indonesia terkenal akan ragam kuliner nya yang sangat luar biasa. Masing-masing daerah memiliki makanan khasnya tersendiri, misalnya dodol dari garut.

Tahukah kamu, ternyata dodol banyak jenisnya. Tak hanya dodol dari garut, beberapa wilayah di Indonesia juga memiliki kuliner dodol dengan ciri khas masing-masing. Mau tahu seperti apa dan dari mana lokasinya?

Daftar Jenis Dodol Nusantara dengan Rasa Legit

Yuk, simak 5 jenis dodol nusantara yang legitnya bikin nagih berikut ini.

1. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Pusat Oleh-oleh Khas Jakarta

Jenis dodol pertama ini berasal dari ibu kota Jakarta. Dodol Betawi memiliki rasa yang legit dan dijamin bikin nagih. Dodol ini berbahan dasar tepung beras, gula merah, santan kelapa, gula pasir, dan garam.

Dodol Betawi kini sudah mulai sulit ditemukan, namun untuk kamu yang penasaran ingin mencobanya bisa mencarinya di daerah Kalibata. Wilayah ini merupakan kampung dodol betawi atau sentra produksi dan penjual dodol betawi.

2. Dodol Labu Kuning

Dodol Indonesia
Pinterest

Jenis Dodol khas Nusantara selanjutnya adalah dodol labu kuning. Cemilan manis ini berasal dari kota Pontianak dan memiliki bentuk yang cukup unik.

Sama halnya seperti dodol pada umumnya, dodol labu kuning memiliki rasa enak dan legit. Karena berbahan baku labu dodol ini memiliki kandungan yang sangat baik diperkaya vitamin A, vitamin C, dan karbohidrat. Jadi, tak hanya enak di makan namun juga busa menyehatkan tubuh.

3. Dodol Buleleng

Dodol Buleleng
Tandaseru.id

Dodol Buleleng adalah salah satu jenis dodol yang berasal dari kota bali. Dodol ini juga tak kalah legit dan populer ya guys. Rasanya yang sangat legit serta wangi yang berasal dari bungkus daun jagung kering, membuat lidahmu tak bisa berhenti mengunyah.

Untuk bahan pembuatannya sendiri terdiri dari, ketan hitam, gula merah, dan santan. Tak hanya itu, untuk mendapatkan rasa yang istimewa proses pembuatan dodol Buleleng masih tergolong tradisional. Bahkan masih banyak diproduksi di rumahan di daerah Bali Utara (wilayah Buleleng). Makanya wajar jika banyak wisatawan memilih dodol Buleleng ini sebagai oleh-oleh jika sedang berkunjung ke pulau Dewata.

4. Dodol Kandangan

Dodol khas Indonesia
Beritagar

Dodol kandangan berasal dari daerah Kalimantan Selatan dan memiliki cita rasa lokal dengan tekstur yang lebih legit dan lembut. Sama seperti dodol Buleleng, jenis dodol ini sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga.

5. Dodol Lempok

Dodol lempok
instagram/lempokdurian_premiumquality

Bagi penyuka durian wajib untuk coba dodol ini. Dodol lempok berbahan baku buah durian dan merupakan makanan tradisional khas masyarakat Sumatra Selatan. Untuk pembuatan menggunakan cara tradisional dan turun temurun.

Nah itulah 5 jenis dodol khas Nusantara yang rasanya tidak kalah legit dengan dodol Garut. Kalian sendiri sudah pernah nyobain yang mana guys? Tulis di kolom komentar ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular