SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner6 Macam Menu Es Menyegarkan Untuk Berbuka Puasa

6 Macam Menu Es Menyegarkan Untuk Berbuka Puasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa es seringkali menjadi menu pilihan banyak orang sebagai menu utama berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar dijamin kan langsung melegakan dahaga setelah seharian menjalankan kegiatan puasa. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan 6 menu es menyegarkan untuk berbuka puasa.

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam menu es legendaris yang memiliki eksistensi cemerlang dari tahun ke tahun. Dan deretan menu es legendaris tersebut seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk menu berbuka puasa, karena cita rasanya yang sangat cocok jika disandingkan dengan makanan takjil lainnya.

Baca juga: 10 Takjil Buka Puasa Paling Favorit

Berbagai es legendaris yang bisa dijadikan pilihan berbuka berikut ini, sangat mudah untuk ditemukan. Atau jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah pun, caranya sangatlah mudah.

1. Es Teller

es teler
Es Teller.

Es teller adalah es yang berisi beberapa buah seperti kelapa muda, nangka, juga alpukat. Dalam penyajian potongan buah ini akan dilengkapi dengan susu kental manis, santan, sirup, juga serutan es batu. Dengan demikian, sudah pasti rasa manis dan gurih akan memanjakan lidah Anda.

Baca Juga : 5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

2. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo
Es Pisang Ijo.

Menu es menyegarkan untuk berbuka puasa di bulan Ramadan yang selanjutnya adalah pisang ijo. Tentunya Anda semua sudah tidak heran dengan menu yang satu ini bukan? Ya, es ini terbuat dari pisang ijo yang dibungkus dengan kulit tepung lembut, penyajiannya bersamaan dengan fla putih, kacang, sirup, mises, juga serutan es.

3. Es Doger

6 Macam Menu Es Menyegarkan Untuk Berbuka Puasaa
Es Doger.

Untuk Anda yang masih asing dengan es doger. Es ini merupakan es puter, yang disajikan dengan menggunakan banyak toping seperti, potongan roti tawar, buah alpukat, ketan hitam, juga tape ketan. Dalam penyajiannya, menu es menyegarkan untuk berbuka puasa satu ini, biasanya akan disiram dengan menggunakan gula jawa cair, dan ragam aneka sirup.

Baca Juga : 5 Menu Olahan Pisang yang Cocok untuk Buka Puasa

4. Es Slendang Mayang

es slendang mayang
Es Slendang Mayang.

Bagi masyarakat Indonesia tentunya sudah sangat akrab dengan nama es satu ini bukan? Ya, es slendang mayang adalah sebuah kreasi es yang terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian diolah lalu ditambahi pewarna makanan merah dan hijau.

Baca juga: 10 Stok Makanan Bulan Puasa Yang Tahan Lama

Jika melihat tekstur dari es slendang mayang, maka orang-orang yang tidak tahu, akan mengira bahwa ini adalah agar-agar. Namun, ketika sudah sampai di lidah dijamin rasanya berbeda dan lebih unik! Dalam penyajian menu es menyegarkan untuk berbuka puasa yang satu ini, adonan akan dipotong menjadi kotak-kotak kecil, lalu disiram dengan menggunakan santan, sirup, serta susu kental manis.

5. Es Campur

es campur
Es Campur.

Rekomendasi berikutnya untuk menu es berbuka puasa adalah, es campur. Seluruh masyarakat Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, rasanya pasti setuju bahwa menu es yang satu ini memiliki cita rasa amat menyegarkan, dan mampu memanjakan lidah.

Perpaduan berbagai macam buah-buahan, kolang kaling, selasih, serta berbagai macam toping lain seperti nata decoco, dijamin akan memberikan citarasa nikmat, setelah seharian menahan lapar dan haus. Boleh dibilang bahwa es campur adalah menu pelepas dahaga setelah puasa yang paling banyak difavoritkan.

6. Es Dawet

es dawet
Es Dawet.

Es dawet sebenarnya merupakan sebuah minuman yang cukup populer di Indonesia. Ketika bulan puasa tiba, untuk bisa menemukannya juga sangat mudah, mulai dari abang-abang penjual di pinggir jalan, sapai di cafe-cafe mewah.

Rasa manis dan gurih, membuat menu es menyegarkan untuk berbuka puasa banyak menjadi pilihan utama. Selain itu, harga es awet atau es cendol juga terbilang sangat terjangkau. Biasanya, untuk satu porsinya, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja! Sangat murah kan??

Baca Juga: 3 Resep Kolak Pisang Takjil Buka Puasa Paling Dicari

Nah, itu dia beberapa rekomendasi menu es menyegarkan untuk berbuka puasa yang mungkin bisa menjadi inspirasi buka Anda hari ini.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular