You are here
Home > Kesehatan >

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Susah Tidur

susah tidur

MediaGo Susah tidur merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Gangguan yang termasuk Insomnia ini akan sangat mengganggu mereka yang memiliki aktivitas padat keesokan harinya. Tahukah kamu, ternyata susah tidur bisa terjadi karena kebiasaan sepele yang sering dilakukan berikut ini.

Kurang tidur bisa berdampak pada kesiapan fisik ketika akan menghadapi aktivitas keesokan harinya. Tubuh akan mudah lelah, sulit berkonsentrasi dan bahkan wajah akan terlihat cepat tua jika kamu tidak mendapatkan istirahat yang berkualitas. Belum lagi, sulit tidur juga bisa meningkatkan resiko obesitas.

Kebiasaan Sepele yang Bikin Susah Tidur

Sulit tidur memang sering dikaitkan dengan penyakit Insomnia. Namun tahukah kamu, ternyata tak hanya dari faktor penyakit saja. Ada 5 kebiasaan sepele yang bisa membuat seseorang jadi susah tidur. Merangkum dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Sering Memperhatikan Jam

sulit tidur
Sumber : okezone.com

Memang terdengar sepele, Namun kebiasaan memperhatikan jam bisa membuat kamu jadi susah tidur. Pasalnya ketika memperhatikan jam, maka kamu akan memikirkan sisa waktu untuk bangun keesokan harinya. Hal itu akan memicu hormon kortisol dan adrenalin yang berujung sulit untuk tidur.

2. Mengonsumsi Kafein Sebelum Tidur

konsumsi kafein
Sumber : FORKOMPI

Mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh di malam hari atau sebelum tidur juga bisa memicu gangguan susah tidur. Bukannya tidur nyenyak, kamu akan terjaga semalaman jika melakukan kebiasaan ini.

Seperti yang kita ketahui, kandungan kafein dalam kopi dan teh bisa meningkatkan stamina tubuh. Sehingga kamu tidak akan merasakan kantuk dan sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup.

3. Main Gadget

main gadget
Sumber : Liputan 6

Kebiasaan yang satu ini mungkin sering dilakukan orang banyak, termasuk kamu salah satunya. Dijaman yang sudah canggih seperti sekarang, gadget sulit untuk dipisahkan dengan pemiliknya. Entah itu mengecek pekerjaan atau bermain sosial media, banyak orang yang sering mainin gadget dimalam hari sebelum tidur.

Padahal kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Karena cahaya dari gadget bisa menyebabkan seseorang jadi sulit tidur dan mendorong otak untuk selalu bekerja.

4. Terlalu Lama Tidur Siang

tidur siang
Sumber : okezone.com

Tidur siang yang terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab kamu jadi sulit mengantuk di malam hari. Jika memang ingin tidur siang, sebaiknya jangan lebih dari 20 – 30 menit ya.

5. Makan Sebelum Tidur

makan sebelum tidur
Sumber : Klik Dokter

Rasa lapar memang sering muncul tak terduga. Jika timbul rasa lapar di malam hari, sebaiknya kamu hindari untuk makan karena nantinya bisa picu gangguan sulit tidur. Ada baiknya kamu atasi dengan cemilan sehat seperti buah.

Dari kelima kebiasaan diatas, yang mana yang sering kamu lakukan hingga membuat kamu jadi sulit tidur?

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top