MediaGo – Setelah tertunda selama dua tahun, Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia, Asosiasi Kosmetik di Indonesia (Perkosmi) kembali menggelar Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI), expo, dan seminar di Jakarta International Expo, Kemayoran pada 25–27 Oktober 2022.
Indonesia Cosmetics Ingredients adalah pameran dan ajang promosi bagi para pemasok lokal dan global untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bahan baku, kemasan, produk, peralatan laboratorium dan mesin mutakhir serta trend dan teknologi terkini yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kosmetik kepada kalangan industri kosmetika di Indonesia dan di negara ASEAN.
Ketua Umum Perkosmi Sancoyo Antarikso mengatakan, sudah 45 tahun Perkosmi terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika Tanah Air baik skala usaha kecil, nasional maupun multinasional, menjadi suara dari industri kosmetika Indonesia, mewakili beragam perusahaan yang terlibat dalam pembuatan, pemasokan, dan penjualan produk kosmetika dan perawatan pribadi.
“Dengan kosmetika produksi lokal semakin mendapatkan tempat di hati konsumen tanah air, Perkosmi akan terus mendorong lahirnya kebijakan strategis dan mengadvokasi perbaikan kebijakan demi lingkungan bisnis yang lebih baik dan menguntungkan,” katanya.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM Reri Indriani menyatakan, mempersiapkan produk yang aman digunakan oleh konsumen adalah tanggung jawab kita semua.
Dengan semakin pesatnya perkembangan industri kosmetika, BPOM percaya bahwa kemajuan tersebut hanya dapat berkembang secara konsisten apabila seluruh pelaku industri dapat mengikuti perkembangan trend dan teknologi terbaru sehingga dapat meningkatkan kualitas produk kosmetik yang mampu berdaya saing.
“Namun tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu kosmetik. BPOM mendukung penuh kegiatan Indonesia Cosmetics Ingredients 2022 agar terus bisa memberikan manfaat dan bergerak bersama-sama untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen Indonesia,” harapnya.
Tahun ini, Perkosmi Indonesia Cosmetics Ingredients yang ke-11 kalinya. Pameran ini diikuti oleh 93 perusahaan, dengan jumlah total stand mencapai 402 stand, terdiri dari 344 stand pameran, 44 stand finished goods, 14 stand instansi pemerintah dan universitas.
Selain itu ada juga 26 pembicara seminar dari Indonesia dan mancanegara, dengan target pengunjung acara ini adalah 5000 orang. Tentunya skala ini jauh lebih besar dari tahun lalu dan bahkan jumlah stand meningkat sebanyak 31% dari total pada tahun 2018.
Sesuai dengan tema, Indonesia Cosmetics Ingredients tahun ini punya kegiatan menarik, yaitu adanya Zona Inovasi. Zona ini ang menampilkan produk kosmetik lokal, bahan baku lokal dan bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri dan juga Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik.