You are here
Home > Kesehatan >

5 Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Jalankan Ibadah Puasa

5 Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Jalankan Ibadah Puasa
Bagikan

MediaGo – Mencegah dehidrasi adalah satu hal penting yang harus dilakukan oleh orang-orang yang sedang menjalani ibadah puasa. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa meskipun menjalankan ibadah puasa, namun beberapa orang terkadang memang tidak bisa mengurangi banyaknya aktivitas mereka, sehingga hal ini dapat memicu dehidrasi jika tubuh tidak mampu memenuhi cairan yang dibutuhkan.

Puasa Ramadhan, merupakan sebuah ibadah yang harus dijalankan oleh umat muslim. Yang mana mereka diharuskan untuk menahan hawa nafsu (termasuk makan dan minum) mulai dari matahari terbit, hingga matahari terbenam. Karena tidak bisa makan dan minum seperti biasanya, maka tidak heran jika kadang kala kita merasakan dehidrasi, saat menjalankan puasa.

Lakukan Ini Untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Lakukan Ini Untuk Mencegah Dehidrasi Selama Puasa

Lantas, bagaimanakah cara agar kita bisa mencegah dehidrasi, sehingga semua aktifitas tetap bisa dijalankan dengan normal selama puasa? Nah, dibawah ini adalah beberapa hal ringan namun bisa menyelamatkan Anda dari dehidrasi sebagai informasi untuk persiapan puasa. Yuk simak!

1.    Tetap Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari

Tubuh seseorang, setiap harinya, paling tidak memerlukan asupan air mineral sebanyak 2,5 liter atau setara 8 gelas. Standart asupan ini tidak berubah meskipun Anda sedang menjalankan ibadah puasa. Karena itu, Anda wajib melakukan pengaturan minum agar tetap bisa minum sebanyak 8 gelas meski dengan waktu yang terbatas.

Tetap Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Sehari

Trik untuk tetap bisa memenuhi minum air putih 8 gelas sehari adalah adalah, cobalah minum 2 gelas saat akan sahur, 2 gelas setelah sahur, dan 4 gelas saat berbuka puasa. Dengan begini aturan minum 8 gelas akan tetap bisa terpenuhi. Sehingga Anda mampu mencegah dehidrasi.

2.    Jangan Terlalu Banyak Tidur

Jangan Terlalu Banyak Tidur

Cara lain untuk menghindarkan tubuh dari serangan dehidrasi yang akan berdampak pada kesehatan tubuh adalah dengan tidak banyak tidur. Kalian harus tahu, bahwa saat seseorang tidur, tubuh akan tetap mengeluarkan cairan. Yang mana kejadian keluarnya cairan saat tidur juga disebut dengan infensible water loss. Jadi, semakin banyak seseorang menghabiskan waktu untuk tidur ketika puasa, maka semakin banyak pula cairan tubuh mereka yang akan terkeluarkan.

Baca Juga:  4 Persiapan Puasa Yang Penting Dilakukan Saat Masa Corona

3.    Perbanyak Minum Air Kelapa dan Susu

Selain air putih, ternyata ada cairan atau minuman lain yang memungkinkan tubuh untuk terhindar dari dehidrasi lho. Nah, dua cairan tersebut  adalah air kelapa dan susu. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, susu sangat baik untuk menghindari dehidrasi, karena memiliki kandungan protein, kalsium, karbohidrat, bahkan juga elektrolit.

Perbanyak Minum Air Kelapa dan Susu
Minum air kelapa

Sedangkan air kelapa muda, dipercaya dapat mencegah dehidrasi karena kaya akan kandungan isotonik serta elektrolit alami. Biasanya dua kandungan ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap memilik cairan dalam tubuh.

4.    Kurangi Makanan Asin Saat Sahur

Kurangi Makanan Asin Saat Sahur
Kentang goreng yang ditambahkan garam

Menu sahur adalah satu hal yang wajib untuk diperhatikan, karena apabila salah memilih menu sahur, maka akan memengaruhi kondisi tubuh selama satu hari menjalankan ibadah puasa. Salah satu yang harus Anda hindari adalah makanan yang terlalu asin, karena makanan asin ini akan menyebabkan Anda mengalami rasa haus yang cukup cepat. Hal ini dikarenakan garam sangat berpengaruh terhadap pengaturan cairan di tubuh.

5.    Menghindari Olahraga Berat

Olahraga memang satu hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena itu, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, tubuh tetap harus melakukan olahraga, demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi olahraga sangat rentan membuat seseorang kehilangan cairan, karena itu, jenis olahraga ringan yang dipilih ketika melakukan ibadah puasa, harus benar-benar diperhatikan.

Hindari olahraga berat
Ilustrasi pasangan melakukan push up

Jangan memilih jenis olahraga berat, atau olahraga yang menggunakan kecepatan. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kaki, naik turun tangan, joging ringan, ataupun yoga. Jenis-jenis olahraga ini akan membantu Anda mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa namun tetap berolahraga.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top