SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanSelain Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Selain Kopi, Ini 5 Minuman Anti Ngantuk yang Bisa Kamu Coba

Umumnya banyak orang sebelum mulai kerja di pagi hari akan mengonsumsi kopi. Hal itu karena minuman kopi yang mengandung kafein dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk menyiasati rasa kantuk yang cenderung datang di jam-jam rawan malas. Tapi, perlu kamu tahu bahwa ternyata minuman anti ngantuk tidak hanya kopi saja, lho.

Minuman anti ngantuk selain kopi

Berikut adalah rekomendasi minuman anti ngantuk selain kopi yang dapat membuatmu tetap terjaga dan berkonsentrasi saat bekerja:

1. Teh hijau

minuman anti ngantuk
Teh hijau. (Gambar: http://jovee.id)

Umumnya minuman kopi memang menjadi andalan banyak orang untuk menghindari rasa kantuk sebelum bekerja di pagi hari, tetapi selain itu ternyata ada alternatif lain yang bisa kamu konsumsi yaitu teh hijau. 

Teh merupakan minuman yang tidak jarang hadir sebagai menu sarapan. Terutama penduduk Jepang yang secara tradisi, senang mengonsumsi teh hijau dalam kesehariannya. Siapa sangka, hal tersebut dikarenakan kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Salah satunya adalah kandungan asam amino bernama L-theanine yang diketahui berperan dalam membantu meningkatkan daya konsentrasi. Berdasarkan penelitian, kandungan tersebut juga mampu mencegah potensi kanker sekaligus meningkatkan metabolisme pada diri seseorang.

Teh hijau telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam khasiat. Manfaat teh hijau sudah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menambah kecantikan wajah, menurunkan berat badan, hingga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini disebabkan karena teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

2. Air lemon

minuman anti ngantuk
Air lemon. (Gambar: http://halodoc.com)

Saat ini minuman yang berasal dari perasan lemon memang sedang menjadi tren. Lemon merupakan salah satu jenis buah yang tidak jauh dari keseharian. 

Lemon ini cenderung dimanfaatkan sebagai perasa maupun hiasan untuk minuman dan makanan. Namun, selain itu lemon yang diperas hingga menghasilkan air lemon, juga dapat kamu manfaatkan sebagai pengganti kop, lho.

Hal tersebut dikarenakan air lemon mengandung antioksidan sekaligus pektin yang bisa membantu seseorang tetap terjaga. Kandungan antioksidan dalam air lemon nyatanya meningkatkan warna kulit seseorang sehingga memberi efek terlihat lebih muda tanpa bantuan kafein.

Tak hanya itu saja, sudah bukan rahasia bila jeruk lemon bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam 100 gram jeruk lemon mengandung sekitar 39 mg vitamin C. Kadar vitamin C yang cukup tinggi di dalam jeruk lemon membuatnya tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam yakni 2-3. Selain itu jeruk lemon juga mengandung quersetin yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Minuman cokelat hitam

Minuman anti ngantuk
Minuman cokelat hitam. (Gambar: http://Liputan6.com)

Setiap orang pasti memiliki camilan kesukaannya dan biasanya, mereka sama-sama menyukai cokelat. Selain rasanya yang nikmat, cokelat lazim diketahui dapat meningkatkan rasa senang dan bahagia. Begitu juga pada cokelat hitam yang mampu menghilangkan rasa kantuk sekaligus.

Dark chocolate atau cokelat hitam mampu menghilangkan rasa kantuk karena mengandung endorphin yang cukup tinggi. Perlu juga kamu ketahui bahwa kandungan tersebut merangsang fungsi otak untuk tetap bekerja dan fokus. Dengan begitu, kamu akan terdorong untuk tetap terjaga dan konsentrasi pada rutinitas di sepanjang hari.

4. Smoothies

Minuman anti ngantuk
Smoothies. (Gambar: http://taste.com.au)

Minuman sehat harus senantiasa menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Baik jus yang terbuat dari satu jenis buah maupun smoothies yang terbuat dari beragam buah-buahan yang berkhasiat, sehat, segar dan lezat. 

Dengan kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan, smoothies menghasilkan efek yang menyemangati. Dengan begitu, rasa kantuk akan seketika hilang ketika kamu mengonsumsinya dalam takaran yang dibutuhkan. Jadi sehat dan tetap terjaga selama bekerja. 

5. Air putih

Minuman anti ngantuk
Minum air putih. (Gambar: http://samudranesia.id)

Dari semua pilihan pengganti kopi, memang minuman terbaik yang harus senantiasa kamu konsumsi adalah air putih. Air putih ini memiliki banyak sekali manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Termasuk manfaat menghilangkan rasa kantuk dan lelah berlebihan yang seringkali dihadapi oleh setiap individu saat bekerja di pagi hari. Rasa kantuk nyatanya disebabkan juga oleh kekurangan cairan atau dehidrasi. 

Sehingga, untuk mengantisipasi sekaligus menghindarinya adalah memastikan tubuhmu memiliki cakupan air yang cukup, agar aliran darah berjalan lancar dan kamu pun penuh energi. Jadi, dari deretan pilihan minuman anti ngantuk diatas, manakah yang akan kamu coba, nih?

Baca juga: 5 Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Jalankan Ibadah Puasa

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular