You are here
Home > Kesehatan >

Bentar Lagi Puasa, Yuk Ketahui 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

bau mulut saat puasa

MediaGoBulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, itu tandanya kita sebagai umat islam yang taat diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ngomongin puasa, salah satu masalah yang sering dialami banyak orang termasuk kamu ialah bau mulut saat puasa. Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak makan dan minum dalam waktu lama sehingga menyebabkan terkena healitosis.

Apa itu Healitosis?

Dikutip dari Alodokter, Healitosis adalah kondisi bau mulut yang dapat dialami oleh siapa saja. Kondisi ini bisa disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi, kebersihan mulut yang tidak terjaga, penyakit yang diderita, atau gaya hidup yang tidak baik.

Nah untuk menghindari itu, disini kami akan memberikan beberapa tips menghilangkan bau mulut saat puasa. Cek dibawah yuk!

1. Sikat gigi setelah sahur dan berbuka

menyikat gigi
Sumber : kompas.com

Agar bau mulut saat puasa hilang kamu diwajibkan untuk teratur menyikat gigi seperti setelah makan sahur dan berbuka. Hal ini karena Sisa makanan yang tertinggal dan tak segera dibersihkan akan menjadi sumber bakteri. Bakteri itulah yang membuat mulutmu bisa menjadi bau.

2. Bersihkan lidah

membersihkan lidah
Sumber : Alodokter

Haru kamu tahu, Lidah juga merupakan salah satu sarang bakteri. Napasmu pun bisa mengeluarkan bau tak sedap. Kamu bisa membersihkan lidah dengan alat khusus.

3. Konsumsi buah

buah nanas
Sumber : liputan6.com

Untuk menghilangkan bau mulut saat puasa kamu bisa mengonsumsi buah-buahan. Kamu bisa menjadikannya sebagai jus. Karena dalam buah tertentu seperti nanas contohnya terdapat kandungan yang mampu mengatasi masalah peradangan dan produksi bakteri.

4. Konsumsi air putih

air putih
Sumber : detik.com

Konsumsi air di bulan puasa tentu akan berkurang. Padahal, air putih bisa membantu melembapkan area mulut. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga asupan air putih selama waktu berbuka dan sahur

5. Jaga kesehatan gusi

gusi sehat
Sumber : CNN Indonesia

Gusi yang kotor juga jadi sarang bau. Kamu perlu rutin membersihkannya. Pada kondisi tertentu, membersihkan gusi memang butuh penanganan langsung dari dokter.

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top