SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, April 10, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanBibir Kering Saat Puasa? Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Bibir Kering Saat Puasa? Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

MediaGo – Setelah beberapa hari kita melakukan puasa Ramadan, adakah dari kalian yang merasakan bibir kering saat berpuasa? Hal ini tentu membuat kita jadi kurang nyaman, kan?

Mungkin sebagian dari kalian ada yang mencoba mengatasi bibir kering dengan cara menjilatnya, namun hal itu tidak akan bisa menyelesaikan masalah.

Malah justru akan menjadikan bibir kamu semakin kering. Hal ini karena air liur yang menguap bersama udara akan mengurangi kelembaban bibir kamu.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Wajah Agar Selalu Segar Saat Berpuasa

Lalu bagaimana cara ampuh untuk mengatasinya? Mengutip dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini tujuh cara mengatasi bibir kering saat puasa.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat dibutuhkan untuk kelembaban bibir terutama di bulan puasa. Minumlah segelas air putih saat berbuka, setelah sholat Maghrib, setelah sholat Tarawih, di sela kegiatan tadarus, hingga waktu sahur dan menjelang imsak maka bisa mencukupi kebutuhan air putih.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Bibir yang kering dan pecah-pecah terjadi akibat kurangnya konsumsi vitamin C dalam tubuh. Untuk itu, kita perlu makan cukup sayuran dan buah yang banyak mengandung vitamin C seperti: jeruk, lemon, kiwi, jambu biji, strawberry, paprika, brokoli, kacang kapri, dan tomat.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Bagi kebanyakan orang, minum kopi sudah menjadi kebutuhan. Namun sebenarnya kafein yang terdapat di dalam kopi bisa mengurangi kelembaban bibir.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Kemangi Untuk Kecantikan Wajah

Oleh sebab itu, akan lebih baik untuk kita mengurangi jumlah kafein saat berbuka ataupun sahur. Cukup dengan satu cangkir saja, saat berbuka atau sahur itu sudah baik.

4. Oleskan Madu pada Bibir yang Kering

Madu merupakan pelembab alami. Kamu bisa mengoleskannya ke seluruh permukaan bibir yang kering untuk melembabkannya. Cara yang satu ini sangat mudah dan praktis, serta hasilnya pun memuaskan.

Oleskan madu secara rutin sebelum tidur atau menjelang sahur, dan kamu akan merasakan manfaatnya.

5. Mengoleskan Lidah Buaya

Bukan hanya baik untuk rambut, ternyata khasiat lidah buaya juga bisa melembabkan kulit, lho.

Lidah buaya bisa kamu oleskan pada seluruh permukaan bibir yang kering untuk melembabkannya. Lakukan cara ini secara rutin di malam hari.

6. Melakukan Eksfoliasi Bibir

Bibir kering terjadi akibat Sel kulit mati yang menumpuk. Melakukan eksfoliasi bibir menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi masalah ini.

Baca juga: 8 Tips Mengatasi Stres Kerja Yang Sangat Ampuh

Tidak harus menggunakan bahan yang mahal. Cukup gunakan madu yang dicampur dengan gula pasir, kita bisa melakukan eksfoliasi ini. Gula pasir yang bertekstur kasar berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati, sedangkan madu berfungsi untuk melembabkannya, maka masalah bibir kering kalian akan hilang.

7. Hindari Makanan Asin dan Pedas

Jika kalian banyak mengonsumsi kedua jenis makanan ini, maka kalian akan cepat haus. Akibatnya, bibir jadi terasa kering. Oleh karena itu lebih baik kita untuk mengurangi konsumsi makanan asin dan pedas saat sahur dan berbuka puasa.

Nah itulah cara mengatasi bibir kering saat puasa yang bisa kalian aplikasikan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan stay safe terus ya, semoga dibulan ini kita bisa lancar puasanya, Aamiin…

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular